28 Juni 2008

5 Langkah Agar Tetap Termotivasi

Memotivasi diri sendiri untuk bisa menjadi pribadi yang unggul dalam bidang pekerjaan atau masyarakat seharusnya tidak hanya Anda lakukan ketika ada keinginan saja. Memotivasi diri seharusnya Anda lakukan secara terus menerus dalam tiap bidang kehidupan Anda. Anda perlu memotivasi diri dalam bidang-bidang seperti sikap, penampilan, suasana kerja, intereraksi dengan orang lain, dan sebagainya.

Bagaimana cara memotivasi diri sendiri? Anda tak perlu harus terus mengikuti seminar Andrie Wongso untuk bisa terus termotivasi (boros dong...he..he) Anda cukup mengikuti 5 langkah berikut.

1. Jaga Sikap Positif

Ingat bahwa hidup adalah 10% tentang apa yang terjadi pada kita, dan 90% bagaimana reaksi kita terhadapnya. Agar reaksi Anda terhadap masalah tetap positif, Anda bisa menempatkan diri Anda pada lingkungan yang juga positif, sehingga Anda tak akan terpengaruh oleh hal-hal negatif.

2. Tinggalkan Persoalan Pribadi

Semua orang punya masalah, tapi jangan letakkan masalah di tempat yang tidak tepat. Misalnya, jangan membawa masalah keluarga sampai ke tempat kerja. Pusatkan perhatian dan energi Anda untuk pekerjaan. Dengan begini, Anda justru akan mendapat waktu ’istirahat’ untuk tidak memikirkan masalah keluarga. Siapa tahu jika Anda kembali ke rumah keadaan akan menjadi lebih baik?

3. Lakukan Afirmasi Positif

Menulis tujuan, mimpi, atau cita-cita Anda sama saja membuat afirmasi positif di atas kertas. Hal yang dilihat oleh mata dan didengar oleh telinga Anda akan menjadi kepercayaan Anda. Setelah Anda menulis tujuan Anda, coba baca keras-keras tiap pagi sebelum Anda bekerja atau melakukan aktivitas. Tulis hal-hal positif seperti misalnya ”Saya orang penting, saya tahu saya akan memanfaatkan waktu saya dengan baik hari ini.”

4. Gunakan Waktu Istirahat dengan Baik

Kebanyakan para bos dan pengusaha tidak bisa melakukan hal ini. Jika Anda sibuk, ketika Anda bekerja coba buat waktu istirahat yang teratur untuk melepaskan ketegangan. Misalnya, jika Anda bekerja di depan komputer, cobalah membuat pengingat atau menyalakan alarm di komputer tiap dua jam untuk sekedar berjalan ke luar sebentar. Jangan lama-lama lho!

5. Olah Raga

Olah raga yang saya maksud tidak harus berarti Anda latihan di gym. Seperti poin sebelumnya, Anda bisa melakukan olah raga kecil saat bekerja. Misalnya meregangkan otot tiap beberapa waktu, atau berjalan-jalan sebentar untuk mendapat pemandangan yang lain.

Teruslah memotivasi diri sendiri agar Anda tetap produktif, sehingga nantinya sukses dapat Anda raih !






1 komentar: on "5 Langkah Agar Tetap Termotivasi"

Posting Komentar


Ingin menambahkan sesuatu dari posting di atas? Ingin berdiskusi?

Semuanya dipersilakan, namun mohon maaf karena komentar dengan bahasa yang kurang layak ataupun spam tidak akan saya munculkan.

Mohon pengertiannya :-)