10 Juni 2008

Berpikir “Di Luar Kotak”

Bagaimana seseorang bisa “berpikir di luar kotak” atau "think out of the box?" hal ini seharusnya dilakukan secara mandiri; tapi bagaimana? Ini contohnya: Coba potong kue menjadi delapan bagian tapi Anda tak boleh membuat lebih dari tiga potongan.

Kebanyakan orang akan mendapat kesulitan untuk memotong kue tersebut. Tapi untuk memecahkannya, Anda harus berpikir di luar kotak. Anda harus mengubah cara Anda melihat kue tersebut dan bagaimana cara memotongnya.

Satu solusi yang tepat adalah dengan memotong kue tersebut menjadi dua bagian dengan ukuran sama, lalu letakkan satu potongan dari kue tersebut di atas potongan yang lain. Potong lagi menjadi dua lalu tumpukkan lagi dan belah lagi menjadi dua bagian yang sama. Nah, itulah yang dinamakan berpikir di luar kotak.

Contoh lain berpikir di luar kotak adalah ini: Ada empat kata dalam bahasa Inggris.. subtract, multiply, add, dan decrease... Mana yang tidak satu kelompok dengan kata-kata tersebut? Kebanyakan orang akan berkata bahwa "decrease" tidak termasuk dalam kelompok. Mengapa? Karena semuanya termasuk jargon dalam matematika kecuali kata tersebut. Tapi itu tidak termasuk berpikir di luar kotak.

Jika Anda berpikir di luar kotak, maka jawabannya adalah "add" karena kata tersebut hanya terdiri dari tiga huruf sedangkan yang lain terdiri dari delapan huruf. Anda bisa saja mempunyai banyak jawaban yang berbeda, tapi satu jawaban yang paling kreatif akan lebih menonjol.

Cara pikiran kita bekerja adalah memasukkan beberapa perubahan dari pengalaman dan proses. Contoh lain adalah jika Anda diminta menyebutkan nama dua hari dalam bahasa Inggris yang dimulai dengan huruf "T". Jawaban Anda mungkin adalah Tuesday (Selasa) dan Thursday (Kamis). Hey, lalu bagaimana dengan Tomorrow (besok) dan Today (hari ini)? Itu juga berpikir di luar kotak.

Jika Anda menerapkan untuk berpikir di luar kotak, Anda akan terkejut betapa hebat dan mudahnya bagi Anda untuk memecahkan masalah dengan cara yang lain dari biasanya. Biarkan cara berpikir di luar kotak Anda menjadi pendekatan yang baru dan lebih baik dalam hidup Anda.






2 komentar: on "Berpikir “Di Luar Kotak”"

  • Newbie..... are u?!!!! mengatakan...

    Artikelnya menarik & berguna banget..
    saya sangat ingin berpikir dan mendapatkan ide yg berbeda, tapi sayang ide saya selalu datang terlambat...

    thx for the motivation..
    can i re-post this articel in my blog?

    visit me at http://khairilcr.blogspot.com

  • Elsa Sakina mengatakan...

    Artikel di sini boleh Anda post di situs Anda, asal sumbernya juga dicantumkan :)

Poskan Komentar


Ingin menambahkan sesuatu dari posting di atas? Ingin berdiskusi?

Semuanya dipersilakan, namun mohon maaf karena komentar dengan bahasa yang kurang layak ataupun spam tidak akan saya munculkan.

Mohon pengertiannya :-)