21 Juli 2008

Terjerumus Menjadi Pengusaha

Di saat banyak orang merasa jenuh akan pekerjaannya, orang-orang berikut ini bisa dibilang beruntung karena mereka bisa sukses menjadi pengusaha dari hal yang mereka cintai. Kisah perjalanan mereka menjadi pengusaha pun bisa dibilang ‘kebetulan’ saja, karena dulunya mereka tak berniat membisniskan hobby mereka.

Dari sebuah artikel di InformationWeek, tersebutlah para pengusaha di bidang teknologi dan informasi yang sukses menjadi pengusaha dari hal-hal yang mereka senangi.

1. Heather Armstrong

Dahulu, Heather adalah seorang wanita yang bekerja sebagai desainer web di sebuah perusahaan developer software. Di sela-sela pekerjaannya, Heather menulis hal-hal negatif tentang atasannya dalam blognya, Dooce. Suatu hari, atasannya tahu tentang blog tersebut, dan akhrinya Heather dipecat. Tapi, justru karena kisahnya yang dipecat karena ‘ngeblog’ itulah yang membuat Heather banyak dibicarakan. Ia kemudian meneruskan blognya dengan dibantu oleh suaminya. Sekarang, Dooce bisa mendapat iklan dari sumber-sumber seperti Federated Media dan Pheedo.

2. Kevin Rose

Dengan latar belakant IT dan broadcasting, Kevin Rose yang pernah bekerja di IBM ini sukses mengelola Digg. Setelah ia berhenti dari TechTV tahun 2004, ia lalu meluncurkan situs Digg-nya. Ia mengatakan bahwa Digg adalah sebuah proyek yang ia sukai, sehingga ia bersedia mengambil segala risiko yang ada. Hasilnya, sekarang Digg selalu dibanjiri pengunjung.

3. Mena Trott

Awalnya, Mena Grabowski Trott punya hobby membuat Movable Type sebagai software untuk blognya. Tahun 2001, Mena dan suaminya, Ben, kehilangan pekerjaan di sebuat firma desain web. Sebulan kemudian, pasangan suami istri tersebut meluncurkan Movable Type untuk public, yang sebelumnya hanya sebagai proyek pribadi. Berkat kekompakan dan kecintaan pasangan tersebut akan pekerjaannya, mereka sekarang bisa memiliki ratusan karyawan. Dari tak punya pekerjaan sampai mempekerjakan orang 

Tiga orang di atas hanyalah sedikit dari banyak orang yang berhasil meraih keberhasilan dengan menikmati pekerjaanya. Awalnya memang mereka tidak berniat berbisnis dari hobby, tapi karena kecintaan mereka pada bidangnya masing-masing tanpa fokus pada keuntungan, akhrinya justru hobby mereka lah yang menjadi sumber pundi-pundi dollar.

Masih banyak lagi orang lain yang juga berhasil seperti mereka. Untuk bisa seperti mereka, kita perlu memperlihatkan dedikasi kita akan bidang kita masing-masing. Cintailah pekerjaan, dan nikmatilah perjalanan hidup yang berliku ini.








0 komentar: on "Terjerumus Menjadi Pengusaha"

Poskan Komentar


Ingin menambahkan sesuatu dari posting di atas? Ingin berdiskusi?

Semuanya dipersilakan, namun mohon maaf karena komentar dengan bahasa yang kurang layak ataupun spam tidak akan saya munculkan.

Mohon pengertiannya :-)