09 Juli 2008

Motivasi dan Menabung

Apa yang memotivasi orang untuk menabung? Jawabannya adalah rasa takut. Rasa takut bisa membuat orang menabung atau menghemat uang karena rasa takut membuat orang sadar bahwa mereka bisa kehilangan semua uang mereka.

Anda bisa kehilangan harta Anda jika Anda tak belajar bagaimana mengaturnya. Jangan menunggu sampai sesuatu terjadi, seperti misalnya sampai mobil Anda disita. Temukan motivasi untuk menyelamatkan harta Anda.

Menabung itu penting, karena Anda tak akan pernah tahu apa yang akan terjadi. Suatu saat bisa saja Anda di-PHK, atau bisnis Anda bangkrut. Anda perlu memastikan bahwa diri Anda aman dengan adanya dana tabungan. Jika Anda belajar menabung sedikit demi sedikit, suatu hari nanti pasti hasilnya akan besar.

Hal lain yang bisa menjadi motivasi untuk menabung uang adalah sesuatu yang benar-benar Anda inginkan. Mungkin Anda menabung untuk pergi liburan, membeli rumah, atau membeli hal lain yang biasanya tidak Anda beli. Setelah Anda memperkirakan jumlah dana yang diperlukan, maka Anda akan bekerja dan menabung hasilnya.

Jika Anda tak ingin menabung untuk suatu hal tertentu, maka mungkin Anda ingin menabung untuk alasan masa depan. Seperti yang sudah Anda tahu dari para pelaku MLM (karena saya sering mendengar hal tersebut dari mereka…he..he), banyak orang yang lahir di era ‘baby booming’ sekarang mencemaskan tentang hidup mereka.

Mereka khawatir akan bagaimana mereka akan menjalani hidup setelah pensiun. Berada pada usia di mana Anda tak bisa bekerja dan tak punya uang untuk masa depan tentunya menakutkan. Jika Anda ingin termotivasi untuk menabung, maka Anda perlu tahu apa yang ingin Anda lakukan di masa yang akan datang.

Ada banyak hal yang bisa terjadi di masa yang akan datang. Jika Anda menabung untuk masa depan, maka Anda tak perlu khawatir akan masa depan. Anda akan dapat memfokuskan waktu untuk memikirkan hal lain selain uang.






0 komentar: on "Motivasi dan Menabung"

Posting Komentar


Ingin menambahkan sesuatu dari posting di atas? Ingin berdiskusi?

Semuanya dipersilakan, namun mohon maaf karena komentar dengan bahasa yang kurang layak ataupun spam tidak akan saya munculkan.

Mohon pengertiannya :-)