01 Agustus 2008

Pentingnya PageRank untuk Sebuah Situs

Topik kali ini ada hubungannya dengan Search Engine Optimization (SEO).

PageRank milik Google bisa menentukan tingkat kepentingan suatu situs. PageRank (PR) ditentukan berdasar beberapa faktor, tapi faktor utamanya adalah jumlah link yang masuk menuju situs Anda. Tapi link atau tautan tersebut harus punya kualitas atau relevansi dengan situs Anda.

PR dikombinasikan dengan Algoritme Google untuk menentukan posisi Anda dalam mesin pencari, atau SEarch Engine Results Page (SERP). Biasanya, situs yang peringkatnya tinggi punya banyak back link yang berkualitas.

Jadi, bagaimana sebenarnya tingkatan dalam suatu PR? PageRank menilai suatu situs dari 1 sampai 10. Jika PR situs Anda 8, berarti lebih baik dari PR3... Jadi, PR 8 menunjukkan bahwa situs Anda lebih penting dari situs dengan PR 3.

Biasanya, situs-situs besar punya PR 9 atau 10. Contohnya, Google.com sendiri punya PR10. Artinya, ada banyak link yang menuju Google.

PR5 ke atas itu bagus. Karenanya, banyak orang fokus pada situs yang berperingkat bagus saat bertukar link.

Karena kepopuleran PR sebagai indikasi pentingnya sebuah situs, banyak orang mencoba memanipulasinya. Saya bahkan pernah mendengar tentang seseorang yang menghabiskan $2300 untuk mendapat PR 3 dari 50 situs lain. Anda tak perlu mengeluarkan uang banyak untuk itu. Sebaiknya, Anda menulis konten yang bagus untuk situs Anda, sehingga orang lain akan menulis link ke situs Anda tanpa diminta.

Bagaimanapun, Anda tak harus terlalu fokus pada PR. Memang ini penting, tapi ini bukan satu-satunya cara. Anda tetap harus mengoptimalkan situs Anda dengan cara-cara lain.






0 komentar: on "Pentingnya PageRank untuk Sebuah Situs"

Posting Komentar


Ingin menambahkan sesuatu dari posting di atas? Ingin berdiskusi?

Semuanya dipersilakan, namun mohon maaf karena komentar dengan bahasa yang kurang layak ataupun spam tidak akan saya munculkan.

Mohon pengertiannya :-)