24 Agustus 2008

Berbisnis Lewat Internet Itu Tidak Mudah

Berbisnis Lewat Internet Itu Tidak Mudah
Saat ini, internet adalah sebuah ladang yang subur untuk bisa mendapatkan uang. Bagi orang-orang yang baru mengenal potensi internet sebagai sumber penghasilan, tentunya ini adalah kabar yang sangat menggembirakan. Mereka membayangkan bisa punya situs penghasil uang, yang bisa membuat mereka bekerja di mana saja hanya dengan duduk di depan komputer. Mereka membayangkan ketika mereka tidur, piknik, nonton tv, atau apa saja, uang akan tetap mengalir karena situs mereka terus online 24 jam.

Itu semua memang benar. Tapi, para pendatang baru atau "newbie" di bidang ini sering kali dibutakan oleh kisah-kisah sukses para pebisnis internet dengan penghasilannya yang selangit. Mereka membayangkan betapa mudahnya mendapat jutaan rupiah dari internet. Mereka tidak melihat bahwa di balik kesuksesan tersebut, ada kerja keras yang harus dilakukan terlebih dahulu. Ada "trial and error" yang harus mereka lalui sebelum hasil yang sepadan datang.

Apa bila suatu saat Anda menemui sebuah situs yang mengatakan bahwa Anda tak perlu mengalami trial and error setelah membeli produknya, sebaiknya jangan percaya begitu saja. Walau produk situs tersebut memang terbukti bagus, tapi jangan lupa bahwa Anda harus terus belajar dari berbagai sumber. Namun perlu dicatat, Anda tak boleh terlalu banyak belajar, karena nanti Anda bisa mengalami "information overload" atau terlalu banyak informasi dengan sedikit praktik.

Orang-orang yang telah sukses dalam bisnis internet atau bisnis apapun bisa mengatakan kalau berbisnis itu mudah. Ya, mudah jika Anda sudah tahu apa yang harus Anda lakukan dan tidak boleh Anda lakukan. Nah, untuk bisa tahu mana yang boleh dan mana yang tidak boleh Anda lakukan, maka tentu Anda harus mengalami trial and error terlebih dahulu, bukan?

Jika Anda telah mengalami trial and error lalu benar-benar menguasai bidang Anda, maka bisa saja Anda menjadi seperti Robert G. Allen. Mungkin nama ini tidak begitu populer bagi Anda, tapi yang jelas ia bisa menghasilkan uang dari internet di belahan dunia mana saja asalkan ada komputer dengan akses internet. Bahkan, dalam tempo 24 jam saja ia menghasilkan $24,000.00 lho....

Jadi, jangan sampai Anda dibutakan dengan iming-iming penghasilan yang fantastis dari bisnis internet. Jangan sampai Anda tidak melihat bahwa ada tantangan dan kegagalan yang harus Anda alami sebelum Anda bisa sukses.

Jika Anda benar-benar ingin menekuni bisnis internet, jangan terlalu memikirkan hasilnya dahulu. Pikirkan dahulu tentang bagaimana produk Anda akan memberi manfaat yang sebesar-besarnya pada masyarakat Indonesia atau dunia.

Saya menulis artikel ini bukan karena saya milyuner internet. Saya menulis ini karena saya juga masih belajar. Jadi, mari kita belajar dan mempraktikkan bisnis internet dengan penuh ketekunan!








2 komentar: on "Berbisnis Lewat Internet Itu Tidak Mudah"

  • Belajar Bisnis Internet mengatakan...

    Setuju Elsa!

    Dahsyat banget yah artikelnya! :)

    Banyak orang pikir Bisnis online mudah, padahal kenyatannya tidak, bukan karena tidak mudah, karena di awal kita perlu belajar dan melakukan apa yang diperlukan, mendapatkan keahliannya. :)

    Kalau sudah bisa dan ahli, yah nggak susah. :) Kayak mbak Elsa sekarang, webnya banyak, cakep-cakep kayak empunya. :)

  • Anonim mengatakan...

    Memang benar mbak bagaimanapun juga membangun suatu bisnis online bukanlah sesuatu yang mudah, karena kita harus benar-benar memiliki suatu produk yang benar-benar dibutuhkan oleh masyarakat dan menarik minat banyak orang,

    Sebuah artikel yang dapat dijadikan referensi yang bagus selain artikel-artikel online yang ada di link ini www.jokosusilo.com

Poskan Komentar


Ingin menambahkan sesuatu dari posting di atas? Ingin berdiskusi?

Semuanya dipersilakan, namun mohon maaf karena komentar dengan bahasa yang kurang layak ataupun spam tidak akan saya munculkan.

Mohon pengertiannya :-)