04 Agustus 2008

Cara Memunculkan Kreativitas

Sebenarnya kita semua kreatif. Kita berbakat untuk membuat inovasi. Jika Anda pernah terkagum-kagum akan kreativitas seseorang, sebenarnya Anda juga bisa melakukannya. Hanya saja, butuh waktu untuk itu.

Melatih kemampuan untuk membuat inovasi sama halnya seperti melatih diri untuk naik sepeda, atau mengemudikan mobil. Perlu waktu dan usaha sebelum kemampuan ini bisa Anda praktikkan dengan mudah.

Untuk memberi inovasi dalam hidup Anda, jangan dengarkan orang lain. Maksud saya, jika Anda punya ide original, jangan buang waktu dan tenaga untuk membuat orang lain mengerti. Mereka bisa saja memberi umpan balik yang negatif.

Jika semua ilmuwan mendengarkan apa kata orang, kita mungkin masih hidup seperti saat abad pertengahan dahulu. Ide-ide mereka dahulu yang menurut banyak orang tampak tidak masuk akal ternyata bisa diwujudkan.

Olah raga juga baik untuk menghilangkan stres, sehingga pikiran Anda akan tenang. Dengan pikiran yang bersih dan tenang, maka ide-ide bagus bisa muncul dengan mudah.

Selanjutnya, fokuslah pada ide Anda tersebut. Tapi jangan mengabaikan hal-hal lain, seperti misalnya pekerjaan utama Anda sekarang. Anda perlu sedikit pengaturan waktu dan kedisiplinan.

Hal yang tak kalah penting adalah, jika Anda punya mimpi, catat mimpi tersebut. Jika Anda bisa memimpikannya, ini adalah tanda bahwa Anda bisa mewujudkannya.

Jangan berpikir bahwa Anda perlu peralatan canggih untuk mewujudkan mimpi Anda. Bahkan, saya dengar J.K. Rowling menulis buku pertama Harry Potter di atas kertas tisu.

Jadi, jika Anda suka fotografi, Anda tak perlu kamera canggih. Kalau Anda hanya punya kamera dari handphone, pakai saja. Biarkan kreativitas Anda mengalir dengan apa yang telah Anda miliki.

Terakhir, Anda perlu hasrat. Tanpa adanya hasrat atau kecintaan akan apa yang Anda lakukan, maka hasilnya tidak akan maksimal. Hasrat sama halnya dengan bahan bakar untuk semangat Anda. Hasrat yang besar ini lah yang akan terus memotivasi Anda.

Lalu bagaimana dengan inspirasi? Jangan terlalu khawatir tentang inspirasi, karena inspirasi bisa datang kapanpun dan di manapun. Jadi, sebaiknya Anda segera menulis inspirasi yang datang agar nantinya Anda tidak lupa.

Ayo berkreasi!







2 komentar: on "Cara Memunculkan Kreativitas"

  • LendraAndrian mengatakan...

    memang inovasi tiada henti, tiap detik, tiap menit akan selalu hadir ide-ide baru, maka manfaatkanlah, dan segera jadikan nyata ide itu dalam bentuk tindakan.. siiip.

  • anaksholeh mengatakan...

    terimakasih artikelnya...
    jangan sekali-kali membuang atau membiarkan inspirasi kreatifitas berlalu begitu saja...

    tetap semanagaat....

Posting Komentar


Ingin menambahkan sesuatu dari posting di atas? Ingin berdiskusi?

Semuanya dipersilakan, namun mohon maaf karena komentar dengan bahasa yang kurang layak ataupun spam tidak akan saya munculkan.

Mohon pengertiannya :-)