17 Agustus 2008

Istilah-Istilah yang Berhubungan dengan SEO

SEO (Search Engine Optimization) adalah suatu teknik agar sebuah situs mendapat peringkat terbaik dalam mesin pencari. Bagi pemula yang sedang mempelajari SEO, mungkin ada beberapa istilah yang belum Anda mengerti. Berikut beberapa daftar istilahnya:

Google Adwords – adalah cara beriklan lewat internet yang disediakan oleh Google.com. Anda bisa memasang iklan yang muncul dalam hasil pencarian Google, atau pada situs yang telah mendaftar menjadi penerbit iklan tersebut. Anda hanya perlu membayar jika ada orang yang meng-klik iklan Anda.

Anchor Text - Anchor text adalah teks yang terlihat pada suatu hyperlink atau tautan. Contohnya, teks “klik di sini” adalah anchor text untuk suatu tautan yang menuju ke www.targetpositif.com. Maka, kode HTML untuk itu adalah: klik di sini

Back Link – Back link atau Inbound Link (IBL) adalah tautan yang mengarah ke situs Anda. Artinya, jika Anda punya 5 back link, maka ada 5 situs yang memasang tautan ke situs Anda.

Konversi – konversi berhubungan dengan situs yang menjual barang / jasa, maupun yang bertujuan menangkap data pengunjung. Ketika pengunjung situs melakukan pembelian atau pengisian formulir, maka situs tersebut menghasilkan konversi. Konversi 1% untuk sebuah situs berarti tiap 100 kunjungan, ada satu orang yang melakukan pembelian / mengisi formulir.

CPM - (Cost Per Thousand) – biaya per 1000 impresi atau tampilan yang harus Anda bayar untuk iklan Anda.

Meta Tags – adalah kode pada suatu halaman web yang tidak bisa dilihat pengunjung, dan bertujuan memberi informasi pada search engine atau situs pencari. Biasanya dalam meta tags terdapat judul situs, kata kunci, deskripsi, dan lain lain.

Link Farm – istilah untuk suatu situs yang hanya dibuat untuk memberi back link pada situs lain. Cara ini bisa membuat situs Anda dibuang dari daftar pencarian.

Cross linking – memasang tautan menuju beberapa situs yang berbeda secara bersamaan. Jangan terlalu banyak melakukan cross linking, karena seperti halnya link farm, situs Anda bisa dihilangkan dari daftar pencarian.

Outbound Link – Tautan dalam situs Anda yang keluar menuju situs lain.

PPC - (Pay Per Click) – adalah cara beriklan di mana Anda hanya membayar jika ada orang yang meng-klik iklan Anda.

PR – singkatan dari PageRank. PR adalah cara Google menentukan penting tidaknya suatu situs. PR punya rentang dari 1 sampai 10.

Robots.txt – adalah suatu file yang biasa digunakan untuk mengarahkan halaman mana yang boleh di-crawl oleh mesin pencari. Biasanya para pemilik situs menggunakannya agar mesin pencari tidak menemukan suatu halaman tertentu, misalnya halaman download.

URL - Uniform Resource Locator. Alamat khusus untuk menunjukkan suatu halaman tertentu. Contoh: http://www.targetpositif.com/reseller.php

Domain – alamat untuk sebuah situs. Misalnya Google.com atau Wikipedia.org








0 komentar: on "Istilah-Istilah yang Berhubungan dengan SEO"

Poskan Komentar


Ingin menambahkan sesuatu dari posting di atas? Ingin berdiskusi?

Semuanya dipersilakan, namun mohon maaf karena komentar dengan bahasa yang kurang layak ataupun spam tidak akan saya munculkan.

Mohon pengertiannya :-)