08 Agustus 2008

Memotivasi Diri dengan Afirmasi

Afirmasi atau dalam bahasa Inggrisnya “affirmation”, berasal dari kata “affirm” yang menurut kamus Merriam-Webster berarti “to make firm”, atau membuat sesuatu menjadi kokoh atau kuat.

Dalam eBook “Teknik Meningkatkan Harga Diri Menuju Kesuksesan Luar Biasa” terbitan TargetPositif.Com, tepatnya di halaman 16, juga telah dibahas tentang bagaimana menggunakan afirmasi.

Tapi mengapa kita perlu melakukan afirmasi? Apakah kesuksesan kita tergantung oleh afirmasi yang kita lakukan?

Afirmasi adalah suatu teknik yang bisa memperkuat pikiran bawah sadar kita. Jika kita terus melakukan afirmasi positif, atau menyampaikan hal-hal positif pada diri kita, maka pikiran bawah sadar kita akan terbiasa oleh afirmasi positif tersebut.

Setelah kita benar-benar percaya dan yakin akan hal-hal positif tersebut, maka kemudian pikiran sadar kita akan mengubahnya menjadi tindakan positif yang nyata.

Dengan melakukan afirmasi positif, maka kita dapat menjadi seseorang yang percaya diri, dan kita juga akan dapat melakukan sesuatu dengan lebih baik.

Afirmasi yang kuat bisa membuat kita mampu mencapai apa yang kita inginkan. Namun sebaliknya, afirmasi yang lemah tak akan cukup membuat kita bertindak dengan maksimal.

Jika Anda ingin bahagia, Anda bisa memberi afirmasi tentang diri Anda sendiri seperti ”Hidup saya benar-benar menyenangkan” Kesehatan jiwa dan raga juga bisa dicapai lewat afirmasi.

Tapi perlu dicatat, dalam melakukan afirmasi, jangan gunakan kata “akan”, karena hasilnya akan kurang efektif. Gunakan kata yang menunjukkan keadaan Anda ”sekarang”, meski itu belum terwujud. Misalnya, katakan “saya adalah orang yang bahagia”, bukan “saya akan menjadi orang yang bahagia”.

Selain itu, sebaiknya gunakan kata-kata yang tidak menyatakan negasi, atau tidak menggunakan kata “tidak”. Contohnya, katakan ”saya bahagia”, bukannya ”saya tidak sedih”.

Anda bisa memotivasi diri Anda dengan afirmasi. Beri pernyataan positif tentang diri Anda berulang-ulang, percayai pernyataan tersebut, lalu ambillah tindakan nyata.








0 komentar: on "Memotivasi Diri dengan Afirmasi"

Poskan Komentar


Ingin menambahkan sesuatu dari posting di atas? Ingin berdiskusi?

Semuanya dipersilakan, namun mohon maaf karena komentar dengan bahasa yang kurang layak ataupun spam tidak akan saya munculkan.

Mohon pengertiannya :-)