04 September 2008

Membuat Perencanaan: Suatu Langkah dalam Pengembangan Diri

Merencanakan kegiatan sehari-hari akan dapat memberi kita kekuatan. Ketika kita membuat perencanaan, kita juga akan mendapat kebebasan dan peningkatan kualitas hidup. Bagaimana ini bisa terjadi?

Ketika kita merencanakan, kita memanfaatkan pikiran kreatif kita. Kreativitas kita akan membantu kita dalam membuat visi untuk masa depan berdasarkan hasrat, tujuan, keinginan, dan lain-lain. Ini akan membuat kita bersemangat karena kita akan merasakan betapa menyenangkannya masa depan kita nanti.

Selain itu, ketika kita membuat rencana, maka kita mengurangi ketegangan. Mengapa? Karena kita tak akan menghabiskan hari-hari kita yang sekarang untuk mencemaskan apa yang akan terjadi besok. Dengan perencanaan, kita akan bisa memanfaatkan hari-hari kita dengan maksimal.

Ketika kita telah membuat rencana untuk setiap hari yang akan kita jalani, maka kita tinggal melakukan apa yang telah kita rencanakan hari itu. Ketika kita telah mencapai tujuan harian kita, kita akan merasa tenang karena misi kita berhasil.

Jika kita telah membuat perencanaan, maka kemungkinan besar kita juga akan bisa mencapai tujuan yang tidak kita rencanakan. Hal-hal baik yang tak terduga nampak mendekat seiring kita mempraktikkan rencana.

Bukan itu saja, dengan perencanaan yang baik, maka kita mempunyai peluang dan kesempatan untuk mencapai tujuan. Peluang, kesempatan, dan efektivitas bisa membuat kita merasa senang akan diri kita sendiri. Ini adalah bagian dari proses pengembangan diri. Tapi perlu dicatat, dalam membuat perencanaan, kita harus membuat langkah-langkah logis tentang bagaimana kita akan mencapai tujuan kita. Kita tak boleh berkhayal dengan membuat langkah-langkah yang tak sesuai dengan kemampuan dan keadaan kita.

Dengan adanya perencanaan yang logis, kita tak perlu terus memikirkan keputusan apa yang akan kita ambil ketika menjalani kegiatan kita. Tentunya ini akan membebaskan pikiran kita dari segala tekanan dan keruwetan.

Hal penting lain dalam membuat rencana adalah, kita harus menyertakan waktu untuk bersenang-senang, bekerja, berkumpul bersama keluarga, belajar, dan lain-lain. kita juga harus mempertimbangkan tentang hal-hal yang tak terduga dalam rencana kita.

Jadi, perencanaan adalah suatu langkah berarti dalam pengembangan diri kita. Perencanaan juga akan bisa membuat kita menarik suatu gambaran mental. Gambaran mental akan membantu kita melihat bagaimana masa depan. Tapi kita tetap harus ingat, bahwa kita hidup untuk hari ini, bukan besok. Artinya, kita harus memaksimalkan usaha kita hari ini untuk mencapai hasil yang baik besok.

Sudahkah Anda Membaca E-Book "Berpikir Benar, Berpikir Positif"?

Silakan Download di Sini


0 komentar: on "Membuat Perencanaan: Suatu Langkah dalam Pengembangan Diri"

Poskan Komentar


Ingin menambahkan sesuatu dari posting di atas? Ingin berdiskusi?

Semuanya dipersilakan, namun mohon maaf karena komentar dengan bahasa yang kurang layak ataupun spam tidak akan saya munculkan.

Mohon pengertiannya :-)