10 Oktober 2008

Tiga Langkah Mudah Menjalankan Bisnis Afiliasi untuk Pemula

Dengan internet, informasi apapun hampir semuanya bisa Anda temukan. Hanya dengan ujung jari Anda, jutaan informasi dan data dari berbagai bidang bisa Anda akses dengan seketika. Meskipun pada awalnya internet dibuat untuk memenuhi kebutuhan pendidikan, seiring dengan perkembangannya internet saat ini juga dimanfaatkan dalam bidang-bidang seperti hiburan, perdagangan, dan keperluan pribadi lain. Kepopuleran internet yang semakin meningkat membuat para pelaku bisnis tak mau melewatkan peluang untuk mengembangkan bisnis mereka melalui media tersebut.

Jika Anda baru di dunia maya ini, mungkin Anda berpendapat bahwa mendapat uang yang banyak dari internet hanya bisa dilakukan oleh orang-orang yang mempunyai perusahaan atau produk sendiri. Padahal, faktanya Anda juga bisa mendapat banyak uang tanpa memiliki produk sendiri, yaitu dengan menjalankan bisnis afiliasi, atau di Indonesia lebih populer dengan istilah reseller.

Bisnis afiliasi adalah suatu bisnis di mana ketika Anda mempromosikan produk atau jasa suatu situs, lalu Anda akan mendapat pembagian keuntungan dari si pemilik situs afiliasi tersebut. Dalam bisnis afiliasi, ada yang membolehkan Anda untuk bergabung secara gratis, dan ada juga yang mengharuskan Anda untuk membeli produk atau jasanya dahulu. Nah, yang terakhir ini disebut sebagai bisnis afiliasi dengan sistem reseller. Apakah Anda bisa bergabung secara cuma-cuma maupun harus membeli produk dahulu, bisnis macam ini bisa berjalan dengan efektif bagi si pemilik situs maupun affiliate atau resellernya.

Jika Anda ingin mendapatkan uang dari internet melalui bisnis afiliasi, Anda bisa menjalankan tiga langkah yang paling dasar dan mudah berikut:

1. Pertama, Anda perlu mengetahui bidang apa yang paling Anda sukai, sehingga nantinya Anda tak akan merasa kesulitan dalam menjalankan bisnis Anda. Memusatkan perhatian Anda pada bisnis afiliasi yang sesuai dengan minat akan bisa membuat Anda lebih produktif .

2. Carilah situs afiliasi yang komisinya sesuai dengan keinginan Anda. Apakah Anda ingin mendapat komisi 50%, 60%, atau komisi yang mempunyai kedalaman atau level tertentu? Dalam hal ini, prosentase komisi yang besar saja tidak bisa Anda jadikan patokan. Anda juga harus mempertimbangkan juga apakah komisi tersebut sesuai dengan harga dan produk yang akan Anda promosikan. Produk yang mahal pada umumnya lebih sulit dijual, namun keuntungannya Anda akan bisa mendapat komisi yang besar dalam sekali jual.

3. Langkah ke tiga adalah mulai berpromosi. Ini adalah langkah terpenting, karena tentunya tanpa berpromosi, bagaimana orang akan bisa membeli dari Anda? Tapi perlu ditekankan bahwa berpromosi di sini adalah promosi yang sopan dan beretika. Artinya, Anda tak boleh melakukan spam atau mengirim email promosi pada orang-orang yang tidak Anda kenal dan belum membuat persetujuan untuk mau menerima email promosi dari Anda. Promosi yang beretika bisa Anda lakukan dengan memasang banner pada situs Anda sendiri, memasang iklan di situs iklan baris gratis (namun sesuai kategori yang diberikan), melalui iklan PPC (pay per click), dll. Untuk mengetahui bagaimana mempromosikan produk dengan benar dan efektif, Anda bisa belajar dari berbagai artikel yang ada di internet.


Bisnis afiliasi memang bisa dikatakan suatu bisnis yang efektif dan menguntungkan karena Anda tak perlu memiliki produk sendiri. Namun perlu Anda ingat, bahwa tak ada kesuksesan yang bisa diraih secara instant. Meski Anda tergoda oleh berbagai kesaksian atau testimoni yang dipajang di suatu situs afiliasi, Anda harus ingat bahwa di balik kesuksesan itu ada perjuangan yang harus dilakukan. Banyak orang yang tidak menyadari hal ini, sehingga ketika mereka tak bisa menjual satu produkpun, mereka akan berhenti, mencari bisnis lain, dan mengulangi kesalahan yang sama. Pada akhirnya, mereka akan menyimpulkan bahwa bisnis afiliasi hanyalah bisnis tipu menipu. Namun, jika Anda menjalankan bisnis tersebut dengan penuh keteguhan hati dan dengan strategi yang benar, maka hasil yang sepadan pasti bisa Anda dapatkan. Nah, jika Anda ingin mulai mencoba bisnis afiliasi dengan sistem reseller, situs targetpositif.com bisa menjadi pilihan Anda.






2 komentar: on "Tiga Langkah Mudah Menjalankan Bisnis Afiliasi untuk Pemula"

  • Bond Juan mengatakan...

    wah, makasih mas. saya lagi belajar jadi affiliate marketer nih. jualan ebook bisnis dan pengembangan diri. Ada saran? Terutama tentang promosi. Tapi emang bener sih. Ga segampang yang dibayangin. hehe

  • Elsa Sakina mengatakan...

    Kalau dari pengalaman saya pribadi sih, lewat SEO (search engine optimization). Lalu juga harus berbeda dari affiliate-affiliate yang lain, seperti misalnya membuat banner sendiri.

Poskan Komentar


Ingin menambahkan sesuatu dari posting di atas? Ingin berdiskusi?

Semuanya dipersilakan, namun mohon maaf karena komentar dengan bahasa yang kurang layak ataupun spam tidak akan saya munculkan.

Mohon pengertiannya :-)