15 November 2008

Ikut Bisnis Internet Gratisan Atau Berbayar?

Dalam dunia bisnis internet, Anda bisa menemukan berbagai program penghasil pundi-pundi rupiah dengan berbagai keunggulannya masing-masing. Salah satu model bisnis yang sangat populer di internet adalah bisnis afiliasi. Anda bisa menjual ulang produk orang lain dan mendapat komisi untuk tiap penjualan.

Para pemilik situs afiliasi atau biasa disebut merchant pun memberikan berbagai pilihan bagi orang-orang yang berminat untuk mempromosikan situs mereka. Ada situs yang mengharuskan Anda membeli produk dahulu untuk bisa menjadi reseller, dan ada juga yang gratis.

Bisnis afiliasi yang tidak mengharuskan Anda merogoh kocek dahulu, istilah lainnya open affiliate program, punya kelebihan dan kekurangan. Kelebihannya, Anda bisa segera bergabung dan mulai berpromosi beberapa saat setelah mendaftar. Kekurangannya, orang yang mencari bisnis gratisan biasanya kurang serius dalam menjalankan bisnis. Apa lagi ia sendiri belum pernah mencoba produk yang ditawarkan dalam bisnis tersebut.

Saya sendiri pernah mendapat beberapa permintaan dari orang-orang yang ingin mempromosikan produk di situs saya tanpa harus menjadi member. Pada umumnya, mereka belum bisa menjual produk sama sekali. Sebab, siapa yang ingin membeli produk dari Anda jika Anda sendiri tak mau mengeluarkan uang untuk itu? Jadi, jika Anda belum punya pengalaman yang cukup dalam dunia bisnis afiliasi, maka satu-satunya pihak yang diuntungkan dari open affiliate program adalah si pemilik situs.

Begitu pula dengan closed affiliate program, yaitu bisnis yang mengharuskan Anda membeli produk terlebih dahulu, ada kelemahan dan kelebihan tersendiri. Kelebihannya, Anda bisa mencoba dan mempelajari dahulu produk yang akan Anda jual. Dengan demikian, maka orang akan lebih percaya kepada Anda, terlebih lagi jika Anda menceritakan pengalaman Anda sendiri setelah mencoba produk tersebut. Kelemahannya sudah jelas, Anda tak bisa bergabung jika belum punya cukup uang.

Oleh karena itu, beberapa pemilik situs menyatakan bahwa biaya pendaftaran untuk situs mereka berfungsi sebagai penjamin keseriusan, meski sebenarnya Anda bisa saja bergabung dengan gratis. Namun Anda juga perlu waspada, karena banyak penipuan yang menggunakan dasar uang Anda sebagai ”jaminan keseriusan” untuk mengelabuhi Anda, terutama jika uang yang harus Anda bayar cukup besar.

Jadi, semua tergantung kemampuan dan kejelian Anda. Saran saya, jangan mengikuti bisnis afiliasi gratisan jika Anda sedang membutuhkan uang. Tak ada bisnis yang bisa membuat Anda kaya dalam semalam. Walau pendaftarannya gratis, Anda masih harus berpromosi dan bersaing dengan lebih banyak orang yang mempromosikan produk yang sama. Ikut bisnis berbayar pun juga sama, telitilah sebelum membeli, jangan sampai uang Anda amblas begitu saja karena tertipu oleh situs fiktif.






2 komentar: on "Ikut Bisnis Internet Gratisan Atau Berbayar?"

  • Wiwi Widiyanti mengatakan...

    Kalau kita lihat di Affiliate network seperti ClickBank, Paydotcom, CJ, Click Share, dan sebagainya, biasanya program afiliasi gratis untuk kita ikuti. Justru hanya di Indonesia yang kebanyakan bayar.

  • Elsa mengatakan..

    Betul Pak Rahmat (Pak Rahmat atau Wiwi nih...),

    Banyak program afiliasi gratis dari luar negeri. Mau ikut yang gratis atau yang bayar semuanya OK kok. Asal, kita memang benar2 percaya akan produk/jasa yang ditawarkan. Tapi, kalau saya biasanya mencoba produknya dahulu, baru saya rekomendasikan (walau ada pilihan untuk mendaftar sebagai affiliate secara gratis).

Poskan Komentar


Ingin menambahkan sesuatu dari posting di atas? Ingin berdiskusi?

Semuanya dipersilakan, namun mohon maaf karena komentar dengan bahasa yang kurang layak ataupun spam tidak akan saya munculkan.

Mohon pengertiannya :-)