21 Desember 2008

Jangan Remehkan Kebiasaan Membaca....

Apa saja yang telah Anda baca akhir-akhir ini?
Kapan terakhir kali Anda membaca buku?

Pernahkah Anda mendengar ungkapan yang berbunyi “the readers of today are the leaders of tomorrow”? Ya…. Kata-kata bijak tersebut menyatakan bahwa orang-orang yang saat ini suka membaca akan bisa menjadi pemimpin di masa depan. Jadi, jangan remehkan kebiasaan membaca :)

Orang yang suka membaca biasanya bisa berpikir dan berbicara dengan baik. Selain bisa memperluas wawasan, membaca juga bisa menjadi aktivitas yang menyenangkan, lho. Mengapa? Karena membaca melibatkan kegiatan fisik sekaligus mental.

Aktivitas mental adalah kegiatan utama yang terjadi ketika Anda membaca. Ketika Anda membaca buku, terutama buku fiksi, tentunya imajinasi Anda akan bekerja. Anda bisa membayangkan apa saja yang tertulis menjadi suatu “kenyataan”. Anda bisa menggunakan pikiran Anda untuk merasakan apa yang dirasakan tokoh-tokoh dalam buku yang Anda baca. Jika Anda sedang membaca buku atau eBook pengembangan diri, maka Anda bisa menerapkan berbagai ide dan argumen oleh sang penulis buku.

Selain itu, dengan membaca, Anda akan mendapat berbagai kosa kata baru. Akan timbul juga rasa ingin tahu akan berbagai pengetahuan baru. Pikiran Anda akan menjadi lebih terbuka dan terlatih. Bahkan, sebuah penelitian di Amerika pernah menunjukkan bahwa orang yang memiliki kebisaan membaca untuk mengisi waktu luangnya ternyata lebih bahagia dibanding dengan mereka yang hanya menonton televisi.

Dalam bukunya yang berjudul Million Dollar Habits, Brian Tracy mengungkapkan bahwa orang-orang yang berhasil di masa depannya adalah orang yang suka membaca biografi atau autobiografi dari orang-orang lain yang telah sukses.

Untuk bisa mendapat hasil yang lebih baik dari membaca, Anda perlu menjadi pembaca yang aktif, bukan hanya pasif. Menjadi pembaca yang aktif berarti bisa berpikir dengan aktif untuk bisa menarik kesimpulan sendiri.

Bagaimana cara menjadi pembaca yang aktif?

1) Coba membaca lebih sering. Kalau pemain bola sering berlatih untuk bisa menendang bola dengan lebih baik, maka Anda juga bisa membaca lebih sering untuk bisa menjadi pembaca yang aktif.

2) Biasakan mengambil gagasan atau ide utama saat membaca. Maksudnya, jangan memusingkan kalimat-kalimat yang tidak penting :)

3) Belajar membaca dengan lebih berkonsentrasi. Jangan biarkan pikiran “berkelana” ke tempat lain ketika membaca.

4) Berlatih membaca dengan lebih cepat dan efektif. Untuk bisa membaca lebih cepat, mungkin Anda bisa mempertimbangkan untuk “mendengarkan” buku. Anda bisa menggunakan audio book, yaitu buku yang telah dibaca dan direkam dalam format audio. Jadi, Anda bisa melakukan hal lain sembari mendengarkan audio tersebut. Gunakan waktu yang kurang efektif, misalnya saja ketika sedang naik kendaraan umum, menunggu antrian, dll.

Mungkin saya belum cukup meyakinkan Anda bahwa membiasakan membaca sangatlah bermanfaat. Bagaimana kalau Ray Bradbury dan W. Somerset Maugham yang berbicara?


“ Anda tak perlu membakar buku untuk menghancurkan sebuah budaya. Buat saja orang-orang berhenti membaca. “
Ray Bradbury

“Membiasakan diri untuk membaca berarti menjauhkan diri Anda sendiri dari hampir seluruh penderitaan hidup.”
W. Somerset Maugham

( kutipan diambil dari finestquotes.com)






3 komentar: on "Jangan Remehkan Kebiasaan Membaca...."

Poskan Komentar


Ingin menambahkan sesuatu dari posting di atas? Ingin berdiskusi?

Semuanya dipersilakan, namun mohon maaf karena komentar dengan bahasa yang kurang layak ataupun spam tidak akan saya munculkan.

Mohon pengertiannya :-)