01 Januari 2009

Kita Perlu Berubah!

Pada umumnya, manusia tidak ingin meninggalkan zona nyaman. Kalau kita sudah merasa nyaman, biasanya kita akan enggan untuk meninggalkan kenyamanan tersebut. Ini sebenarnya adalah suatu hal yang alami.

Alami? Lho, maksudnya?

Ya, karena pada dasarnya memang manusia ada di dunia ini tujuannya untuk “survive” atau bertahan. Bertahan dari panas, dingin, lapar, haus, dan sebagainya. Jadi, sudah lumrah kalau manusia tak ingin meninggalkan kondisi ketika mereka sudah merasa nyaman.

Namun, waktu terus berjalan dan berubah. Fakta yang ada di dunia menunjukkan bahwa sering kali kita harus melakukan perubahan agar bisa “survive” atau bertahan, bukannya diam mempertahankan apa yang telah kita miliki. Ini bisa kita lihat dari proses evolusi makhluk hidup.

Kalau Anda masih ingat pelajaran Biologi dahulu, jerapah sebenarnya memiliki leher yang pendek. Karena itulah, mereka kesulitan jika harus mengambil makanan yang berupa daun di pohon yang tinggi. Karena mereka perlu makanan untuk bisa bertahan hidup, mereka terus saja berusaha menggapai pohon yang tinggi itu dengan leher pendek mereka. Alhasil, leher jerapah menjadi panjang seperti sekarang karena proses evolusi yang mereka lalui.

Begitu pula manusia. Manusia perlu berubah untuk menyesuaikan diri dengan perubahan dunia. Dalam proses perubahan, hal yang biasanya paling sulit diubah adalah pikiran, sikap, dan kebiasaan yang telah menjadi bagian dari identitas diri. Mungkin mengubah hal-hal lain di sekitar kita akan lebih mudah, tapi mengubah sesuatu yang sudah ”melekat” dalam diri kita akan lebih sulit.

Lalu bagaimana agar kita bisa mengubah sikap mental?

Tidak ada rahasia untuk pertanyaan tersebut. Jawabannya ada di kata perubahan itu sendiri. Kita harus memulai perubahan sedikit demi sedikit, sehingga tujuan atau gol kita bisa tercapai dengan lebih cepat.

Kalau Anda manusia, pasti Anda punya kebiasaan ( ya, iya lah). Kebiasaan tentunya bukanlah sesuatu yang bisa langsung kita miliki. Perlu waktu agar sesuatu bisa menjadi kebiasaan. Nah, begitu pula sebaliknya. Kebiasaan juga perlu waktu untuk bisa dihilangkan.

Seperti yang telah disampaikan tadi, mengubah kebiasaan bukanlah sesuatu yang mudah. Untuk memulainya, pertama-tama Anda perlu mengakui kesalahan dan kebiasaan buruk Anda. Setelah Anda mau mengakui kesalahan Anda, tanyakanlah pertanyaan ini:

‘Apakah saya akan menjadi lebih baik jika saya meninggalkannya?’

Ketika Anda ingin membuat komitmen untuk berubah, mulailah dengan satu langkah kecil. Jangan mengambil langkah pertama terlalu besar, dan jangan berharap agar Anda bisa berubah dalam semalam. Anda perlu melalui sebuah proses seperti halnya ketika Anda menginvestasikan waktu yang hasilnya tak bisa Anda dapatkan secara instan.

Jangan lupa juga untuk mencari feedback atau umpan balik. Anda tak perlu berjalan menuju perubahan sendiri. Anda bisa mendapatkan umpan balik dari teman, perpustakaan, atau dari internet.

Nah, di tahun baru 1430 Hijriah dan 2009 Masehi ini, mari kita menginstropeksi diri, semoga hari esok menjadi lebih baik, agar kita tidak menjadi orang-orang yang merugi, apalagi celaka, seperti kata Rasul,

” Barang siapa yang hari ini lebih baik dari hari kemarin, dialah orang yang beruntung. Barang siapa yang hari ini sama seperti hari kemarin, dialah orang yang merugi. Dan barang siapa yang hari ini lebih jelek dari hari kemarin, maka dialah orang yang celaka”







4 komentar: on "Kita Perlu Berubah!"

  • Iklan Baris mengatakan...

    Wah luar biasa dalam makna dari tulisan ini.

    Mengalir dengan sangat deras layaknya sedang menonton seorang pembicara sedang berceramah.

    Saya yakin tulisan sebijaksana ini hanya bisa keluar dari hati dan pikiran yang sangat MANTAP!

    Saya sangat terinspirasi!

    Kus

  • iqbal mengatakan...

    Hallo..Iqbal di sini :)
    Salam Kenal Mba Elsa

    memang Mba untuk berubah memerlukan proses yang tidak sebentar..

    Yang terpenting ketika ingin berubah adalah kita harus mengubah mindset kita...
    Kalo itu sudah bisa,Insya Allah semua bisa kita jalani dengan lebih mudah.

    Sukses Selalu
    Iqbal

  • Sewa mobil mengatakan...

    Memang sosok seorang pemenang adalah senantiasa berubah ke arah lebih baik dan sempurna. Apalagi jika ingin mencapai kesuksesan yang lebih besar.

    Bravo untuk Elsa! yang terus memotivasi kita. Salam sukses

  • eRy mengatakan...

    Haii ery disini

    salam kenal mbak Elsa

    Saya setuju mbak dengan tulisan mbak, perubahan emang sangat diperlukan... satu2 nya cara untuk merubah org lain ke arah lebih baik adalah kita wajib dan kudu merubah diri kita terlebih dahulu, baru yg lain mengikutii...
    Dan yg perlu di ingat, perubahan itu hanya dari dalam diri kita sendiri yang bisa melakukannya,.. bukan orang lain, orang tua bahkan pacar.... tapi diri sendiri..

    salam
    eRy

Posting Komentar


Ingin menambahkan sesuatu dari posting di atas? Ingin berdiskusi?

Semuanya dipersilakan, namun mohon maaf karena komentar dengan bahasa yang kurang layak ataupun spam tidak akan saya munculkan.

Mohon pengertiannya :-)