15 Mei 2009

5 Tips Sederhana Manajemen Hutang

Mengatur atau memanajemen hutang tidak hanya bisa dilakukan oleh para ahli. Anda sebenarnya bisa melakukannya sendiri jika Anda benar-benar ingin mengatur dana pinjaman dan masa depan keuangan. Jika Anda siap melakukannya, tanpa saran dari ahli keuangan pun Anda bisa mengurangi hutang buruk, dan yang lebih penting adalah, Anda tak perlu mengeluarkan biaya ekstra untuk membayar ahli keuangan :)

Anda tidak percaya?

Coba dahulu langkah berikut untuk mengurangi hutang Anda. Anda akan tahu bahwa langkah-langkah berikut sebenarnya cukup sederhana dan logis, tapi semua tergantung bagaimana Anda menerapkannya. Anda bahkan tak perlu punya gelar sarjana dalam bidang ekonomi atau bisnis untuk memahaminya!

Berikut langkah-langkahnya:

1. Buat rencana keuangan

Jika Anda memiliki rencana yang jelas tentang bagaimana Anda akan menggunakan atau membelanjakan uang, maka Anda akan bisa meminimalisasi pengeluaran yang tidak perlu. Pada awalnya memang sulit untuk dilakukan, tapi jika Anda terus menerus melakukannya, maka Anda akan terbiasa.

2. Sisihkan income / pemasukan untuk pelunasan hutang

Jika Anda mendapat pemasukan secara bulanan, maka menyisakan uang Anda untuk pelunasan hutang adalah langkah yang baik. Dengan demikian, akan ada keterpaksaan agar Anda melunasi hutang. Ini juga merupakan cara yang bagus untuk memastikan bahwa Anda tak bisa menyentuh uang tersebut, karena Anda uang tersebut sudah Anda rencanakan untuk keperluan lain.

3. Menabung

Coba potong pengeluaran. Anda bisa melakukannya dengan menghemat energi, seperti listrik dan air. Jika memungkinkan, potonglah pengeluaran untuk hal-hal yang bisa Anda lakukan sendiri. Misalnya saja untuk laundry, perawatan taman / kebun, perbaikan pipa, dll.

4. Prioritaskan hutang dengan bunga tertinggi
http://www.blogger.com/img/blank.gif
Jika Anda punya banyak hutang, bayarlah hutang yang bunganya paling tinggi terlebih dahulu. Dengan demikian, maka Anda akan terhindar dari bunga hutang yang nilainya juga akan makin tinggi. Anda juga akan dapat menyisihkan uang untuk membayar hutang yang lain (yang bunganya lebih rendah). Mengenai pelunasan hutang seperti ini, David Ciang telah memaparkanya secara baik dan jelas di dalam eBooknya yang berjudul Keuangan Pribadi: Resep Rahasia di Balik Kesuksesan Kaum Kaya (bisa Anda dapatkan melalui www.AsetInternet.com).

5. Bayar lebih banyak

Jangan hanya membayar cicilan hutang sesuai jumlah yang diminta. Jika Anda punya uang, bayar lebih banyak. Dengan demikian, maka kekhawatiran Anda akan berkurang, dan akan ada keringanan beban dalam pelunasan hutang Anda yang berikutnya.






4 komentar: on "5 Tips Sederhana Manajemen Hutang"

  • HAMZA mengatakan...

    kita harus tahu apa itu sedrhana manajemen hutang

  • http://anti-hutang.com mengatakan...

    Bicara masalah hutang kapok dech... jangan dekati hutang... tolak hutang ... dalam bentuk apa pun sebisanya ... sekali masuk lembah hutang akan sulit untuk keluar dari lembah tersebut ... yuk kita Gemakan Gerakan Anti Hutang ..... Stop Debt .... Stop Debt .... Stop Debt......

  • Anonim mengatakan...

    Saya jd nambah ni ilmunya.Thanks utk tips2nya.semoga ilmu yang diberikan menjadi ladang amal dan manfaat bagi yang membutuhkan.AMIN

  • Rhino Perkasa mengatakan...

    Hindari riba mulai sekarang..!!!

Posting Komentar


Ingin menambahkan sesuatu dari posting di atas? Ingin berdiskusi?

Semuanya dipersilakan, namun mohon maaf karena komentar dengan bahasa yang kurang layak ataupun spam tidak akan saya munculkan.

Mohon pengertiannya :-)