21 Mei 2009

Pebisnis Internet Pemula Perlu Mindset Ini...

Banyaknya spam komersial yang dikirim oleh orang-orang yang sedang mencari peruntungan melalui bisnis internet sangatlah tidak etis dan efektif untuk dilakukan. Spam tidak hanya masuk ke inbox eMail, namun juga banyak merajalela di berbagai forum diskusi, milis, dan komentar-komentar di suatu blog. Selain itu, bentuk pembodohan dengan program-program cepat kaya melalui internet juga sangat memprihatinkan.

Pada umumnya, hal-hal semacam itu dilakukan oleh para pendatang baru di bisnis internet.

Apakah penyebab hal-hal tersebut?

Mindset atau pola pikir yang masih keliru.

Salah satu mindset yang harus dikembangkan adalah mindset positif. Pendekatan ini harus segera langsung diterapkan ketika seseorang mulai belajar segala sesuatunya tentang bisnis internet.

Ketika mulai belajar mengenai bisnis internet, jangan berpikir bahwa segala sesuatunya itu sulit. Misalnya saja, Anda berpikir bahwa membuat situs itu sulit, Anda gaptek, kurang pandai, tidak bakat bisnis, dll. Pada tahap awal pembelajaran ini, kepercayaan diri sangatlah penting, sehingga makin cepat Anda mengembangkan mindset positif, maka hasilnya juga akan makin baik.

Jika latar belakang Anda bukan di bidang marketing, maka ketika sedang mulai belajar, pasti Anda akan menemui berbagai istilah atau terminologi yang kedengarannya asing, bahkan terdengar seperti bahasa “hubba-hubba”, alias bahasa asing buat Anda.

Jika Anda sudah meragukan kemampuan Anda sendiri ketika baru belajar, maka sikap tersebut bisa menjadi penghambat kemajuan, bahkan bisa membuat Anda menyerah sebelum memulai. Namun, jika Anda terus mengingatkan diri sendiri bahwa ada banyak hal yang bisa Anda pelajari, maka kesulitan-kesulitan yang timbul tak akan menjadi masalah besar bagi Anda.

Tapi, jangan sampai gagal sebelum mulai karena terlalu banyak informasi yang Anda pelajari. Ada pepatah yang mengatakan, "too many cooks spoil the broth” – terlalu banyak koki justru akan merusak sup yang sedang dimasak.

Selain itu, cobalah untuk mencari peluang dari setiap masalah yang timbul, karena bisa saja ada “udang di balik batu”. Bisa saja di balik masalah yang sedang Anda hadapi terdapat peluang yang tersembunyi.

Ketika Anda mulai merasa frustasi saat proses belajar, Anda bisa beristirahat sejenak. Matikan komputer, bangkit dari tempat duduk, dan berjalan-jalanlah keluar rumah. Anda bisa pergi menonton film, minum kopi bersama teman dan keluarga, atau sekedar melihat-lihat pemandangan. Intinya adalah mencari situasi baru dan memindahkan fokus perhatian Anda untuk sementara waktu.

Seperti apa yang saya cantumkan dalam eBook ”Kendalikan Hidup Anda” (www.targetpositif.com), terlalu banyak bekerja merupakan salah satu penyebab timbulnya masalah keluarga, seperti misalnya perceraian. Istirahat sejenak semacam ini bisa memberi sumbangan berarti bagi kemampuan kognitif Anda, sekaligus menjaga hubungan Anda dengan keluarga. Ketika Anda selesai beristirahat dan kembali bekerja di depan komputer, maka kemungkinan besar semangat Anda akan muncul kembali.

Anda bisa menjadi apapun yang Anda inginkan. Apa yang Anda butuhkan adalah menginvestasikan waktu dan uang Anda untuk mempelajari dan menerapkan semua pengetahuan yang Anda perlukan untuk berbisnis internet. Kemungkinan besar, Anda tak akan bisa langsung merasakan hasilnya, tapi jika Anda terus konsisten, maka kemampuan dan percaya diri Anda akan tumbuh, dan insya Allah Anda bisa mencapai tujuan Anda.






1 komentar: on "Pebisnis Internet Pemula Perlu Mindset Ini..."

Posting Komentar


Ingin menambahkan sesuatu dari posting di atas? Ingin berdiskusi?

Semuanya dipersilakan, namun mohon maaf karena komentar dengan bahasa yang kurang layak ataupun spam tidak akan saya munculkan.

Mohon pengertiannya :-)