26 Juni 2009

3 Hal untuk Dipertimbangkan dalam Marketing Online

marketing bisnis onlineAturan-aturan dalam marketing berlaku baik bagi bisnis besar maupun bisnis yang masih berkembang. Aturan-aturan tersebut adalah: (1) mem-branding produk, (2) menentukan target / sasaran pasar, (3) mendapatkan penjualan, dan (4) membangun basis repeat customers (pelanggan yang bersedia terus membeli produk kita lagi di masa datang). Marketing online sangat efektif jika diterapkan untuk hal-hal tersebut.

Marketing online itu sendiri berarti menempatkan bisnis atau produk kita di internet agar bisa diakses oleh banyak orang sehingga kita bisa mengubah situs kita menjadi suatu alat yang bisa memaksimalkan penjualan dan potensi bisnis.

Marketing secara online itu sebenarnya lebih dari sekedar memasang iklan di internet. Apa yang termasuk di dalam marketing online adalah bagaimana kita berkomunikasi dengan pelanggan, mempromosikan bisnis atau produk di internet, dan memastikan bahwa isi situs kita bermanfaat dan selalu ter-update. Kabar baiknya, untuk melakukan marketing secara online, kita tak perlu budget besar untuk bisa membuat kampanye marketing yang efektif.

Tiga poin penting yang perlu dipertimbangkan dalam marketing online adalah:

Komunikasi. Bagian penting dari marketing online adalah bagaimana kita menjawab eMail dari pelanggan. Tentu saja kita tak boleh menyia-nyiakan jika ada orang yang mengunjungi situs kita, lalu mengontak kita untuk informasi lebih lanjut.

Memanfaatkan eMail adalah salah satu cara yang efektif dan efisien untuk mendapatkan penjualan. Memang, kadang sulit untuk selalu bisa melayani pertanyaan dari pengunjung situs, karena saya mengalaminya sendiri..hehe (maaf ya, bagi Anda yang eMailnya belum terjawab ^_^). Kunci efektivitas di sini sebenarnya adalah konsistensi. Kita harus bisa konsisten dalam menjawab eMail.

• Sumber daya manusia. Dalam marketing online, sebenarnya juga diperlukan sumber daya manusia, bukan hanya situs. Misalnya saja, untuk customer service yang baik, tentu diperlukan sumber daya manusia yang mampu bertindak cepat dalam menjawab eMail pelanggan. Biasanya, waktu normal untuk menjawab eMail adalah 48 sampai 72 jam. Jika kita menjawab eMail terlambat, maka pelanggan bisa lari.

• Produk yang ingin dibeli orang secara online. Sebelum memulai marketing secara online, tentu kita harus memilik produk di mana orang ingin membelinya. Harus ada nilai atau value dari apa yang kita jual.

Dalam menjual barang secara online, ada dua faktor yang biasa dipertimbangkan: biaya dan kenyamanan. Dalam marketing online, tanyakan pertanyaan-pertanyaan seperti:

Apakah orang akan lebih mudah membeli dari kita secara online, daripada langsung ke toko?
Apakah ada keuntungan lain jika mereka membeli secara online?
Apakah manfaatnya lebih banyak jika membeli online?
Apakah harganya lebih murah?
Dst..

Misalnya saja di situs www.targetpositif.com, saya menyediakan eBook pengembangan diri. Lalu saya bertanya:
Apakah orang akan lebih mudah membeli dari kita secara online, daripada langsung ke toko?
jawab: Ya, karena kalau membeli secara online, pesanan bisa dilakukan kapanpun, 24 jam non stop, bahkan ketika hari libur, di mana belum tentu toko buku bisa seperti itu.
Apakah ada keuntungan lain jika mereka membeli secara online?
jawab: Ada program afiliasi online-nya.

Dst...dst. Intinya, marketing secara online bukan hanya beriklan di internet saja. Kita perlu mempertimbangkan tiga poin di atas agar hasil usaha bisa kita rasakan.












0 komentar: on "3 Hal untuk Dipertimbangkan dalam Marketing Online"

Poskan Komentar


Ingin menambahkan sesuatu dari posting di atas? Ingin berdiskusi?

Semuanya dipersilakan, namun mohon maaf karena komentar dengan bahasa yang kurang layak ataupun spam tidak akan saya munculkan.

Mohon pengertiannya :-)