01 Juli 2009

Berpromosi dengan Membuat Rekomendasi Produk

Dalam affiliate marketing, ada berbagai cara yang bisa dilakukan untuk mempromosikan produk. Teknik-teknik promosi yang bisa digunakan juga biasanya tidaklah terlalu sulit, selama kita mau terus belajar dan menerapkan.

Nah, salah satu cara untuk mempromosikan produk afiliasi adalah dengan menggunakan rekomendasi produk. Para marketer tahu bahwa ini adalah salah satu cara yang paling efektif untuk berpromosi, ketimbang hanya dengan beriklan secara terang-terangan.

Jika orang telah mempercayai Anda, maka mereka tentu akan mempercayai rekomendasi Anda. Meski demikian, berhati-hatilah dalam menggunakan cara ini. Jika semuanya Anda promosikan dengan rekomendasi, maka reputasi Anda bisa makin menurun. Ini bisa terjadi, karena orang akan berpikir bahwa Anda tidak tulus karena terus merekomendasikan produk, terutama kalau rekomendasi Anda kelihatan berlebihan, dan tidak ada nilai informatifnya bagi mereka.

Jangan takut untuk menyebutkan hal yang kurang Anda suka dari produk yang Anda promosikan. Sebab, ini justru akan membuat rekomendasi Anda menjadi lebih realistis, dan kredibilitas Anda bisa meningkat.

Lebih jauh lagi, jika orang tertarik dengan produk yang sedang Anda promosikan, maka mereka akan bersedia untuk mempelajari produk tersebut dari Anda. Mereka ingin tahu tentang apa yang bagus dan tidak bagus dari produk tersebut, dan bagaimana produk itu dapat memberi mereka kemudahan atau keuntungan.

Ketika Anda merekomendasikan suatu produk, ada hal yang perlu diingat: ketidakcocokan harga berbanding terbalik dengan kepercayaan. Artinya, jika orang percaya pada kredibilitas Anda, maka mereka akan cenderung bersedia untuk membeli produk Anda, meskipun pada awalnya mereka tidak cocok dengan harganya. Ketidakcocokan harga itu lambat laun akan berkurang karena tingkat kepercayaan mereka pada apa yang Anda rekomendasikan meningkat.

Agar kredibilitas makin baik, Anda bisa menawarkan solusi pada mereka. Misalnya, Anda bisa menunjukkan bahwa produk yang Anda tawarkan memang terbukti membantu jika diterapkan, seperti dengan menggunakan testimoni. Daripada berpromosi dengan berteriak “Beli produk ini dong…Produknya bagus banget deh, pokoknya!!”, gunakan testimoni yang nyata, seperti:

“saya mendapatkan banyak permata dan pelajaran tak ternilai dari paket motivator ini” (www.targetpositif.com)

“saya bisa lebih tertib dalam membelanjakan uang” (www.asetinternet.com)

Kemudian, sebaiknya jangan terlalu heboh dalam berpromosi, misalkan Anda terdengar seperti berteriak-teriak untuk menjual. Tetap kalem, santun, dan bewibawa saja :). Lebih baik tampil kalem dan meyakinkan.

Perlu diingat juga, bahwa orang tidak bodoh. Artinya, mungkin saja mereka sudah tahu tentang apa yang sedang Anda promosikan. Jadi, jangan juga menganggap bahwa Anda yang paling tahu.

Ketika merekomendasikan produk, memberikan hal-hal gratis juga bagus. Tapi, apa yang Anda bagikan itu harus berhubungan dengan produk utama yang sedang Anda promosikan.

Apa yang juga tak kalah penting adalah, cobalah dahulu produk yang akan Anda promosikan. Siapa tahu produk yang Anda tawarkan itu ternyata tidak cocok dengan diri Anda sendiri. Jika memungkinkan, promosikan produk di mana Anda punya 100% kepercayaan.