21 Juli 2009

Satu Sumber Tidak Cukup, Satu Kalimat Bisa Mengubah Hidup

berhenti belajar“Saya sudah membaca buku A, dan tidak ada perubahan dalam usaha saya”

Keluhan seperti itu banyak terdengar di sana-sini. Orang-orang mengeluhkan betapa sia-sianya mereka membeli buku atau mengikuti seminar, karena tidak ada perubahan dalam hidup mereka.

Orang yang pernah membeli eBook tentang bagaimana cara berbisnis internet dan mendapatkan income darinya, banyak yang mengeluh karena mereka tidak juga menjadi kaya setelah membaca eBook tersebut.

Ya, jelas tidak akan ada perubahan jika hanya membaca…

Perkataan “knowledge is power” atau pengetahuan adalah kekuatan itu benar. Tapi, apa yang dimaksud dengan “power” di sini adalah “potential power”, suatu kekuatan atau tenaga yang potensial. Artinya, pengetahuan tidak berarti apa-apa jika tidak diterapkan. Begitulah kata Napoleon Hill, penulis buku Think and Grow Rich.

Sekarang, mari kita lihat dalam kasus dunia pendidikan formal. Ketika kita sekolah, ada berbagai pelajaran yang diajarkan, seperti matematika, fisika, biologi, bahasa Inggris, dan lain-lain.

Setelah kita mendapat pelajaran dari sebuah buku matematika yang kita beli, apakah kita bisa langsung menjadi ahli matematika?

Tentu tidak. Masih ada pengetahuan lain yang perlu dipelajari dan terapkan.

Kemudian, setelah lulus kuliah di universitas, apakah apa yang kita dapatkan sudah cukup?

Apakah yang kuliah di jurusan sastra Inggris langsung bisa lancar cas cis cus berbicara bahasa Inggris?

Tergantung. Tiap mahasiswa memiliki sikap dan tindakan sendiri-sendiri, meski mereka duduk di jurusan dan universitas yang sama.

Apakah yang kuliah di jurusan hukum juga bisa langsung menjadi pengacara handal?

Juga tergantung. Ada yang sukses jadi pengacara, tapi ada juga yang justru menjadi supir truk.

Ini sama halnya seperti ketika Anda belajar bisnis internet melalui eBook, atau bahkan ketika Anda mengkonsumsi obat ketika sakit.

Lho, kok obat-obatan?

Ya, kemasan dalam obat-obatan biasanya juga mencantumkan peringatan “Results May Vary”. Obat flu belum tentu cocok untuk semua orang, tergantung dari kondisi dan kebiasaan si pengkonsumsi obat.

Dalam bisnis internet, ada orang yang bisa berhasil menerapkan apa yang tertulis dalam eBook, namun ada juga yang belum berhasil.

Bagi yang sudah berhasil maupun belum, berhenti belajar bukanlah suatu pilihan.

Kalau ada situs yang menjanjikan eBooknya sebagai “one stop resource”, alias satu-satunya panduan yang Anda perlukan dalam bisnis internet, saya yakin itu tidak benar. Anda tidak bisa hanya menggunakan satu sumber saja, tanpa mencari lagi pengetahuan dan ilmu lain dari berbagai sumber. Selain itu, Anda perlu mempraktikkannya.

Jadi, kalau misalnya Anda membeli eBook tentang bagaimana cara berbisnis internet, atau tentang bidang apapun, baik dari dalam maupun luar negeri, simpan pelajaran atau pengetahuan baru yang Anda dapatkan dalam kepala Anda, biarpun cuma sedikit.

Tiap kali saya membaca buku atau eBook, saya selalu mengambil satu pelajaran yang kemudian saya tanamkan dalam pikiran saya, meskipun itu sedikit. Jadi, meski buku yang saya baca ada 250 halaman, namun saya “hanya” mendapatkan satu pelajaran yang bisa diringkas dalam satu kalimat, itu tidak masalah.

Sebab, pada umumnya isi dari sebuah buku bisa diringkas dalam beberapa kalimat atau paragraf saja.

Selain itu, jangan abaikan kekuatan dari sebuah kalimat.
Seorang wanita bahkan bisa mengubah hidupnya 180 derajat hanya karena satu kalimat bijak karya seorang penulis. Ia membaca kalimat tersebut berulang-ulang, dan merenungkan artinya dalam dalam. Kalimat bijak tersebut juga tertulis dalam eBook saya, Fokus: Kunci Anda Menuju Sukses halaman 23.

Yang jelas, kata bijak tersebut sangat sederhana, dan bisa berarti lain bagi setiap orang. Semua tergantung bagaimana cara pandang Anda.

Jadi, never stop learning, jangan berhenti belajar dari berbagai sumber, dan praktikkan apa yang Anda ketahui dalam bisnis internet, atau dalam bidang apapun. Sebab, seorang ahli internet marketing seperti Yanik Silver mengaku pernah menghabiskan uang $10,000 dalam setahun untuk membeli buku.

Ketika Anda membaca buku, eBook, atau mengikuti seminar, simpan dan terapkan selalu pelajaran baru yang Anda dapat, meskipun hanya tertuang dalam sebaris kalimat :)






1 komentar: on "Satu Sumber Tidak Cukup, Satu Kalimat Bisa Mengubah Hidup"

  • VCC Paman Gober mengatakan...

    Bener banget mas, jika kita fokus pada satu pelajaran yang benar2 kita rasakan memberi manfaat maka akan memberikan hasil yang lebih baik

Posting Komentar


Ingin menambahkan sesuatu dari posting di atas? Ingin berdiskusi?

Semuanya dipersilakan, namun mohon maaf karena komentar dengan bahasa yang kurang layak ataupun spam tidak akan saya munculkan.

Mohon pengertiannya :-)