26 September 2009

Bagaimana Memulai Bisnis Internet

bagaimana memulai bisnis internet"Business is creative. It’s like painting. You start with a blank canvas."
(Bisnis itu kreatif. Seperti melukis. Anda memulai dengan kanvas yang masih kosong)
~Richard Branson~


Di berbagai forum diskusi online, ada banyak pemain baru di bisnis internet yang menginginkan pendapatan besar dari internet, seperti halnya para pakar internet marketing seperti Russell Brunson atau Mike Filsaime.

Banyak dari mereka tak tahu bagaimana harus memulai, dan banyak juga dari mereka yang tidak bersedia atau tidak mampu untuk menginvestasikan modal awal dalam menjalankan bisnis internet. Ada banyak sekali suara yang meneriakkan tentang menjalankan bisnis internet tanpa modal, padahal kenyataannya menjalankan bisnis tanpa mengeluarkan modal sama sekali itu tidak mungkin, karena paling tidak harus ada modal keberanian, kesungguhan, dan hal-hal selain uang lainnya. Tapi, memulai bisnis internet dengan modal kecil sangat bisa dijalankan, dan modal itu tidak harus berupa uang.

Bagaimana caranya?

Ini sebenarnya sama seperti yang telah saya bahas dalam artikel sebelumnya tentang tahap investigasi dalam memulai bisnis. Hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah mendaftar semua minat, kemampuan, dan ketrampilan Anda. Apa yang Anda miliki? Mungkin ketrampilan Anda bisa berupa kemampuan yang digunakan sehari-hari, seperti dalam bidang bahasa, dalam pekerjaan, atau dalam bidang hobi , seperti misalnya bermain game, atau bahkan surfing internet.

Menentukan minat, ketrampilan, dan pengetahuan yang Anda miliki sangatlah penting, terutama yang dibutuhkan orang lain. Misalnya, Anda bisa dan menyukai memancing, dan Anda selalu melakukan aktivitas tersebut secara rutin. Karena itu, Anda bisa memulai bisnis internet berdasarkan kemampuan Anda tersebut: menulis instruksi tentang memancing, mengajar orang bagaimana melakukannya, dan lain-lain. Apa yang bagus dari hal ini adalah, Anda tak perlu mencari pengetahuan di tempat lain, karena Anda sudah memilikinya.

Jadi, pilihan pertama jika Anda belum memiliki banyak modal untuk memulai bisnis internet, adalah dengan mencari modal dengan pengetahuan yang telah Anda miliki. Ingat kata Robert Kiyosaki, bahwa “knowledge is the new money”. Jadi, Anda tak perlu memulai dengan uang.

Selain dari pengetahuan sendiri, mungkin Anda bisa bekerja sama atau istilahnya joint venture dengan orang lain. Kalau misalnya Anda bisa membuat website, dan teman Anda bisa membuat produk informasi namun tidak bisa membuat website, Anda bisa bekerja sama. Teman Anda yang membuat produk informasi, Anda yang mendesain situs.

Kalau sudah mengetahui apa yang Anda bisa lakukan, segeralah mulai bisnis Anda. Tak peduli betapa sedikitnya pengetahuan dan pengalaman Anda, yang penting Anda perlu memulai bisnis Anda segera, dan belajar seiring perjalanan Anda.

Saya dahulu juga begitu. Dahulu, saya benar-benar buta tentang dunia marketing dan bisnis internet. Namun, karena saya sangat tertarik dan menyukai bisnis internet, maka saya segera membuat situs pertama saya, walaupun hostingnya di tempat gratisan dan bentuknya sangat berantakan. Seiring berjalannya waktu, saya terus belajar mengenai bisnis, marketing, dan dunia internet, sehingga sedikit demi sedikit saya bisa memiliki situs dengan domain sendiri, dan juga memiliki produk informasi sendiri di targetpositif.com.

Dengan segera bertindak seperti ini, mungkin kita tak akan bisa segera mendapatkan apa yang kita cita-citakan, namun saya yakin pasti suatu hari nanti impian kita bisa terwujud

(Jika Anda ingin segera memiliki bisnis internet sendiri, namun belum memiliki produk, saya merekomendasikan www.JuraganBisnis.com. Anda bisa mengambil keuntungan 100% dari tiap penjualan produk, tanpa perlu bagi hasil. Sistem di JuraganBisnis.com telah direkomendasikan oleh pengusaha sukses, seperti Jaya Setiabudi, salah satu mentor Entrepreneur University)






3 komentar: on "Bagaimana Memulai Bisnis Internet"

  • Blogodolar mengatakan...

    Setuju dengan ulasan Anda Mbak. Intinya tampaknya hampir sama dengan analisis SWOT yaitu menganalisis kekuatan, kelemahan, peluang, dan ancaman bisnis internet kita.

  • Elsa mengatakan..

    Ya, saya juga udah baca artikelnya Kang Yudiono tentang SWOT. Tapi saya baca bukunya Hermawan Kartajaya, katanya sekarang bukan SWOT lagi, tapi TOWS...

  • Klasemen MotoGP mengatakan...

    Selain setuju modal utama bisnis online tentu keuangan yang kuat... bergerak dibidang apapun jika keuangan pas pasan laju bisnis akan terhambat

Posting Komentar


Ingin menambahkan sesuatu dari posting di atas? Ingin berdiskusi?

Semuanya dipersilakan, namun mohon maaf karena komentar dengan bahasa yang kurang layak ataupun spam tidak akan saya munculkan.

Mohon pengertiannya :-)