12 Maret 2010

Awas Efek Nocebo

Anda pasti pernah Awas Efek Nocebomendengar efek Placebo, bukan?

Ketika seseorang meminum obat lalu sembuh, padahal setelah itu ia diberitahu bahwa apa yang diminum sebenarnya bukan obat tetapi air gula, itulah efek Placebo. Sugestinya memberi tahu bahwa air gula itu obat, dan ia bisa sembuh.

Nah, untuk kebalikannya, yaitu efek Placebo yang negatif, namanya efek Nocebo.

Istilah-istilah tersebut memang dipergunakan dalam bidang medis, namun saya pikir sebenarnya efeknya sama dengan non-medis.

Misalnya saja, saya pernah membaca di buku The Disney Way dari Bill Capodagli tentang kisah seorang pria yang terkunci dalam sebuah kereta berpendingin.

Seorang pekerja kereta api masuk ke dalam gerbong berpendingin, tapi sayangnya ia terkunci dan tidak bisa keluar. Ia terjebak di dalam, dan ia sangat ketakutan akan mati kedinginan. Waktu pun berlalu, dan sang pekerja tidak juga melapor pada rekannya. Ketika rekan-rekannya datang untuk memeriksa gerbong tersebut, ternyata memang benar, akhirnya pria tadi ditemukan tewas di dalam gerbong pendingin.

Sebelum tewas, sang pekerja tadi sempat menulis tulisan di dinding gerbong, bahwa tak ada yang mendengar teriakan minta tolongnya, padahal tangan serta kakinya terasa makin dingin. Ia takut bahwa ia tak akan bisa bertahan hidup lebih lama lagi.

Tapi tahukah Anda, ternyata pendingin dalam truk waktu itu sedang tidak berfungsi? Selain itu, ada banyak juga lubang udara baginya untuk bernafas.

Pria tadi benar-benar tertipu oleh pikirannya sendiri.

Berhati-hatilah akan pikiran Anda. Selalu “beri makan” pikiran Anda dengan hal-hal positif.



Gambar: dailygalaxy.com






0 komentar: on "Awas Efek Nocebo"

Poskan Komentar


Ingin menambahkan sesuatu dari posting di atas? Ingin berdiskusi?

Semuanya dipersilakan, namun mohon maaf karena komentar dengan bahasa yang kurang layak ataupun spam tidak akan saya munculkan.

Mohon pengertiannya :-)