21 Mei 2010

Seni Memecahkan Masalah dari Pandangan Anak Kecil

Seni Memecahkan Masalah dari Pandangan Anak KecilBagaimana cara Anda memecahkan masalah?

Berbeda dengan Anda dan saya, anak-anak memiliki cara berbeda untuk memecahkan masalah. Ini karena anak- anak memiliki kemampuan memecahkan masalah yang lebih sedikit, dan mereka juga memiliki pengalaman yang berhubungan dengan masalah dan pemecahan masalah yang jauh lebih sedikit.

Meskipun demikian, cara mereka memecahkan masalah bisa memberi Anda pelajaran.

Mengapa?

Karena anak-anak memecahkan masalah dengan pikiran terbuka.

Mungkin ini tak biasa Anda lakukan. Mungkin Anda menghadapi sebuah masalah, dan Anda sudah melihat bagaimana akhir dari masalah ini. Anda mungkin menghadapinya dengan sikap negatif, dan melihat masalah tersebut sebagai suatu gangguan.

Di sisi lain, seorang anak akan melihat masalah sebagai suatu tantangan. Mereka melihatnya sebagai suatu misteri, dan mereka sangat bersemangat untuk bisa memecahkannya.

Sementara Anda, jika masalah Anda tidak segera terpecahkan, maka Anda cenderung akan merasa frustasi. Sementara, seorang anak akan merasa lebih bersemangat. Anak-anak akan mencari cara baru sampai masalah terpecahkan.

Seorang anak memecahkan masalah dengan rasa ingin tahu, rasa heran, dan kegigihan.

Sementara, orang dewasa cenderung ingin agar masalah bisa terpecahkan sendiri, karena mereka tak ingin meluangkan waktu untuk memecahkannya sendiri dengan benar.

Perbedaan bagaimana orang dewasa dan anak-anak memecahkan masalah menunjukkan bahwa orang dewasa cenderung menyia-nyiakan seni memecahkan masalah.

Orang dewasa lebih khawatir akan berapa lama suatu masalah akan terpecahkan daripada merasa bahagia karena bisa memecahkan suatu masalah.

Jika Anda bisa meniru bagaimana anak-anak memecahkan masalah, Anda akan bisa merasakan bahwa memecahkan masalah akan menjadi lebih mudah, dan Anda juga akan tahu bahwa proses memecahkan masalah bisa Anda nikmati.



Gambar: geekalerts.com






1 komentar: on "Seni Memecahkan Masalah dari Pandangan Anak Kecil"

Posting Komentar


Ingin menambahkan sesuatu dari posting di atas? Ingin berdiskusi?

Semuanya dipersilakan, namun mohon maaf karena komentar dengan bahasa yang kurang layak ataupun spam tidak akan saya munculkan.

Mohon pengertiannya :-)