31 Desember 2010

Menciptakan Akhir yang Baru

Menciptakan Akhir yang Baru
Dahulu dosen saya pernah berkata kira-kira seperti ini, “Saya tidak mau belajar dari kesalahan. Saya mau belajar dari kesuksesan.”

Saya pikir benar juga, karena “success breeds success”. Kesuksesan melahirkan kesuksesan.

Jika Anda pernah mendengar sebuah kutipan berbunyi “from failure we learn, from success not so much” itu sebenarnya kurang tepat. Intinya apakah kita cenderung belajar lebih banyak dari kegagalan, atau kesuksesan?

Saya tidak mengatakan bahwa kita tidak bisa belajar dari kesalahan, tapi menurut sebuah penelitian belajar dari kesuksesan justru cenderung lebih positif.

Penelitian yang mengungkap hal ini dilakukan oleh seorang neuroscientist / ahli syaraf otak dari Massachusetts Institute of Technology bernama Earl Miller.

Sebenarnya penelitian ini dilakukan pada monyet (tentu karena yang diteliti neuronnya, bukan berarti kita sama dengan monyet) dan berlaku jika kesuksesan yang dialami diberi imbalan atau reward. Dengan adanya imbalan atau hal positif yang terasosiasi dengan kesuksesan tersebut, maka proses dalam neuron otak akan meningkat.

Tapi ini tentu bukan berarti bahwa kita tidak bisa belajar dari kesalahan atau kegagalan.

Sebenarnya penelitian tersebut menunjukkan kondisi di mana kesuksesan diberi imbalan, sementara kegagalan tidak menimbulkan dampak negatif.

Jika misalnya kegagalan atau kesalahan yang Anda alami memberi konsekuensi buruk pada Anda seperti kehilangan uang, Miller mengatakan bahwa situasi ini mungkin justru bisa memberi umpan positif. Jadi, intinya kesalahan bisa menjadi bahan evaluasi bagi kita.

Itulah mengapa dalam e-book targetpositif.com disampaikan bahwa kita perlu memberi imbalan pada diri sendiri atas keberhasilan, sekecil apapun keberhasilan itu dan sekecil apapun imbalan itu.

Terkait dengan hal ini baik dalam melangkah menuju hari baru, bulan baru, atau tahun baru, saya pikir ada satu kutipan terkenal yang ingin saya bagi:


“No one can go back and start a brand new start, anyone can start now and make a brand new ending.” - Carl Bard

Kita tidak bisa kembali ke masa lalu dan membuat awal yang baru, tapi kita bisa memulai sekarang dan menciptakan sebuah ending atau akhir yang baru.

Diri Anda sekarang juga bukanlah diri Anda selama ini.

Kita selalu bisa melakukan hal-hal baru di saat sekarang dan meninggalkan hal-hal di masa lalu yang tidak bisa kita ubah, yang sudah tidak ada gunanya bagaikan “menggergaji serbuk gergaji”.

Ini seperti satu bagian dari lirik lagu Taylor Swift berjudul Innocent (yang katanya ditujukan pada Kanye West yang telah meminta maaf karena sempat menyela dirinya ketika menerima penghargaan VMA) yang sangat saya suka:

“Who you are is not where you’ve been.”

Keadaan Anda saat ini tidaklah sama dengan keadaan Anda selama ini.

Selamat tahun baru 2011 :-)






5 komentar: on "Menciptakan Akhir yang Baru"

  • Andri Wiyasa mengatakan...

    Luar biasa... Thx atas sharingnya...

    Kayaknya harus masuk ke dalam daftar blog wajib baca nich...

    Klo saya bertekad, di Tahun 2011 ini mau mencoba fokus menjalankan bisnis ABE yg mendapat rekomendasi dari Dr. Boyke..., Mega-Sukses.com

    Semoga saja menjadi awal saya menuai kesuksesan...

    Aamiin...

    Thx juga atas ebooknya, sdh sy download...

    Salam YAKIN SUKSES !!!

    Mbah Kuncen - Andri Wiyasa

  • Mbah Kuncen mengatakan...

    Sudah saya add link nya ke daftar link instan saya dg judul Blog Referensi Motivasi

  • Berpikir Positif mengatakan...

    Sangat memberi Pencerahan Bu , saya akan berusaha untuk terus berusaha bekerja keras, thanks jug untuk ebooknya

  • cemerlang mengatakan...

    Tidak ada kegagalan sebenarnya..ia cuma ilusi, dalam hidup ini semuanya sukses.. an event is never a failure.. whether it is a gift or a lesson which propels you to a better future!

  • Anonim mengatakan...

    lama saya tidak baca masukan dy.. Elsa... em kayakx saya perlu banyak belajar setelah baca sarannya wooow
    mang bener-bener luas pandangannya thankx y////// tlg bantu saya bwt mnciptakan hidup yang baru?
    trimmm ^^

Poskan Komentar


Ingin menambahkan sesuatu dari posting di atas? Ingin berdiskusi?

Semuanya dipersilakan, namun mohon maaf karena komentar dengan bahasa yang kurang layak ataupun spam tidak akan saya munculkan.

Mohon pengertiannya :-)