07 Februari 2011

Waktu, Kecepatan, dan Keuangan Anda


Sebelumnya mungkin Anda pernah membaca artikel berhubungan tentang waktu di blog ini.

Manusia kebanyakan, termasuk saya, biasanya sulit untuk bisa menghargai dan memanfaatkan waktu yang kita miliki di dunia ini, baik secara sadar maupun tidak sadar.

Di dalam kitab suci Al-Qur’an kita pun sudah diingatkan tentang hal tersebut dalam surat The Declining Day, yang bahasa Arabnya Al-Ashr atau terjemahannya Masa / Waktu.

Berkaitan dengan waktu, lalu apa hubungan antara waktu, kecepatan, dan uang?

Dalam Business Sessions dari TDW Mastery yang baru saya download beberapa hari lalu, Tung Desem Waringin mencontohkan Robert Kiyosaki yang bertanya pada para audience seminarnya yaitu nasabah sebuah bank di Jepang - pilih mana, uang $100,000 atau $10,000?

Jawabannya apa?

Jika dibanding punya uang $100,000 tapi didapat dari simpanan di bank yang butuh waktu 50 tahun karena bunga kecil dan inflasi, ya lebih baik punya $10,000 tapi dihasilkannya per menit.

Jadi bukan berapa banyak, tapi berapa cepat.

Prinsip ini juga sebenarnya sama dengan apa yang dikatakan oleh Joe Vitale:

“Money likes speed. That's the secret few know about money.”


Uang menyukai kecepatan. Itulah rahasia tentang uang yang hanya diketahui sedikit orang.

Namun di sini Joe lebih menekankan pada penerapan action atau tindakan setelah sebuah ide muncul. Misalnya, dikisahkan dalam buku Ready, Fire, Aim oleh Michael Masterson bahwa Joe punya ide untuk mendapatkan uang dengan memanfaatkan nama tenar Elvis Presley yang legendaris dan punya banyak penggemar.

Ia pun segera bertindak dan meminta Nerissa, rekan wanitanya, untuk membuat gambar ikan duyung Elvis dengan photoshop dan menjualnya dalam bentuk foto di eBay.

Setelah foto tersebut terjual pada sebuah stasiun radio dan ia mendapat publisitas gratis (karena ia mencantumkan situsnya yang lain di eBay dan ia diundang di acara radio tersebut), Joe mengatakan bahwa kemudian ia baru tahu kalau sebenarnya ia tak boleh menggunakan nama orang terkenal seperti Elvis untuk keperluan komersial.

Tapi seandainya ia menunda dan tidak memanfaatkan waktu dengan bertindak cepat, maka ia akan tahu hal ini dan tak akan ada publisitas untuknya.

Gambar: dreamstime






1 komentar: on "Waktu, Kecepatan, dan Keuangan Anda"

  • Kaspri mengatakan...

    Ada software keuangan untuk pribadi (under window). Bisa mencatat Buku kas, buku bank, Anggaran, Kartu kredit, hutang/piutang dan dilengkapi dengan tools2 ilmu hitung keuangan. termasuk fasilitas backup file dari klikbca.com

    dan hebatnya, software ini gratis sebagai freeuser.

    untuk info & download : http://kaspri.blogspot.com

Poskan Komentar


Ingin menambahkan sesuatu dari posting di atas? Ingin berdiskusi?

Semuanya dipersilakan, namun mohon maaf karena komentar dengan bahasa yang kurang layak ataupun spam tidak akan saya munculkan.

Mohon pengertiannya :-)