10 April 2011

Melatih Pikiran Bawah Sadar



Di salah satu posting blog dari Joe Vitale (salah satu narasumber di The Secret), ia mengatakan bahwa jika kita memiliki suatu goal untuk melakukan sesuatu, tapi ternyata kemudian kita melanggarnya sendiri, tebak apa yang terjadi.

Apa yang terjadi sebenarnya adalah kita melatih pikiran bawah sadar untuk tidak mempercayai diri kita sendiri. Saya sangat setuju dengan ungkapan tersebut.

Seperti yang Anda tahu, apa yang sangat berpengaruh sebenarnya bukan pikiran sadar, melainkan pikiran bawah sadar.

Kalau kita mengatakan hal kecil saja seperti “saya akan membersihkan kaca rumah besok pagi”, dan kita benar-benar melakukannya, maka kita sebenarnya melatih pikiran bawah sadar untuk mempercayai diri kita sendiri. Akibatnya, jika kita memiliki goal atau sasaran yang lebih besar di hari kemudian, maka pikiran bawah sadar kita akan lebih mudah untuk percaya karena kita sudah melatihnya dari hal-hal kecil.

Satu kasus lain yang menurut saya hampir sama adalah ketika kita menyalahkan orang lain tentang kegagalan atau ketidakberhasilan diri kita sendiri. Baik menyalahkan pemerintah, atau siapapun, atas kegagalan yang diri kita alami atau kondisi yang begitu-begitu saja / tidak ada kemajuan, menurut saya ini sama saja dengan melatih pikiran bawah sadar kita sendiri untuk selalu menghindar dari tanggung jawab.


“If you blame others for your failures, do you credit them with your success?” - Anonymous

Entah siapa yang mengajukan, tapi pertanyaan bijak di atas sepertinya sangat cocok.

Contohnya, orang sering menyalahkan pemerintah atas kegagalan diri mereka sendiri atau kondisi yang tak kunjung berubah. Tapi jika mereka mendapatkan keberhasilan atau kesuksesan, apakah mereka mengatakan bahwa ini berkat pemerintah?


Kemungkinan tidak.






17 komentar: on "Melatih Pikiran Bawah Sadar"

  • Edward Rhidwan mengatakan...

    Brian Tracy bilang kalo musuh utama kesuksesan adalah emosi negatif. Dan pemicu emosi negatif ini adalah tidak adanya tanggung jawab terhadap diri sendiri..

    Nice Posting mbak Elsa...Inspiring.
    Salam Sukses!

  • Elsa mengatakan..

    Hi Edward,

    Makasih tambahannya :-)

  • All The Most Beautiful mengatakan...

    Makasih ilmunya :)

  • Restianrick mengatakan...

    Terima kasih ... web ini berisi info yang bermanfaat... saya akan mengunjungi kembali alamat web ini, tentu berharap akan menemukan info2 terbaru lainnya dari pengelola web ini.

    Salam Sukses
    Restianrick
    http://www.moneykita3m.cjb.net

  • Guru TIK Jomblo mengatakan...

    kalau menyimak penjelasan paragraf 4 dari tulisan mbak Elsa, berarti yang menyebabkan kita tidak percaya diri itu, karena kita sering membohongi dan membatalkan janji pada diri sendiri ya, mbak. Makanya sering gak PD.
    Bagus sekali artikelnya mbak, salam kenal dari guru TIK Jomblo. :)

  • Elsa mengatakan..

    @Guru TIK Jomblo

    Lebih tepatnya bukan tidak percaya diri, tapi pikiran bawah sadar kita-lah yang tidak "percaya" pada apa yang kita katakan. Kira-kira pikiran bawah sadar mengatakan, "Kemarin saja tidak ditepati, apalagi sekarang...jadi buat apa saya percaya pada kamu sekarang..."

    Begitu kira-kira :-)

  • almuma mengatakan...

    Seandainya kita bisa mempengaruhi pikiran bawah sadar kita? keuntungannya seperti apa ya mbak?

  • Elsa mengatakan..

    @almuma,

    Ya itu contohnya di artikel di atas. Kalau kita bisa mempengaruhi pikiran bawah sadar, keuntungan lainnya misalnya saja meningkatkan rasa percaya diri, atau meninggalkan kebiasaan buruk seperti berhenti merokok, termasuk juga memunculkan ide-ide kreatif yang bisa diterapkan baik untuk pribadi maupun bisnis.

  • patrisiahayuningsih mengatakan...

    Hello mbak Elsa, salam kenal. Informasinya menarik and I like it. Untuk menjadi pribadi yang unggul dan positif, kita harus selalu berpikir positif, bertindak positif dan hidup secara positif. Jgn pernah biarkan pikiran2 negatif menguasai pikiran bawah sadar kita karena akan sangt merugikan diri kita. Mampir mbak ke blogku. trims

  • ficky mengatakan...

    mantapppppppppp

  • egsan mengatakan...

    Semua sudah ada di user manual Manusia yg bernama Agama.
    Namun sering tertulis dlm bahasa filosofis & puistis dan terpisahkan oleh waktu & peradaban yg berbeda.
    Segalanya Tentang Iman->Kehendak

  • Thoriq Aziz mengatakan...

    Inspiratif..

  • Adamssein Media mengatakan...

    Sumbernya Mbak, dicantumkan biar lebih makyus hehe

  • andy mengatakan...

    sip..

  • Markas Berita mengatakan...

    Luar Biasa...!!!

    Inspiratif...!!!

    Menyegarkan...!!!

    Mari bertukar LINK bila tidak keberatan.
    saya punya sebuah cerita kecil yang semoga bisa menjadi inspirasi kembali buat anda.
    http://www.markasberita.com/2012/04/kotoran-kambing-bisa-bikin-kaya.html

    Kunjungi kami kembali di: www.markasberita.com

    Terima Kasih ELSA.

    Keep ROCKIN'!!

  • Sabre Jamarinabdulah mengatakan...

    Mendulang keberhsilan dgn Anilisis bawahsadar bukanlah sesuatu yg tdk berdasar, walau menggunakan sarana pendukung apapun. Temasuk Pendulun misalnya ... Gerak ... gerik ... rasa ... juga persaan adlh sesuatu yg tdk terlihat dgn mata telanjang ... Akan tetapi ada sebuah karunia KEKUSAAN Melalui indra hayati setiap Insan . ILMIAH TEORITIS Adlh adanya SADAR dan BAWAH SADAR ... dsb . Keilmuan tsb buka barang baru ... di era kekinian perkembanganya tdk akan pernah pupus , justu semakin berkembang seirama dgn kemajuan tehnologi . Dari berbagai pengalaman ... pendaya gunaan METHODA tsb 90 % berhasil guna ..
    TETAPI JANGAN LUPA .... : Insan .... Bukanlah seorang KHALIQ ..... dan Jauhi KEBOHONGAN DALAM DIRI ....Tak kalah PENTING Berada dlm KEIKHLASAN YG DI REDHOI .... dan BERPASRAH DIRI KEPADA PEMILIKNYA ... Akidah apapun yg Di anut .... Salam. Wass (sabre) .

  • Sabre Jamarinabdulah mengatakan...

    Persyaratan Tak TERTULIS sbg salah satu mencapai keberhasilan pendaya gunaan methoda tsb adalah ...MENJAUHKANDIRI DARI KEBOHONGAN . wass.

Poskan Komentar


Ingin menambahkan sesuatu dari posting di atas? Ingin berdiskusi?

Semuanya dipersilakan, namun mohon maaf karena komentar dengan bahasa yang kurang layak ataupun spam tidak akan saya munculkan.

Mohon pengertiannya :-)