14 Oktober 2012

Get Rich by Giving (and Receiving) - Penggalangan Dana Online dengan Marimembantu.org

Gambar dari laures73 - Flickr
Sudah pernah membaca artikel saya sebelumnya, “siapa bilang memberi lebih baik dari menerima”?

 Semua agama, baik itu Islam, Kristen, Katolik, Hindu, Budha, atau yang lain pasti mendorong umatnya untuk lebih banyak memberi pada sesama yang membutuhkan.

Tapi, waktu itu saya menulis bahwa memberi dan menerima itu sebenarnya sama-sama baik. Dalam arti, banyak orang yang tidak merasa pantas untuk menerima (baik itu materi, pujian, ilmu, dan bantuan lain), padahal mereka sangat pantas. Bahkan banyak pula orang yang istilahnya “menolak rezeki”.

Contohnya, saya pernah membaca sebuah buku dari Joe Vitale (Spiritual Marketing), yang intinya mengisahkan bahwa Marian, partner wanitanya, pernah mengirim hadiah uang dalam bentuk cek kepada Leo Buscaglia (penulis, pembicara motivasi yang wafat tahun 1998) karena ia sangat menyukai buku-bukunya. Tapi apa yang terjadi?

Leo justru mengembalikan cek tersebut dan menulis dalam sebuah surat bahwa ia sudah punya banyak uang, sehingga lebih baik uang tersebut diberikan kepada orang yang lebih membutuhkan.

Tentu saja ini membuat sakit hati Marian.

Padahal sebenarnya Leo bisa saja menerima uang itu, walaupun ia sudah kaya raya dan baginya uang pemberian itu kecil, lalu ia sendiri yang memberikannya pada orang yang lebih membutuhkan.

Entah karena kebetulan atau tidak, Joe mendengar bahwa beberapa waktu kemudian rumah Leo dibobol pencuri, sedikitnya dua kali.

Hmmm…..mungkin karena ia kurang bersyukur ya…

Jadi sebenarnya memberi dan menerima itu adalah bagian dari “flow” kehidupan. Baik yang memberi atau menerima dengan niat yang baik pasti ada balasannya.

Omong-omong soal memberi dan menerima, pernah mendengar situs MariMembantu.Org dari Lembaga Zakat Dompet Dhuafa?

Mari Membantu

 Memang situs fundraising ini masih terbilang baru, dan belum semapan situs-situs sejenis di luar negeri.

Nah, bagi Anda yang punya kelebihan rezeki dan ingin menyalurkannya pada mereka yang membutuhkan, situs ini bisa menjadi pilihan. Konsep dari situs ini sebenarnya hampir sama dengan situs dari negeri Paman Sam, namanya Go Fund Me.

Jadi, orang-orang yang butuh bantuan dana untuk apapun bisa mendaftar dan mem-posting apa yang mereka butuhkan, dan nantinya member lain lah yang akan memberi sumbangan sampai terwujud. Tidak perlu segan untuk meminta dan menerima bantuan, karena uang itu memang harus berputar, ada yang memberi dan ada yang menerima.

Go Fund Me
Di Go Fund Me, semua orang bisa mengajukan permohonan secara online, dan tujuannya bisa bermacam-macam – ada yang butuh biaya rumah sakit karena saudara mereka kecelakaan, butuh dana untuk menjalankan bisnis, pendidikan, hingga menyelamatkan orang utan.

Sementara untuk situs milik Indonesia yaitu Mari Membantu sendiri masih belum banyak permohonan bantuan, karena memang masih dalam tahap awal. Jadi diharapkan dengan semakin banyak orang yang tahu tentang situs ini, semakin banyak pula orang-orang yang bisa membantu dan mewujudkan mimpi sesama J

Di era Internet seperti ini, cara berdonasinya sendiri sangat mudah kok.

Jika Anda ingin menjadi donatur, maka Anda tinggal mendaftar ke marimembantu.org, kemudian pilih permohonan mana yang ingin Anda bantu – pilih yang Anda percaya. Kemudian, pembayaran dana bisa dikirim melalui iPaymu.

Kalau Anda belum menjadi anggota iPaymu, mudah saja kok. Tinggal pilih menu “pembayaran lain (non-member iPaymu)”. Karena rekening tujuan hanya ada bank CIMB Niaga, Anda bisa mentransfer donasi dari rekening bersama dengan nomor kode bank 022 (meski kena biaya sedikit, nggak apa-apa dong). Saya sendiri sudah mencoba, dan memang benar-benar mudah sedekah secara online dengan Marimembantu.org

Sebelumnya saya juga sudah mencoba situs sejenis, namanya “Wujudkan” di mana permohonan yang ada lebih kepada proyek kreatif (film, music, teknologi, dll) dan memang berpartisipasi membantu Indonesia menjadi lebih mudah dengan cara ini.

Jadi bagi Anda yang ingin menyalurkan dana, jangan ragu salurkan dana Anda. Juga bagi Anda yang ingin mewujudkan mimpi tapi kekurangan dana, jangan ragu untuk menerima. Coba kunjungi www.marimembantu.org.

 Jangan khawatir, situs tersebut dikelola oleh Dompet Dhuafa yang sudah terpercaya :-)



“In charity there is no excess.” (Dalam sedekah itu tak ada yang namanya kebanyakan)
  Sir Francis Bacon

 “…I shall accept the gift even if it were an arm or a trotter of a sheep." (…Andai aku diberi hadiah berupa hasta kambing atau kaki kambing niscaya akan kuterima)
Muhammad S.A.W






10 komentar: on "Get Rich by Giving (and Receiving) - Penggalangan Dana Online dengan Marimembantu.org"

  • Pondrafi mengatakan...

    terima kasih Elsa atas informasinya..
    langsung meluncur ke posisi.. :)

    ngomong2 suka dengan blog mu Elsa. meski jarang posting, tp sekali posting isinya sangat2 bermutu..
    tingkatkan kawan. :D

  • Elsa mengatakan..

    Makasih atas komentarnya Pondra :-)

    Aku emang nggak serajin blogger2 lainnya...hahahah

  • Fian Destra mengatakan...

    amazing... salam kenal sob..

  • Elsa mengatakan..

    @Fian Destra

    Makasih yaaa komen-nya. Salam kenal juga sob ;-)

  • maskur mengatakan...

    Seperti MMM Indonesia ya prinsipnya, bedanya di MMM Ada diberi profit 30%... Bila tertarik bergabung kirim ke email putra_pandawa19@yahoo.co.ïd

  • Elsa Sakina mengatakan...

    @Maskur

    MariMembantu.Org jelas beda dengan MMM karena sifatnya non-profit. MariMembantu prinsipnya adalah "crowd funding" dan Imbalan hanya berasal dari Tuhan :-)

    Tapi ada juga yang menawarkan "reward" atas bantuan seperti di KickStarter atau Wujudkan juga bisa, tapi itu pilihan.

  • Delia Sahla mengatakan...

    salam kenal juga.
    maaf srbelumnya, kalo minta di bantu gimana caranya?
    jujur saya sedang mengalami kesusahan dan susah benar adanya akibat bangkrutnya usaha saya.
    bahkan saat ini untuk makan pun kami menunggu teman atau sahabat yang mengirim kami.
    mohon infonya dan berikut no rek sayabank mandiri 900-00-0325796-2.a.n yanita p
    saya hatur terimakasih dan doa semoga Allah membalas kebaikan hati sahabatku.

  • Elsa Sakina mengatakan...

    @Delia Sahla

    Turut bersimpati atas cobaannya :-(

    Tapi sayang Marimembantu.org sepertinya tidak ada perkembangan. Sebenarnya kita bisa mengirim proposal kalau ingin mendapat bantuan dana.

    Kalau di luar negeri situs crowdfunding seperti ini bisa berjalan dengan baik, misalnya GoFundMe seperti yang disebutkan dalam artikel.

  • Elsa Sakina mengatakan...

    @Delia Sahla

    Turut bersimpati atas cobaannya :-(

    Tapi sayang Marimembantu.org sepertinya tidak ada perkembangan. Sebenarnya kita bisa mengirim proposal kalau ingin mendapat bantuan dana.

    Kalau di luar negeri situs crowdfunding seperti ini bisa berjalan dengan baik, misalnya GoFundMe seperti yang disebutkan dalam artikel.

  • Indra Maulana Akbar mengatakan...

    Blog ini masih aktifaktif?

Posting Komentar


Ingin menambahkan sesuatu dari posting di atas? Ingin berdiskusi?

Semuanya dipersilakan, namun mohon maaf karena komentar dengan bahasa yang kurang layak ataupun spam tidak akan saya munculkan.

Mohon pengertiannya :-)