23 Januari 2013

Kaya dengan Kecerdasan Finansial (Financial IQ) - Bagaimana Caranya?

Forex Money for Exchange in Currency Bank
Ilustrasi


Sekarang ini banyak orang mulai sadar kalau kesuksesan bukanlah ditentukan dari IQ saja.

Ada berbagai macam kecerdasan yang sebenarnya diperlukan selain kecerdasan yang biasa diukur di sekolah, misalnya seperti SQ (Spiritual Quotient), EQ(Emotional Quotient), dan termasuk juga kecerdasan finansial atau Financial IQ.

Dalam bukunya, Rich Dad’s Guide To Increase Your Financial IQ, Robert Kiyosaki berargumen bahwa ada 5 kecerdasan (kecerdasan finansial) yang diperlukan agar seseorang bisa sukses secara keuangan:

1. Tahu Bagaimana Mendapatkan Uang


Robert mengatakan bahwa ini tidak berarti bahwa kita harus belajar bagaimana menjadi seorang pengusaha, atau bagaimana cara menjual.

Lho, kok bisa? Bukannya banyak orang mengatakan bahwa Robert Kiyosaki merekomendasikan MLM dan bisnis Real Estate?

Ya, memang benar. Pebisnis MLM memang sering mengatakan pada calon downline mereka bahwa Robert merekomendasikan MLM untuk lebih meyakinkan mereka.

Increase Your Financial IQ
Tetapi, jika kita benar-benar membaca buku-bukunya, sebenarnya Robert mengatakan bahwa kita harus tahu apa passion atau istilahnya “lentera hati” Anda. Robert menulis dalam bukunya bahwa kita tidak harus menjadi seperti dirinya untuk bisa sukses secara finansial.

Jadi, kita tidak harus menjadi seorang investor, pengusaha Real Estate, atau pebisnis MLM untuk bisa sukses. Semua tergantung dari passion kita, sehingga kita perlu menentukan kira-kira cara apa yang paling baik bagi kita untuk bisa mendapatkan uang.

Satu hal lagi yang diungkap Robert adalah, dalam mencari uang, akan selalu timbul masalah. Masalah tidak akan pernah hilang. Karena itu, ia menyarankan agar kita terus memecahkan masalah-masalah yang timbul, karena setiap kali kita berhasil memecahkan sebuah masalah, maka proses tersebut akan membuat kita menjadi semakin kaya.

2. Tahu Bagaimana Melindungi atau Menjaga Uang


Tentu saja menjaga harta yang sudah kita miliki saat ini juga penting.

Robert mengatakan bahwa melindungi kekayaan bisa dilakukan di antaranya adalah dengan menghindari penasihat keuangan yang buruk dan juga menjadi pelanggan untuk berbagai bisnis atau produk yang bisa membuat Anda semakin kaya. Menurut Robert, ini termasuk berlangganan majalah bisnis (atau lainnya yang bisa membuat Anda semakin kaya) dan mengikuti seminar.

3. Tahu Bagaimana Membuat Budget


Agar bisa sukses finansial, Robert mengatakan bahwa kita harus memiliki surplus budget.

Caranya adalah dengan membuat sebuah surplus atau kelebihan sebagai pengeluaran. Artinya, kita harus memprioritaskan untuk membayar diri kita sendiri (menabung, investasi, sedekah, dll), bukannya membayar orang lain dahulu (tagihan, dll). Berikut adalah beberapa pengeluaran yang bisa membuat kita kaya:

  • Donasi kepada lembaga amal
  • Tabungan
  • Membeli buku tentang investasi, motivasi, pengembangan diri, dll
  • Membeli tiket seminar
  • dan lainnya

4. Tahu Bagaimana Menggunakan Daya Ungkit (Leverage)


Artinya adalah bahwa kita harus tahu bagaimana caranya mendapatkan uang lebih banyak dengan usaha yang lebih sedikit.

Untuk bisa melakukannya, diperlukan daya ungkit, termasuk hutang baik (OPM – other people’s money) dan juga berbagai kecerdasan finansial lain yang kita bahas disini (mendapatkan lebih banyak uang, menjaga harta, membuat budget, dan yang akan kita bahas, informasi keuangan).


5. Tahu Bagaimana Meningkatkan Informasi Finansial


Robert selalu mengatakan bahwa kita tidak perlu punya uang untuk bisa mendapatkan uang. Dalam salah satu bukunya, seingat saya Conspiracy of the Rich, ia mengungkap bahwa “knowledge is the new money”. Sekarang ini, pengetahuan adalah uang.

Apa yang kita perlukan sebenarnya adalah informasi yang tepat. Ini juga termasuk mengetahui berbagai tren seperti misalnya tren harga emas, sehingga kita bisa tahu kapan membeli dan kapan menjual. Atau bagi Anda yang paham tentang saham (tidak seperti saya, yang masih o'on…hehe), Robert mencontohkan bahwa ia bisa melakukan short selling atau jual kosong.

Di era informasi seperti sekarang ini, bahkan banyak pengusaha muda (seperti Mark Zuckerberk dari Facebook) bisa mendapatkan banyak uang dengan sumber daya yang tidak mahal.




By epSos.de [CC-BY-2.0 (http://creativecommons.org/licenses/by/2.0)], via Wikimedia Commons






4 komentar: on "Kaya dengan Kecerdasan Finansial (Financial IQ) - Bagaimana Caranya?"

  • Kakak T3t3p Yang Tambun mengatakan...

    info yang sangat membantu.. saya lagi coba belajar ngeblog.
    mohon support dan masukannya..terima kasih

  • Bank Mandiri Bank Terbaik di Indonesia mengatakan...

    Yang penting juga harus mempunyai niat yang kuat dan jangan lupa berdoa.
    Di tahun 2013 ini kita mesti mempunyai semangat perubahan menjadi lebih baik.
    Thanks artikelnya mba

  • Kelambu Nyamuk mengatakan...

    penting sekali nih kecerdasan finasial, bukan soal kayanya cari mindset untuk bisa memenuhi kebutuhan hidup tanpa harus melawan hati nurani. saya terbantu sekali pola atau konsep robet kiyosaki.

  • Elbuyz Zaman mengatakan...

    sebelumnya saya ucapin terimakasih atas kunjungan sang motivator dan inspirator saya di blog saya, hehe

    Betul sekali mba... kecerdasan iq sekarang ini sangat tidak lengkap bila tidak didukung kecerdasan yang lain. termasuk bila menyangkut uang maka harus memiliki kecerdasan keuangan.

    berbagai informasi baik dan tidak baik mudah didapatkan tentang keuangan membuat kecerdasan kolektif harus dimiliki bila ingin sukses. salah-salah memilih informasi jatuhnya TERTIPU DALAM INVESTASI, dll...

Posting Komentar


Ingin menambahkan sesuatu dari posting di atas? Ingin berdiskusi?

Semuanya dipersilakan, namun mohon maaf karena komentar dengan bahasa yang kurang layak ataupun spam tidak akan saya munculkan.

Mohon pengertiannya :-)