17 April 2013

7 Tips Cara Bangun Pagi


Alarm Bangun Pagi

Apakah Anda termasuk orang yang susah bangun pagi?

Sudah menggunakan alarm / jam weker tetapi masih saja belum bangun?

Tenang, saya punya tipsnya untuk Anda.

Tapi sebelumnya, saya ingin menyampaikan bahwa tips ini pernah saya tulis tahun lalu di blog saya yang lain, dengan menggunakan bahasa Inggris. Jadi jangan tuduh saya plagiat ya...hehehe.

OK, mari kita mulai tips bangun paginya...

Sebelum kita mulai, apakah Anda tahu bahwa bangun pagi sebenarnya bisa memberi banyak keuntungan bagi Anda?

Bukan hanya keuntungan seperti tidak terlambat sekolah atau bekerja, tetapi ada keuntungan lain yang "menggiurkan".

Jika Anda belum tahu, saya ingin berbagi fakta bahwa berbagai penelitian telah membuktikan bahwa bangun pagi akan bisa membuat seseorang menjadi lebih pro-aktif, lebih bisa mengantisipasi masalah dan  meminimalisasinya, juga lebih cenderung memiliki karakter positif seperti optimis, lebih menyenangkan, lebih berhati-hati, dan lain lain.

Bahkan, untuk para anak sekolah atau mahasiswa, mereka yang bangun pagi cenderung memiliki nilai yang lebih bagus daripada yang tidak (meski nilai ujian bukanlah merupakan ukuran kesuksesan sebenarnya).

Bukankah itu bagus?

Nah, sekarang setelah Anda tahu apa manfaat bangun bagi, sekarang mari kita bahas tips cara bangun pagi tepat waktu!

1. Waktu Tidur yang Cukup

Jangan meremehkan kualitas tidur. Kualitas tidur yang buruk bisa memberi konsekuensi negatif bagi kesehatan. Selain kelelahan, kurang fokus, dan juga bad mood, kurang tidur (terutama jika hal ini terjadi setiap hari) juga bisa menyebabkan berbagai penyakit seperti darah tinggi, jantung, dan juga diabetes.

Cari tahu berapa lama waktu tidur yang Anda butuhkan, yang pas buat Anda - apakah itu 6, 7, atau 8 jam, karena tiap orang akan memerlukan waktu tidur yang berbeda. Jika sudah, pastikan itulah berapa lama Anda tidur setiap harinya.

2. Tidur dan Bangun di Waktu yang Sama Setiap Hari


Anda harus membuat ritme atau irama tidur. Setelah itu, maka Anda bisa bangun secara natural tanpa harus menggunakan jam weker. Jadi, cobalah untuk selalu tidur dan bangun di waktu yang sama setiap harinya.

3. Meminimalisasi Gangguan

Anda bisa melakukan ini agar kualitas tidur Anda lebih baik. Anda bisa melakukannya dengan meminimalisasi gangguan suara dengan menutup jendela, atau juga mendapatkan tidur berkualitas dengan memilih kasur yang nyaman.

Anda juga perlu mematikan lampu karena cahaya, meski hanya sedikit, dapat mengganggu hormon tidur, yaitu melatonin.

4. Minum Cukup Air

Segera setelah bangun, langsung minum air putih sehingga tubuh bisa terstimulasi, jadi Anda akan tetap bangun, bukannya tidur lagi. Minum kopi juga bagus.

5. Sarapan Bergizi Sebelumnya

Apa hubungannya sarapan dengan bangun tepat waktu?

Menurut penelitian, orang yang tidak melewatkan makan pagi, dan yang makan makanan bergizi, cenderung akan punya kualitas tidur yang baik. Dengan kualitas tidur yang baik, bangun pagi akan lebih mudah.

6. Baca Do'a (Khusus Muslim)

Bagi Anda yang beragama Islam, tips ini akan bermanfaat, terutama untuk bangun Sholat malam Tahajjud dan dilanjutkan Sholat Subuh:
  • klik untuk memperbesar
    Baca Subhan Allah (33 kali), Alhamdulillah (33 kali) and Allahu Akbar (34 kali) - jika ditotal menjadi 100 kali
  • Baca Surat Al-Ikhlas, Surat Al-Falaq, Surat An-Nas dan Surat Al-Kafirun  
  • Baca Ayat Kursi, untuk melindungi diri dari syaitan, sehingga kita bisa bangun lebih awal. Ini berdasarkan hadits berikut: 
  "Apabila engkau mendatangi tempat tidur (di malam hari), bacalah Ayat Kursi, niscaya Allah akan senantiasa menjagamu dan setan tidak akan mendekatimu hingga waktu pagi (HR. Al-Bukhari)"
  • Membaca do'a sebelum tidur: Bismika Allahumma Ahya Wa Amut
7. Memelihara Kucing (Jam Weker Alami)

Kalau ini tips pribadi dari saya, bukan berdasarkan penelitian....hehe.

Sebab, jika Anda memelihara kucing, maka setiap pagi kucing Anda akan berusaha sekuat tenaga (mengeong dengan keras, menginjak-injak kepala, menggigit, dll) untuk membangunkan Anda karena lapar. Paling tidak itulah yang terjadi pada saya, atau pada bapak ini:





Foto: Robotbrainz



Sudahkah Anda Membaca E-Book "Berpikir Benar, Berpikir Positif"?

Silakan Download di Sini


13 komentar: on "7 Tips Cara Bangun Pagi"

Poskan Komentar


Ingin menambahkan sesuatu dari posting di atas? Ingin berdiskusi?

Semuanya dipersilakan, namun mohon maaf karena komentar dengan bahasa yang kurang layak ataupun spam tidak akan saya munculkan.

Mohon pengertiannya :-)