04 Agustus 2013

Tips Belanja Online - Anti Penipuan


Sebagai seseorang yang cukup sering berbelanja online, saya punya beberapa tips untuk mendapatkan pengalaman belanja di Internet yang aman. Sejak pertama belanja online sampai sekarang, alhamdulillah tidak pernah ada penipuan yang menimpa saya. Jangan sampai deh :-D

Tapi kalau membeli produk eBook sih dulu pernah termakan iming-iming (eBook tetang cari uang online), karena waktu itu memang saya belum banyak pengalaman. Sekarang, saya sudah cukup mengetahui bagaimana cara berbelanja online dengan aman, dan saya ingin berbagi pada Anda semua.

Berikut adalah beberapa tips berdasarkan pengalaman pribadi saya:



1. Jika Berbelanja di Situs Toko Online / Online Shop

a. Cek Reputasi Situs

- Nama Domain

Untuk menyelidiki reputasi situs, pertama bisa dilihat dari alamat situsnya (nama domain). Jika nama domainnya merupakan cabang dari brand yang sudah ternama dari luar negeri, maka bisa dipastikan reputasinya baik.

Contohnya, Rakuten.co.id (cabang Rakuten Ichiba Jepang), Lazada.co.id (berasal dari perusahaan Jerman), dan Zalora.co.id. Jika dari dalam negeri, toko online yang terpercaya di antaranya Blibli.com dan Bhinneka.com.

Pastikan situs toko online tidak menggunakan subdomain gratisan seperti blogspot.com atau weebly.com. Sebab, kemungkinan besar penipuan.

Kecuali, situs blogspot atau weebly tersebut adalah milik sebuah toko skala kecil yang ingin memajang katalog produk saja. Contohnya saya pernah membeli sebuah pet bed, dan pemilik situsnya hanya berjualan melalui iklan baris, facebook, dan forum dengan membuat sebuah situs di weebly.com untuk memajang katalog produk.

contoh salah satu situs yang jujur dengan subdomain di weebly.com

Selain dari brand ternama seperti yang disebutkan, banyak juga toko online yang skalanya lebih kecil seperti itu, dan kita juga perlu trik lain untuk mengecek reputasinya. Salah satunya adalah dengan langkah berikutnya:

- Halaman Media Sosial (Facebook , Twitter, dll)

Jika masih belum yakin, bisa mengecek di halaman media sosial seperti Facebook dan Twitter dari toko online tersebut. Bisa dilihat dari jumlah fans atau jumlah like, pengikut / followers, juga dari komentar-komentar sesama pengguna media sosial.

Bisa dicek apakah mereka aktif, dan juga apakah mereka selalu menjawab pertanyaan yang masuk.

- Menggunakan Live Chat atau Kontak

Biasanya toko online yang terpercaya akan menyediakan layanan live chat untuk pelanggan pada jam kerja, sehingga bila ada pertanyaan bisa langsung ditanyakan untuk mendapatkan jawaban saat itu juga. Manfaatkan fitur ini sebelum berbelanja.

Jika tidak ada, hubungi saja lewat telepon.

b. Memanfaatkan Kupon atau Diskon Belanja

Jika sudah yakin situsnya terpercaya, selanjutnya bisa memanfaatkan kupon belanja.

Beberapa situs toko online, seperti misalnya Lazada.co.id dan Qoo10.co.id, menyediakan kupon berupa kode yang bisa diterapkan untuk mendapat potongan harga. Di Lazada misalnya, begitu Anda mendaftar untuk berlangganan newsletter, Anda mendapat kupon diskon Rp 50.000,- untuk minimal total belanja tertentu. Lumayan, kan ☺

Bagi blogger yang ingin membeli domain di situs penyedia nama domain, biasanya mereka juga akan mengeluarkan kupon tertentu di hari-hari spesial.

Mengikuti Facebook atau Twitter toko online tersebut dan membaca blog resmi mereka adalah beberapa cara untuk mendapatkan informasi tentang kupon terbaru.

c. Menggunakan Situs Perbandingan Harga

Jika ingin membeli barang tertentu, Anda bisa menggunakan situs perbandingan harga seperti Telunjuk.com. Misalnya jika Anda ingin membeli smartphone, tinggal pilih spesifikasi smartphone yang Anda inginkan, termasuk rentang harga, merek, ukuran layar, dll lalu klik tombol pencarian. Anda akan bisa mendapatkan daftar barang dari yang termurah sampai termahal.

Tapi, menurut pengalaman saya kadang harga yang tertera kurang up-to-date, alias sudah tidak berlaku lagi di toko online yang menjualnya. Jadi tetap harus teliti dalam mengecek.

Menggunakan situs perbandingan harga juga akan sangat bermanfaat jika Anda ingin membeli tiket pesawat. Anda bisa menggunakan situs gratis seperti Utiket.com, Kayak.com, Skyscanner.co.id, dan yang lainnya.

d. Cek Ulasan atau Review Produk

Jika ada produk yang diminati, lebih baik cek dahulu ulasan atau review dari pembeli lain. Ini bisa dicari di situs toko online itu sendiri, YouTube, atau mencari ulasan melalui google search.

Bisa juga mencari ulasan di situs luar negeri seperti Amazon.com jika barang yang ingin kita beli juga dijual di sana. Sebab, ulasan di Amazon sangat membantu sekali, menurut pengalaman saya.

Perlu juga untuk mengecek spesifikasi barang dengan teliti seperti dimensi, berat, warna, bahan, dan lain lain agar tidak kecewa ketika barang sudah sampai.

2. Jika Berbelanja di Forum Jual Beli

Terkadang kita menemukan barang yang kita inginkan dijual oleh seseorang di sebuah forum jual beli semacam Kaskus.co.id. Untuk terhindar dari penipuan, tips berikut bisa dipertimbangkan:

a. Cek Reputasi Thread Starter (TS)

- Melihat aktivitas sebelumnya

Agar lebih meyakinkan, mengecek aktivitas TS atau si pembuat topik bisa menjadi salah satu cara untuk berbelanja aman. Anda bisa melihat posting-posting yang sebelumnya telah dibuat, dan melihat tanggal berapa ia bergabung. Apakah baru saja, atau sudah lama.

Jika sudah lama dan jumlah posting banyak, serta posting yang dibuat berkualitas (bukan hanya “pertamax”, “setuju gan”, atau posting pendek lain), maka kemungkinan penjual tersebut bukan penipu.

Perlu juga diperhatikan bahwa banyak penjual yang membeli akun yang sudah lama, jadi perlu juga lebih teliti dalam melihat postingan atau aktivitas sebelumnya.

Meski demikian, banyak juga penjual jujur yang baru bergabung, dan jumlah postingannya sedikit karena mungkin tujuan utama bergabung dalam forum tersebut hanyalah jual beli. Jika memang demikian, bisa melakukan langkah selanjutnya:

- Informasi Lain dari Si TS

Selain itu, bisa juga dengan mencari informasi lainnya dari si TS, seperti misalnya blog pribadi atau situs toko online miliknya. Jika tidak dicantumkan dalam topik, coba lihat di halaman profile-nya, atau cari di google.

Ini juga termasuk mencari halaman Facebook dan Twitter, seperti yang sudah dibahas sebelumnya.

b. Tanya TS

Kontaklah TS melalui private message (PM), e-mail, messenger, nomor HP, dll tentang barang yang ingin Anda beli. Untuk mengetahui detail barang, ini akan sangat membantu. Selain itu, cepat lambat dan baik buruknya respon dari TS bisa menjadi indikator keseriusan mereka dalam jual beli.

c. Memakai Rekening Bersama atau Rekber Terpercaya


Di forum Jual Beli Kaskus.co.id, rekening bersama bisa digunakan sebagai perantara untuk menghindari penipuan. Memang ada biaya tambahan, tetapi sangat terjangkau sekali. Biasanya mulai dari Rp 3.000,00 sampai Rp 25.000,- tergantung harga barangnya dan tergantung Rekber-nya.

Pastikan Rekbernya terpercaya, karena uang Anda akan ditahan dahulu oleh rekber dan baru diteruskan kepada penjual jika barang sudah sampai ke rumah Anda. Jika barang tidak sampai, uang akan dikembalikan ke Anda.

Menurut pengalaman saya, Rekber yang terpercaya di antaranya adalah Rekber Blackpanda dan Rekber Indobank.

3. Jika Membeli Produk Digital (eBook, software, dll)

Membeli sesuatu dari Internet tidak berupa barang fisik saja, tetapi bisa juga produk digital semacam eBook, software, atau MP3. Untuk produk digital yang dijual oleh sebuah situs, tidak dijual di situs terpercaya seperti Amazon.com, Diesel eBooks, iTunes, dll, maka beberapa hal perlu diperhatikan untuk menghindari penipuan atau produk yang tidak berkualitas.

- Cek Reputasi Pembuat eBook atau Software

Lihat apakah ia orang yang berkompeten dalam bidangnya, dan apakah ia punya reputasi yang baik. Misalnya jika Anda ingin membeli eBook berkaitan dengan cara menurunkan berat badan, lihat apakah penulis memiliki otoritas dalam bidangnya, seperti pendidikan, sertifikat, ataupun yang lainnya.

Jika Anda bisa menemukan informasi tentang mereka di sebuah berita atau televisi, akan lebih baik.

- Hati-hati PHP (pemberi harapan palsu)

Jika ada janji-janji manis untuk sebuah eBook atau software seperti bagaimana mendapatkan jutaan rupiah tanpa bekerja, mesin uang, menurunkan berat badan dalam sekejap, dan lain lain maka Anda perlu berhati-hati. Testimoni dari orang terkenal pun tidak menjamin kualitas produk.

Jika di situs luar negeri seperti Clickbank.com, biasanya ditawarkan garansi uang kembali jika Anda tidak puas. Tapi di Indonesia sepertinya belum ada jaminan dari perusahaan terpercaya seperti itu, sebagian besar hanya klaim penjual eBook saja. Jadi, Anda perlu waspada akan PHP.

- Cari Review atau Ulasan Produk



Agar tidak termakan PHP, cari dulu di google tentang ulasan atau review produk yang ingin Anda beli. Pastikan ulasan adalah jujur dan bukan berasal dari sebuah kontes (kontes SEO, review) yang dilaksanakan oleh pihak penjual eBook atau software. Lihat keseluruhan blog dari si penulis ulasan untuk mengetahui apakah ulasan yang ia buat jujur atau ada muatan promosi di dalamnya.

Ada tambahan atau pengalaman pribadi? Monggo, komentar di bawah ☺

Oh ya, jangan lupa belanja hemat ya☺

Update:

Baru saja saya mendapat komentar spam dari seseorang yang mengatasnamakan EMC Shop yang menjual berbagai gadget dengan harga super murah.

Ini jadi mengingatkan saya bahwa ada yang terlupa dari beberapa tips di atas:

Waspadai harga barang yang murah, jauh di bawah harga pasar

Dari komentar spam yang saya terima, terlihat bahwa situs milik penulis komentar adalah situs yang kurang profesional untuk berjualan, karena menggunakan subdomain gratis. Kemudian yang lebih mencurigakan adalah, harga barang-barang di sana jauh lebih murah daripada harga pasar.

Contohnya, seperti berikut:



Dilihat dari barang yang tertera, gambarnya diambil dari berbagai situs, dan harga laptop Acer Aspire 4755G Core i5 2430 Linux pun menjadi sangat murah, hanya Rp 1.000.000,- di mana harga aslinya sekitar Rp 6,899,000,-.

Sudah jelas bahwa situs seperti ini penipuan, jadi jangan bertransaksi di sana.


Ilustrasi: Kenfagerdotcom

Sudahkah Anda Membaca E-Book "Berpikir Benar, Berpikir Positif"?

Silakan Download di Sini


136 komentar: on "Tips Belanja Online - Anti Penipuan"

  • TONGKONANKU mengatakan...

    Ada dua lagi tuh blog mirip EMC Shop yg juga sering nyepam di blog saya. Jelas banget itu penipu. :)

  • Elsa Sakina mengatakan..

    @Tongkonanku

    Betul, tapi bagi orang yang baru pertama kali belanja online, atau mungkin mereka yang terlalu tergiur dengan murahnya barang, bisa saja mereka tidak menyadarinya :-)

  • Anonim mengatakan...

    kira2 online shop: www.batikassidiq.net aman nggak ya?
    kmrn blnja baju pre order, udh transfer, diminta nunggu 15 hari.
    skrg jd agak ragu stlh baca2 testimonialnya, kok nggak meyakinkan.... :(

  • Elsa Sakina mengatakan..

    @Anonim

    Kalau saya lihat sih aman. Coba ditunggu 15 hari.

    Kalau situs penipu biasanya menjual barang yang mahal dengan harga murah, seperti misalnya handphone, laptop, dll. Kalau untuk baju sepertinya kurang menguntungkan bagi si penipu :-)

    Tapi kita tetap harus waspada, karena saya pernah menemui situs luar negeri palsu yang meniru situs toko buku terpercaya. Kalau pembayarannya menggunakan kartu kredit, bisa saja tujuannya untuk mencuri informasi kartu kredit meskipun barangnya murah.

  • Bedol mengatakan...

    Kalau balanja dari kaskus gimana gan??

    bisa dipercaya gak??

  • Elsa Sakina mengatakan..

    @Bedol

    Bisa gan, tapi tergantung sellernya juga.

    Biar aman, pakai Rekber yang terpercaya saja,
    misalnya Indobank atau Blackpanda.

    Perlu dicek juga aktivitas seller di forum,
    dengan melihat riwayat posting-posting sebelumnya.

    Saya pernah beli beberapa kali dari Kaskus,
    dan semuanya aman kok. Yang pet bed itu juga
    saya beli dari Kaskus.




  • Wahyu Pamungkas mengatakan...

    Awas Alamat Baru Penipu Penjual Jati Jepara

    Ini alamat website yang baru. Kelihatannya mereka memiliki beberapa webdesign, lalu tinggal dirunah alamat domainnya saja.

    http://www.mebel-jatijepara.com/index.php/hubungi-kami.html

    In juga penipu. Saya mencoba dan benart tertipu. Saya bujuk supaya menjadi broker yang baik, kalau perlu dengan memakai uang saya untuk membeli barang dan mengambil keuntungan, juga tidak mau. Mula mula akan meminta uang muka, lalu kemudian alasan uang kirim walaupun jajjinya kirim ditempat. Jadi tolong disebarkan disemua web site. Saya akan mencoba menyebarnya di twitter atau alamat bbmnya. Kalau kita sebar keseluruh Indonesia khan mungkin ada keluarganya yang punya kontak BBMnya atau ada yang bekerja di BNI yang mengenal nomer rekeningnya, secara sosial khan bisa bisa mendapat resiko.

    Alamat rekening :
    ADINDA SAHRINI
    0300891018

    Alamat telpon dan BBM

    Phone : 082-345-345-716
    Pin bb: 29037A6D

    Em@il : info@mebel-jatijepara.com
    Show Room : Jl. Raya Tahunan No.77 (samping RS. Kartini) Jepara – Jawa Tengah
    Workshop : Jl. Kyai Nawawi, Semanggul Rt.09/07 Mlonggo, Jepara – Jawa Tengah
    Hubungi Kami Untuk Mendapatkan Harga yang Bersahabat

    Mohon Disebarkan kalau ada yang kenal alamat BBM serta yang bekerja di BNI kalau bisa dilacak alamat pemilik rekening. Tugas kita bersama untuk mencegah penipuan lebih lanjut

    Wahyu Pamungkas
    wpamungkas@me.com

  • Elsa Sakina mengatakan..

    @Wahyu Pamungkas

    Jika memang situs tersebut benar penipu, patut dihindari. Jika ragu, datangi saja alamatnya dan langsung beli di tempat supaya aman.

    Tapi memang banyak penipuan online berkedok toko mebel. Menruut kesaksian korban dari beberapa situs, begitu pesan barang tidak pernah dikirim.

    Saya juga baru menemukan beberapa situs yang mengulas pengalaman korban tentang penipuan serupa berkedok toko mebel online:

    "Waspada, Website Penipu Berkedok Mebel Jepara":
    http://surat-pembaca-jurnalis-warga.pelitaonline.com/news/2013/03/22/waspada-website-penipu-berkedok-mebel-jepara

    "Tergiur Mebel Jati Murah, Uang Bagus Amblas Rp6 Juta":
    http://www.batamtoday.com/detail_berita.php?id=18711

    "Penipuan www.mebel-jati.com":
    http://www.kaskus.co.id/thread/000000000000000016201721

    Kalau untuk mebel menurut saya mending beli langsung ke tokonya, bisa dicoba-coba dulu, misalnya kursinya enak buat duduk apa nggak...hehehe

  • Majuin mengatakan...

    Informasi yang bagus dan menarik juga untuk antisipasi kejahatan online khususnya dalam proses jual beli online supaya pelanggan lebih hati-hati saya dukung sepenuhnya untuk menghindari penipuan, terima kasih banyak atas informasinya ya gan

  • gustiawal mengatakan...

    minta tolong cek ini mas karna barangnya sangat murah. sy mau belanja tp takut ketipu. tolong di cek mas " http://dewashop444.blogspot.com/ "

  • Elsa Sakina mengatakan..

    @gustiawal

    Kalau saya lihat kemungkinan besar situs tersebut penipuan. Masa BB Q5 harganya 1 jutaan? Tampilan situsnya sendiri berantakan.

    Juga, kalau saya cek dari salah satu nomor resi JNE yang ditampilkan, yaitu "BKID200076464013" di Google, muncul situs-situs sejenis lain yang juga menggunakan nomor-nomor resi yang sama untuk meyakinkan calon korban.

    Situs yang muncul: gtshop123.blogspot.com, nagoyahill77.blogspot.com, dll

    Nomor resinya di-copy dari salah satu toko online.

    Kalau saya jadi Anda, saya akan menjauhi situs seperti ini :-)

  • Fauzan aznar mengatakan...

    Gan ini website asli atau palsu kan di postingan agab cuman ada link blackpanda dari kaskus.
    https://rekberblackpanda.com/

  • Elsa Sakina mengatakan..

    @Fauzan Aznar

    Ya gan, itu website asli Blackpanda https://rekberblackpanda.com/

  • Anonim mengatakan...

    yang saya heran, kenapa di situs online amerika, toko onine rame. Apa ga ada penipuspt negara kita ini. Kalo kata tmn sy yg tinggal disana, disana serba antar. Mau ini, transfer, barang di antar. Dari mulai baju anak, sampe makanan. Knp org sini pada nipu ya? Heran gw mental org org indo. Katanya negri mayoritas islam. Aneh kan?

    Apa diluar negri (USA) ada jg situs penipuan?

  • Elsa Sakina mengatakan..

    @Anonim

    Di USA juga banyak penipu kok. Menurut saya tak perlulah terlalu pesimis terhadap orang Indonesia.

    Tapi memang orang sana sudah lebih terbiasa belanja online. Saya pernah nyoba beli "garukan kucing" di Amazon.com, yang setelah sampai di rumah ternyata cuma kardus saja. Dan itupun "dibuat untuk dirusak" karena memang untuk cakaran kucing...hehehe

    Produk seperti itu bisa laku keras, apa lagi yang lain :-)

    Mungkin Indonesia masih perlu waktu untuk ke sana.

  • Anonim mengatakan...

    Kl www.tokoteddy.com penipu ga gan?
    Mohon pencerahan nya

  • Elsa Sakina mengatakan..

    @Anonim

    Sepertinya tokoteddy.com jujur gan, menurut pengamatan saya. Tapi saya belum pernah belanja di sana.

  • entis sayentis mengatakan...

    http://medismaya.blogspot.com penipu berkedok jualan obat penenang sekarang dah mulai bikin blog baru...., ini blognya http://medismayanifedipine.blogspot.com/

    Waspada membeli obat penenang melalui alamat website http://medismaya.blogspot.com. Menurut laporan beberapa korban, barang yang dipesan tidak pernah dikirim, sehingga pemilik blog tersebut terindikasi sebagai penipu. Adapun data-data penipu sebagai berikut :
    BCA : 6280582067 atas nama Agus Yulianto
    No HP: 087872100495 / 087777119980
    Pin BB :276401DD
    Jangan mudah percaya dengan testimoni yang ditampilkan dalam website http://medismaya.blogspot.com, karena testimoni tersebut diduga palsu atau fiktif. Apalagi pemilik website tidak mau transaksi dengan system COD (Cash on Delivery) yang paling tidak disukai kalangan penipu. Karena memang barang yang dijual itu tidak ada alias abal-abal.
    NB : Pemilik website http://medismaya.blogspot.com mengatakan bahwa admin memiliki riwayat medis yang agak parah, padahal admin tidak pernah transaksi apapun dengannya, mungkin pemilik website tersebut, sering berhalusinasi sehingga membutuhkan obat penenang dan kemudian menipu orang lain dengan kedok jualan obat penenang. Oleh karena itu jangan membeli obat penenang melalui website http://medismaya.blogspot.com, kecuali uang anda ingin hilang.
    Kata Kunci :
    http://medismaya.blogspot.com penipu
    http://medismaya.blogspot.com tukang tipu
    http://medismaya.blogspot.com raja tipu-tipu
    http://medismaya.blogspot.com penipu berkedok jualan obat penenang
    http://medismaya.blogspot.com penipu ulung

    sumber : http://bongkarpenipuan.blogspot.com/2013/10/httpmedismayablogspotcom-penipu.html
    Nih sebagian bukti penipuannya.....
    http://www.kaskus.co.id/thread/51696e8a621243782f00000b/jual-dumolid-original-apotek/11
    http://jualxanax.blogspot.com/

  • mega lestari mengatakan...

    miqum....
    saya baru 1x ikut online shop..........
    duh meni ribet bgt.....
    ga tau nipu atau gak....
    katanya sih dtg dlm 1 hari.....
    moga2 g nipu...... :(

  • Elsa Sakina mengatakan..

    @Mega Lestari

    Amin :-)

  • tiwitria felica mengatakan...

    iya, saya baru memesan ke e.m.c shop pertama hrganya 500rbu setelah transfer merke lngsung menghubungi sya ktanya anda belum terdaftar jadi memeber jadi barangnya belum bisa dikirim perlu transfer 700rbu lgi biar barangnya terkirim.
    ke rek BRI : a/n mega rahayu 043401004701504
    tlp : 085717212087
    saya pengen uang sya kembali klo bisa no rekeningnya di blokir

  • Elsa Sakina mengatakan..

    @tiwitria felica

    Waduh, lain kali harus berhati-hati ya :-(

  • nisa nuraisyah mengatakan...

    maaf mw nanya kalo kios kosmetik.com gmna ya guys ada yng tw ga... klo penipuan situs apa ath toko kosmetik yng terpercaya.. thanks..

  • Elsa Sakina mengatakan..

    @nisa nuraisyah

    Sepertinya sih bukan penipuan. Tapi untuk beli kosmetik online perlu hati-hati juga, teliti apakah produk sudah terdaftar di BPOM atau belum.

  • eka yulaeka mengatakan...

    mau tanya kalo butikgrosironline.com .dan tas123.com .penipu bkn .?

  • Elsa Sakina mengatakan..

    @eka yulaeka

    Wah, saya nggak tahu sis...

    Halaman FBnya tidak terlalu banyak interaksi.

    Sepertinya mau jadi reseller ya?

  • Blog Tugas mengatakan...

    Mba saya jg ketipu sama pemilik rekening mega rahayu.. untung saya ada saudara polisi.. dan ini lgi d bantu sm bank jg untuk ngeblokir rekeningna..

  • Saujana blue mengatakan...

    Maaf mw tnya, wkt liet hrga2 kosmetik d qoo10 q liet murah2, itu pnipuan g y?

  • Elsa Sakina mengatakan..

    @Saujana Blue

    Coba dilihat saja review / ulasan dari sesama pembeli di sana. Adanya di bagian "Komentar dari Pelanggan".

    Kalau Qoo10 sendiri sih terpercaya, tapi di sana kan isinya banyak penjual. Jadi tergantung penjualnya, mungkin bukan penipuan, tapi kualitas barang bisa saja kurang bagus.

  • semangat baru mengatakan...

    banyak yang terkadang tertipu untuk pesan online, jd tips nya agar aman gimana y ?
    makasih
    visit to
    http://dekyam.student.ipb.ac.id


  • Elsa Sakina mengatakan..

    @semangat baru

    Lha tipsnya ya ada di artikel ini :-)

  • Angelica mengatakan...

    informasinya bagus :)

  • NIzar Yuma mengatakan...

    salam kenal gan, klo we ini gimana menurut agan? http://www.digitalzone.info/
    saya udah transfer dr hari jumat tapi sampe sekarang (selasa) gamau ngasih no resi dan barang belum sampe -_-
    mohon pencerahannya

  • cumi kriting mengatakan...

    nah kl khusus belanja yg di luar kaskus mosanya di toko bagus ,berniaga ,FB , twiter ,dll .bisa budayakan rekber juga.
    kan sekarang udah ada inapay tuh gan... mungkin buat yang belum tau bisa langsung masuk ke web nya aja https://www.inapay.com/ .

    ya paling itu aja informasi tambahan dari ane ,semoga bermanfaat :D

  • Elsa Sakina mengatakan..

    @NIzar Yuma

    Waduh, kayaknya http://www.digitalzone.info/ penipuan gan. Soalnya saya lihat gambarnya hasil comot sana, comot sini.

    Alamat aslinya di blogspot adalah http://digitalzone77.blogspot.com.

    Lagipula isi websitenya juga ada di mana-mana. Lihat saja situs serupa ini:

    http://www.dianpixel.com/p/sufendy-jakarta-pre-order-htc-one-di.html

    Isinya sama dengan ini:

    http://www.digitalzone.info/p/generatecssforemfad-powered-by.html

    Cuma diganti nama tokonya saja :(

  • rosa s mengatakan...

    Www.mebeljati.com gimana gan? Dari beberapa review sih bkn penipuan dan di website ada norek, foto owner dll.

    Tq sebelumnya utk infonya gan

  • Elsa Sakina mengatakan..

    @rosa s

    Iya, sepertinya asli gan. Ada videonya di YouTube diupload sama ownernya.

    http://www.youtube.com/watch?v=an_ACgIRMdE

  • lenny violet mengatakan...

    bgus infonya gan..
    http://www.arraafigrosir.com & http://www.kaosjaket.com/ nih asli atau bukan gak gan? soalnya q regist ke website yng berbeda, inboxnya sama ? bingung :(

  • Anonim mengatakan...

    mau tanya ini aman http://www.creamspecial.com/

  • Elsa Sakina mengatakan..

    @lenny violet

    Sepertinya asli gan, keduanya saya lihat ada di www.polisionline.com dan di sana disebutkan statusnya "terpercaya".

    Kalau inboxnya sama itu karena mereka menggunakan script toko online yang sama, pakai Vkios.

    @Anonim

    Kalau saya pribadi belum yakin untuk membeli di creamspecial.com sebab informasinya kurang lengkap. Adminnya kurang terbuka menurut saya. Coba hubungi adminnya supaya lebih yakin.

    Mengenai krimnya sendiri saya juga kurang yakin.

    Kalau saya baca di Komas.com "SP Special UV Whitening" atau cream special termasuk produk kosmetik berbahaya. Coba baca beritanya di sini:

    http://health.kompas.com/read/2012/12/27/14084895/BPOM.Umumkan.Produk.Kosmetik.Berbahaya

  • Wili Lie mengatakan...

    gan di lazada itu bisa bayar di tempat gak?

  • Elsa Sakina mengatakan..

    @Wili Lie

    Bisa gan. Ini jangkauan kota-kota untuk COD / bayar di tempat:

    http://www.lazada.co.id/payment-methods/#Q0ScodC415k1j51x (aff. link)

    Tapi selama ini saya belanjanya baru pakai voucher belanja gan, alias gratisan hadiah dari Lazada :-D

  • Anonim mengatakan...

    Tolong di cek pemilik FB lilis nurhayati shopp asli atau palsu...sy berminat beli hp...

  • Elsa Sakina mengatakan..

    @Anonim

    Untuk Lilis Nurhayati Shopp kurang meyakinkan, testimoninya juga saya ragu, akun mereka seperti di-hack atau semacamnya. Kemudian ada juga satu kesaksian pernah dikecewakan oleh toko tersebut:

    http://bongkarpenipuan.blogspot.com/p/laporkan-penipuan.html

    Coba baca komentar dari Tris Wahyudi tanggal 31 Desember 2013 di alamat di atas. Dia mengaku pernah tertipu oleh akun FB tersebut.

  • Elsa Sakina mengatakan..

    Ini screenshot komentarnya:

    http://4.bp.blogspot.com/-TIh_SRKuXH4/UtHnGXeK7WI/AAAAAAAAB2o/pSHfT_XyB2Y/s1600/penipuan.png

  • Anonim mengatakan...

    Kalo ini gan gimana dimensidata.com dan genreystore.com

    bantuannya gan!!

  • Elsa Sakina mengatakan..

    @Anonim

    DimensiData dan GenreyStore asli semua gan.

  • Anonim mengatakan...

    Kalau toko online yang jual laptop tapi bisa kredit dr jauh ada nggk hhehe siapa tau ada

  • Anonim mengatakan...

    saya mo beli laptop di genreystore.com, kira2 aman ga??

  • Elsa Sakina mengatakan..

    @Anonim

    GenreyStore aman gan.

    Kalau agan di Jakarta kunjungi langsung aja tokonya.

    http://www.genreystore.com/lokasi-kami

    Ada juga alternatif lain kalau beli laptop di Bhinneka.com

  • Anonim mengatakan...

    Gan tolong infox. saya kan pesan hp di lazada dan saya pake sistem bayar di tempat. Dan pemesanan saya sukses. Saya dapat konfirm sms dari LAZADA kode pemesanan 236985688xxxx dan di nyatakan sukses.

    Yang saya mau tanyakan
    Apakah pesanan saya itu sudah benar" di proses? Dan kapan pesanan saya itu sampai?

    Soalx jika dalam beberapa hari ini pesanan saya tidak sampai, saya rencana mau beli saja langsung di NTC.

    Yang saya takutkan kalau saya sudah beli hp di NTC, itu barang yang saya pesan di lazada tiba" datang. Kan duitx sudah habis gan saya pake beli hp.

    Tolong solusix bagi agan" yang tau

    Saya posisi di makassar
    Saya pesan hp di lazada pake hp/operamini (bukan pake laptop)


    Thanks sebelumx gan

  • pairinpay mengatakan...

    Nice inpoh gan, pastikan rekber jika memang ragu, Saran pke inapay.com

  • Elsa Sakina mengatakan..

    @Anonim

    Saya belum pernah beli pakai COD. Tapi menurut pengalaman
    saya kalau barang sudah dikirim akan dapat SMS nomor resi / pelacakan.

    Lebih baik tanya langsung ke Lazada apakah sudah diproses
    atau belum. Kalau belum bisa cepat-cepat telepon CSnya untuk
    minta pembatalan pesanan sebelum terlambat.

  • Anonim mengatakan...

    kliknklik.com gmana gan??

  • Elsa Sakina mengatakan..

    @Anonim

    KliknKlik aman gan

  • Mario Juliann mengatakan...

    gan tolong dicekkan ya Myboatplans.com itu asli ga, dia kerjasama dengan clickbank, saya sudah ikutin saran agan yang liat reviewnya di youtube ato di facebooknya tapi tetep aj msh belum yakin. mohon petunjuk...trims

  • Elsa Sakina mengatakan..

    @Mario Juliann

    Kalau yang kerjasama dengan Clickbank.com memang perlu "penelusuran" yang lebih mendalam, soalnya banyak sekali affiliate yang membuat review palsu hanya untuk mendapat komisi penjualan yang lumayan.

    Karena itu ada baiknya mencari review dari non-affiliate.

    Untuk Myboatplans.com saya menemukan sebuah review negatif di forum diskusi kayakforum.com:

    http://www.kayakforum.com/cgi-bin/Building/index.cgi/md/read/id/213103/sbj/other-myboatplans-com/

    Saya memang tidak tahu menahu soal kapal, tapi saya setuju dengan user di forum tersebut karena memang isinya sampah.

    Kebetulan juga saya dapat akses "pintu belakang" untuk situs ini, dan ternyata videonya diambil dari YouTube semua. Kemudian yang ada di forum tanya jawab juga diambil dari Yahoo! Answers, dicari yang berhubungan dengan kapal.

    Ini salah satu videonya:

    http://www.youtube.com/watch?v=-H_Yk2WNfpE

    Di salah satu foto Myboatplans.com juga ada foto dengan tulisan "testing my first dinghy boat on Lake Tahoe" itu foto orang dia ambil.

    Ini buktinya:

    http://www.kayakforum.com/cgi-bin/Building/index.cgi/md/read/id/211578/sbj/other-myboatplans-com/

    Kemudian materi e-booknya adalah hasil scan dari sebuah buku di tahun 1950 (seperti yang disebutkan di review forum tadi). Ini bukunya:

    http://www.scribd.com/doc/35800326/23-Boats-You-Can-Build-1950

    Jadi kesimpulannya Myboatplans.com itu penipuan. Memang produk benar-benar ada, bisa didownload, tapi isinya adalah hasil pembajakan yang bisa didapat gratis di Internet.

    Saran saya lebih baik tidak usah beli.

  • Anonim mengatakan...

    Kalau ms happy di kaskus itu penipuan gk gan?

  • Elsa Sakina mengatakan..

    @Anonim

    Ms Happy yang Met Tathione itu ya?

    Sepertinya sih bukan penipuan, tapi kalau efektivitas produknya saya tidak tahu.

  • Anonim mengatakan...

    Mau tanya nih, aku mau beli tas lewat instagram. Alamatnya ini @tasmurah meyakinkan banget sih ada testimoni sama no resinya banyak banget followers juga banyak. Tapi aku kan baru pertama nyoba belanja online nih jadi takut kalau palsu. Tolong liatin ya penipuan atau bukan. :)

  • Elsa Sakina mengatakan..

    @Anonim

    Itu yang @tasmurah ada di Shopious juga ya?

    http://www.shopious.com/shop/grosirtasmurah

    Soalnya kontaknya sama.

    Kalau ada di Shopious Indonesia Insya Allah terpercaya gan, soalnya tidak sembarangan toko bisa jualan di sana. Harus bayar biaya membership dan ada seleksinya.

  • Anonim mengatakan...

    kalo pengen beli obat v***x original di www.ob*****agus.com gmn gan? soalnya temen udah pernah beli disini? kira2 terpercaya ga gan? thx

  • Elsa Sakina mengatakan..

    @Anonim

    Toko www.ob*****agus.com kurang lengkap datanya gan. Soalnya jualan barang seperti itu sepertinya serba rahasia informasinya....hehehe

    Kalau temen agan sudah beli, ya tanya saja pengalamannya. Kalau barang benar dikirim berarti terpercaya.

  • Anonim mengatakan...

    Wah kalau itu gatau aku gan. Yg www.shopius.com itu.. Aku kan daptnya dari instagram alamatnya "tasmurah". Besok mulai transfer agak takut sih tapi tetep positive thinking. Liatin ya brngkali penipuan.

  • Elsa Sakina mengatakan..

    @Anonim

    Ya, saya lihat yang "tasmurah" itu kontaknya sama dengan yang di Shopious, berarti pemiliknya sama. Insya Allah terpercaya.

  • Fauzhan Wahyudi mengatakan...

    Mas permisi saya mau naya apakah http://www.genreystore.com itu penipu

  • Elsa Sakina mengatakan..

    @Fauzhan Wahyudi

    "Mas permisi saya mau naya apakah http://www.genreystore.com itu penipu"

    Genrey Store bukan penipu, gan. Kalau tinggalnya di Jakarta bisa bayar di tempat :-)

  • Anonim mengatakan...

    mau tanya gan,,sya lihat d kaskus ad blnja hp s4 murah dri ryan cell...hrga ny cmn 1 jta gan..bnr gak tu??mhon pencerahan ny gan

  • Elsa Sakina mengatakan..

    @Anonim

    "mau tanya gan,,sya lihat d kaskus ad blnja hp s4 murah dri ryan cell...hrga ny cmn 1 jta gan..bnr gak tu??mhon pencerahan ny gan"

    Kalau S4 baru cuma 1 jutaan itu kemungkinan besar penipuan gan. Sering juga penipu pakai modus jual hp BM dari Batam, dan biasanya bohong.

  • tomy mengatakan...

    gan saya mau tanya kalo lazada.co.id itu penipuan apa nggak? cz saya tertarik sama iphone 5s-16GB namun harganya murah banget cuman Rp. 8.050.000 namun harga di pasaran kan Rp. 10.500.000. apalagi pembayarannya nggak bisa pakek COD, harus pakek bank transfer atau kartu credit. apalagi saya juga nggak pernah online shop kayak gini, jadi saya bikin takut aja kalo ntar ketipu. mohon pencerahannya gan. thanks

  • Elsa Sakina mengatakan..

    @tomy

    Lazada.co.id itu terpercaya gan.

    Kalau Rp 8 juta itu yang saya tahu dalam rangka diskon akhir pekan, dan barangnya terbatas. Karena siapa cepat dia dapat, bayarnya harus pakai kartu kredit atau transfer gan.

  • Elsa Sakina mengatakan..

    @tomy

    Tambahan:

    Di Lazada.co.id, kalaupun transfer bank itu bukan atas nama seseorang, melainkan atas nama perusahaan PT ECART WEBPORTAL INDONESIA.

  • ArnieCellFinance mengatakan...

    Klo web www.nanospraymcimgi.com & www.mci-nanospray.com ..penipu gak ???? Tlong info..mkasih

  • Elsa Sakina mengatakan..

    @ArnieCellFinance

    Kalau untuk dua situs tersebut saya tidak tahu, admin-nya kurang terbuka memaparkan informasi.

    Untuk menghindari penipuan, lebih baik datangi stockistnya langsung di kota Anda, atau tanyakan lewat nomor kontak yang tertera.

    Admin-nya pernah posting iklan di Kaskus dan mengatakan bisa datang langsung

    "datang langsung bayar di tempat, ready jakarta yogyakarta surabaya"

    http://www.kaskus.co.id/post/52dcb219faca1735770004ac#post52dcb219faca1735770004ac

  • sahabatmoe mengatakan...

    Rakuten.co.id itu jujur ato penipu ya?

  • Elsa Sakina mengatakan..

    @sahabatmoe

    "Rakuten.co.id itu jujur ato penipu ya?"

    Mohon dibaca artikelnya. Sudah ditulis dan disebut di komentar terdahulu kalau Rakuten.co.id bukan penipu.

  • Anonim mengatakan...

    Mau tanya kl maharaja coffee.com di rakuten.co.id mnrt pendpt anda bgmn? sy sdh cek web & fb nya msh kurang meyakinkan sy, aktifitas fb terakhirnya bln mei 2013 & sy liat tdk banyak interaksi/komen, sy cek harganya utk produk yg sama di lazada jg terpaut jauh, mau meneruskan transaksi jd ragu, mnrt anda bgmn?thanks

  • anisa mengatakan...

    Sist/agan mau tanya aq mau beli android di WWW.SUCICELL.COM harga'nya murah banget,aku tanya kokk harga'nya murah banget dari harga pasar? Kata'nya bebas pajak dan biaya cukai maka'nya murah,kira" penipu atau bukan yah? Mohon bantuannya yah :)

  • Elsa Sakina mengatakan..

    @Anonim

    Mau beli mesin kopi ya?

    Kalau di Rakuten.co.id dijamin aman, karena pihak Rakuten akan menahan pembayaran Anda, dan bila sudah sampai barangnya baru Anda konfirmasi dan Rakuten akan membayarkan ke penjual. Tapi pengiriman, stok barang, dsb yang menangani pihak toko sendiri seperti Maha Raja Coffee.

    Kalau di Lazada.co.id saya cek beberapa produknya dengan di Rakuten sama kok harganya. Kalau ada selisih paling selisih Rp 100 rb. Contohnya ini:

    http://www.lazada.co.id/delonghi-kg89-steel-mesin-penggiling-kopi-silver-97873.html
    http://www.rakuten.co.id/shop/maharajacoffee/product/Grinder-KG89/

    Tapi kalau ragu menurut saya pesan di Lazada.co.id saja. Kalau dari keterangannya yang mengirim pihak merchant jadi lebih murah.

    "Barang dijual & dikirim oleh Merchant (Dropshipp) : Merchant menitip jual barang tersebut di Lazada dan barang dikirim langsung dari merchant, biasanya harga lebih murah."

  • Elsa Sakina mengatakan..

    @Anisa

    Kalau untuk SUCICELL.COM itu penipu gan.

    http://www.polisionline.com/2014/03/sucicellcom-toko-online-penipu-100.html

  • Malioborobg mengatakan...

    Bener juga gan!! Tapi walaupun begitu kesempatan bagi toko kecil tidak tertutup kan? Yang kecil bukan berarti tidak bisa di percaya.

  • Anonim mengatakan...

    dear, elsa
    selamat malam. pertanyaan saya sama dengan yang sudah2 diatas hanya saya ingin di yakinkan lagi. apakah genreystore.com itu beneran ya dan terpercaya? mohon bantuannya :)

    nino
    terimakasih

  • Elsa Sakina mengatakan..

    Hi Nino,

    Genreystore termasuk aman. Coba lihat di sini:

    http://www.verifikasitoko.com/u/573-genrey-store/profile
    http://www.polisionline.com/2013/02/genrey-store-toko-online-terpercaya-100.html
    http://www.pricepanda.co.id/shop/genrey-store-154/

  • Anonim mengatakan...

    Malam Elsa
    aq dah baca komen di atas,,,dan dg sabar n ramah anda menjawab.
    Na....aq mohon bantuan ni kira2 "SepatuSafetyOnline.com" penipuan ap gk ya??? thanks

  • Elsa Sakina mengatakan..

    @Anonim

    Kalau saya lihat Sepatu Safety Online aman, bukan penipuan. Dilihat dari informasi di websitenya dan di halaman FBnya meyakinkan.

  • Anonim mengatakan...

    Dear Elsa
    kalau onimaxi.com aman tidak ya? Mohon bantuannya

    Terimakasih

  • Elsa Sakina mengatakan..

    @Anonim

    Onimaxi terpercaya gan.

    http://www.polisionline.com/2013/10/onimaxi-toko-online-terpercaya-100.html

    Pernah ngiklan juga di Merdeka.com

    http://www.merdeka.com/gaya/pilih-koleksi-kaos-distro-dan-anime-di-onimaxi-shirt-factory.html


  • Anonim mengatakan...

    Terimakasih atas infonya (y)

  • Anonim mengatakan...

    kalau www.79pomadeshop.com aman kagak gan? Mohon bantuannya. Terimakasin

  • Elsa Sakina mengatakan..

    @Anonim

    79PomadeShop.com sepertinya aman gan.

    Saya lihat di Twitter ada selebritis yang pake.

    https://twitter.com/79PomadeShop/status/462471959402397696

  • Anonim mengatakan...

    Terimakasih atas bantuannya (y)

  • Anita mengatakan...

    sip gan,
    terimakasih tips tipsnya, saya juga lagi pengin memulai jualan online, namun masih bingung, belum mudeng tentang web, hehe

  • oi mengatakan...

    Kalo www.taserba.com??? Kan transfer nggak lewat rekber..... bgmn dunkz

  • Elsa Sakina mengatakan..

    @oi

    Kayaknya dia juga jualan di Kaskus, tapi kok yang tahun 2014 tidak ada postingan baru. Kalau mau pakai rekber, coba belinya lewat kaskus deh, jangan lewat websitenya.

    Ini salah satu threadnya, pada pakai rekber belinya:

    http://www.kaskus.co.id/thread/521af52fa1cb17d349000003/tas-backpack-laptop-hard-cover---hard-sheel-biker/1

  • Anonim mengatakan...

    teman.. saya rencana ada beli iphone di blibli.com .. mau tanya untuk kualitas produknya gimana ya? soalnya kok jauh lebih murah ya? need help.. hehehehe

  • Anonim mengatakan...

    Kalau www.fashiongrosir.com..kira2 penipu gak ya?

  • Elsa Sakina mengatakan..

    @Anonim

    Kalau Blibli.com setahu saya sangat terpercaya. Saat ini saya memang belum pernah belanja di sana, tapi secara pribadi saya tidak akan ragu membeli di Blibli.

    @Anonim

    Sepertinya fashiongrosir.com asli gan:

    http://www.polisionline.com/2013/04/fashion-grosir-toko-online-terpercaya.html

  • Rizka Amalia mengatakan...

    maaf saya mau bertanya apakah situs http://maxcellular.us terpecaya atau tidak?

  • Elsa Sakina mengatakan..

    @Rizka

    Kalau saya lihat maxcellular.us itu menerima rekening bersama. Jadi coba pakai rekber saja, pakai rekber Blackpanda yang terpercaya.

    Tapi setahu saya rekber hanya bisa digunakan jual beli di Kaskus.co.id, jadi lebih baik hubungi admin maxcellular.us dahulu.

  • Yuni Triana mengatakan...

    http://www.lazada77.com/p/blog-page.html apak itu situs terpercaya

  • Elsa Sakina mengatakan..

    @Yuni Triana

    Lazada77 itu jelas palsu. Situs Lazada yang asli hanya Lazada.co.id

  • Agorabedding bedding mengatakan...

    Yang penting satu, soal pembayaran harus memakai escrow service (rekening bersama), dengan pengecualian COD atau memang punya toko yang jelas keberadaannya.

    Dulu saya mau bikin online store sendiri, tetapi karena biayanya berat bagi saya (termasuk development-nya juga yang perlu waktu) maka saya putuskan memakai website builder gratisan.

    Tetapi ternyata untuk SEO ribet-nya minta ampun. Akhirnya ya sudah, saya buka toko online di Tokopedia, Bukalapak, Qoo10, Elevania dan Lamindo.

    Setelah itu saya merasakan sendiri beratnya me-manage semua toko-toko itu. Dan sekarang saya cuma fokus di Tokopedia, yang lain ga aktif karena terlampau berat dari segi management tokonya. Dalam kasus toko saya, untuk listing produk memakan waktu banyak, karena saya menjual sprei dan bedcover yang terdiri dari bedcover set, bedcover, sprei yang mana ada dalam tiga ukuran, yaitu extra king, king, dan queen. Jadi bisa dibayangkan beratnya.

    Selain itu, saya beberapa hari ini juga mulai menggunakan FB, Google+, Twitter, Flickr, Pinterest dan Kaskus. Tetapi semuanya itu saya arahkan ke toko online saya yang di tokopedia.

    Dari segi penjual, saya sendiri jauh lebih nyaman memakai rekening bersama. Karena selain memberikan jaminan keamanan untuk (calon) pelanggan saya (karena saya baru buka toko online bulan Juni 2014 dan sampai sekarang belum mendapatkan pembeli) juga saya juga tinggal melihat dari website tokopedia saja untuk pembayaran dan status order.

    Cuma ternyata jualan online susah juga... hehehehehe... saya sudah aktif jualan online selama 20 hari ini dan belum ada satupun pembeli :((

  • Elsa Sakina mengatakan..

    @Agorabedding bedding

    Baru 20 hari...itu mah belum ada apa-apanya hehehe :-)

  • Egretta Dewi mengatakan...

    klo arraafigrosir.com yg dr bandung itu penipuan bukan ya?

  • Elsa Sakina mengatakan..

    @Egretta Dewi

    Kalau Ar Raafi Grosir menurut PolisiOnline.com terpercaya:

    http://www.polisionline.com/2013/05/arraafi-grosir-toko-online-terpercaya.html

    Ada juga iklannya di Merdeka.com:

    http://www.merdeka.com/gaya/harga-fashion-obral-di-arrafi-grosir.html

  • Jilly Vivi Safittry mengatakan...

    Gan tolong klo belanja di
    wish-shopping made fun
    klo download di app store nama aplikasinya wish
    Tolong di cek gan itu penipu bukan

  • Elsa Sakina mengatakan..

    @Jilly

    Kalau dilihat dari rating dan komentarnya sih bukan penipuan

  • Soleh Jibril mengatakan...

    tips nya okey.. untuk toko online yang terpercaya bisa dipastikan alexanya ramping, contoh distributor indonesia bisa anda cek http://faedahjaya.com/

  • Agorabedding bedding mengatakan...

    @Soleh Jibril: Tidak selalu bisa. Hal ini dikarenakan Alexa menghitung counter dari setiap pengguna toolbar Alexa. Jadi trafic dari orang-orang yang tidak menggunakan toolbar tersebut tidak akan pernah terhitung.

  • Anonim mengatakan...

    Gan , tadi saya liat di olx.co.id ada Macbook Pro 15 Md 104 Quad Core i7
    Pas saya tanya harga nya 2.1 juta tapi bekas gan ,, itu penipu ato enggak gan ? Menurut saya sih kayaknya nipu tp coba agan yg periksa deh http://www.olx.co.id/iklan/macbook-pro-15-md104-quad-core-i7-2-6-ghz-mulus-99-66059983.html Pin BB nya 29C9EE06 dia ngaku nya sih jual barang Electronic Solution di istana plaza bandung .. Coba yg lain boleh di cek.. Saya cuma penasaran aja soalnya saya pengen tau :)

  • Elsa Sakina mengatakan..

    @Anonim

    Yag jual Mac di Olx itu penipu gan. Itu gambar aslinya dar Kaskus, dan sudah terjual di sana. Aslinya dijualnya Rp 15 juta.

    Ini thread aslinya di Kaskus:

    http://www.kaskus.co.id/thread/538f5caa118b46222e8b4606/macbook-pro-15quot-md104-quad-core-i7-26-ghz-fullset-mulus-98-bandung

  • Mila mengatakan...

    banding-bandingin harga sih yang paling sering min, biar gak nyesel pas udah beli taunya ada yang lebih -.-

  • walakiri sport mengatakan...

    kalo saran saya gunakan market place atau pihak ketiga kaya rekber kaskus atau tokopedia, emang agak ribet tapi untuk pertama2 bisa juga,., pembelian selanjutnya baru langsung aja ke penjualnya ,., saya juga jualan peralatan olahraga www.walakirisport.com emang susah mengedukasi pasar bahwa saya bukan penipu tapi karena banyak penipu pembeli jadi parno

  • Jia Horvejkul mengatakan...

    Wah saya jg pernah dari lazada gan beli parfum sistem COD krn mau ngetes dulu bener apa gak. Saya tggal di pontianak. Pesen udah 3 minggu belum nyampe jg, cek ke JNE malah katanya blm ada jg. Nah sampe skrg 2 bulan gak ada jg jd fix saya udah ambil kesimpulan mrreka hanys mau kalo dibayar dulu. Padahal kan saya mau ngetes dulu secara saya tinggal di kalimantan

  • rahma rara mengatakan...

    saya mau tanya dong. benz_shop (akun bbm) kira kira aman tidak ya? saya may beli produk dari dia. adapun pin bbm nya adalah 270A0C17 dan dengan no. hp 082214470570. terimakasih :)

  • Ratna Puspita mengatakan...

    http://www.petshopindonesia.com/ , mohon di cek y, mbak.Soalnya saya pngen belanja di situs itu, tapi belum ada pengalaman sama sekali?? Respond y,, mkasih :)

  • Elsa Sakina mengatakan..

    @rahma rara

    Wah maaf, untuk benz_shop saya kurang tahu. Soalnya dicari infonya di Google nggak ketemu. Mungkin lebih baik cari yang lebih meyakinkan saja.

  • Elsa Sakina mengatakan..

    @ratna puspita

    Sepertinya PetShopIndonesia.com terpercaya, tapi saya lihat akun media sosialnya kurang up-to-date.

    Kalau lihat di FB sih ada yang komplain minta refund karena barangnya kosong, jadi lebih baik tanya dulu apakah barang yang ingin dibeli ada atau tidak.

  • Anonim mengatakan...

    Salam.
    Mohon infox.
    Klu melihat iklanx cukup meyakinkan. Apa www.dimensidata.com terpecaya?
    Trims.

  • nataniti mengatakan...

    mohon informasi mengenai lamindo.co.id apakah ol shop ini terpercaya ? terima kasih

  • Elsa Sakina mengatakan..

    @Anonim

    Dimensidata terpercaya, gan.

    @nataniti

    Kalau Lamido itu satu perusahaan dengan Lazada, jadi terpercaya.

  • Anonim mengatakan...

    Pagi,,,,
    maaf kalo beli kosmetik d jmggroup.co.id
    apa gak ya?maksudnya apa barang benar2 dkirim setelah uang dtransfer?
    Makasih

  • Elsa Sakina mengatakan..

    @Anonim

    Kalau jmggroup.co.id kurang tahu ya, soalnya belum pernah beli di sana. Tapi kayaknya sih beneran dikirim, meskipun kelihatannya websitenya kurang rapi.

  • Anonim mengatakan...

    Maaf sy mau tanya www.zivagold.net asli apa penipuan. Pin bb 2B3ED2F3 no tlfn 085729578888. Mohon informasinya. Makasi

  • Elsa Sakina mengatakan..

    @anomim

    Zivagold.net menurut pengamatan saya asli gan.

  • Anonim mengatakan...

    Tp waktu mau sy transfer uangnx nama rek mencurigakan an galih wicaksono apa asli apa bnr. Sy takut tertipu. Trims infonya.

  • Elsa Sakina mengatakan..

    @Anonim

    "Tp waktu mau sy transfer uangnx nama rek mencurigakan an galih wicaksono apa asli apa bnr. Sy takut tertipu. Trims infonya."

    Kalo feeling saya sih bukan penipuan gan. Itu nama pemiliknya kayaknya.

  • Anonim mengatakan...

    kak mau numpang nanya nih, kalau www.kaospontianak.com tu terpercaya gak kk.? Mkasi

  • Elsa Sakina mengatakan..

    @Anonim

    KaosPontianak.com menurut pengamatan saya terpercaya gan. Tapi nggak ada jaminan lho, soalnya saya belum pernah coba sendiri.

    Tinggal dibuktikan saja, benar atau tidak...hehe

  • pas mengatakan...

    Mau tanya, sepatu-basket.com dan kreditmurahbgt.com itu aman ga ?
    khusus soal kreditmurahbgt saya ko agak kecewa ya pelayanannya. pengajuan saya sudah disetujui mereka tapi sudah hampir seminggu ga ada respons. pertama saya tanya kpn mreka mau survey mreka jawab tunggu mreka telpon saya dulu, tapi blom ada telpon sama skali. saya tnya soal itu mreka jawab ditunggu MINIMAL 3 bulan. saya bingung ko cuma utk telpon butuh waktu sampe 3 bulan. tapi saya coba pikir positif mungkin orang itu salah jawab. saya tnyakan lagi ke orang yg berbeda biasanya brapa lama mreka akan telpon setelah deal, tapi bbm saya cuma dibaca, tanpa ada jawaban. memang sih ini jenisnya cicil, tapi bingung aja sama pelayanannya.
    trims gan, mohon infonya

  • Anonim mengatakan...

    kalo menurut kakak online shop di instagram yang namanya girlsshoppa aman atau gak?

  • pas mengatakan...

    Malam, mau tanya kaskusbmsports.blogspot.com itu aman ga ?
    Makasih

  • Elsa Sakina mengatakan..

    @pas

    Menurut saya tampilan situs sepatu-basket.com dan kreditmurahbgt.com kurang professional gan, jadi kalau saya pribadi mending cari yang lebih professional dan lebih jelas saja.

    @pas

    Kaskusbmsports.blogspot.com karena katanya ada ID di Kaskus minta saja jualan di Kaskus, supaya bisa pakai rekber biar aman. Kalau barang tidak dikirim uang bisa kembali.

    @anonym

    Girlshoppa yang mana ya, kok saya cari nggak ada.

  • Anonim mengatakan...

    girlsshoppa pake double s kak.. online shop di instagram

  • Jane mengatakan...

    Belanja di qoo10 indonesia aman kah?

  • Elsa Sakina mengatakan..

    @Anonim

    Girlsshoppa saya lihat jualan kok instagramnya private. Jadi saya nggak tahu, sis. Sudah di request tapi belum bisa follow.

    @Jane

    Qoo10 aman sis.

Poskan Komentar


Ingin menambahkan sesuatu dari posting di atas? Ingin berdiskusi?

Semuanya dipersilakan, namun mohon maaf karena komentar dengan bahasa yang kurang layak ataupun spam tidak akan saya munculkan.

Mohon pengertiannya :-)