02 Februari 2014

Cara Meningkatkan Penjualan Online – Dari Sudut Pandang Seorang Affiliate

Ilustrasi Grafik Penjualan
Ilustrasi - Grafik Meningkatkan Penjualan

Ok, yang pertama dan paling penting, saya harus berterus terang bahwa saya bukanlah seorang pemilik toko online atau vendor yang menjual produk melalui internet, dan saya bukanlah seorang ahli marketing atau branding.

Lalu mengapa Anda perlu mempertimbangkan artikel saya tentang cara meningkatkan penjualan online?

Memang, saya hanyalah seorang blogger, seorang affiliate marketer (istilah kerennya), dan sekaligus seorang konsumen yang cukup sering berbelanja online.

Sebagai affiliate marketer (meski bukan super affiliate), saya selalu membaca buku, blog, dan juga mempelajari teknik-teknik menjual melalui Internet, tentunya sebagai seorang pemasar, bukan sebagai pemilik bisnis. Yang paling penting, saya juga selalu mencoba untuk mengaplikasikan apa yang telah saya pelajari…hehehe

Nah, berdasarkan pengalaman saya meningkatkan penjualan online (yang kebanyakan berupa produk digital) sebagai seorang affiliate, dan juga berdasarkan pengalaman saya sebagai konsumen yang cukup sering berbelanja online, saya percaya diri bahwa saya punya “sesuatu” yang bisa dibagikan.

Apakah Anda memiliki toko fisik untuk menjual produk ataupun tidak, menurut saya menggunakan jasa iklan gratis online dan mem-posting penawaran produk di forum jual beli saja belum cukup untuk mendapatkan penjualan lebih banyak melalui Internet. Ada beberapa hal lain yang bisa dilakukan untuk meningkatkan penjualan via online agar hasil lebih maksimal.

Cara Pertama:
Memanfaatkan Media Sosial (Social Commerce)

Sekarang ini, menggunakan media sosial berperan besar sebagai salah satu cara meningkatkan penjualan online.

Sebagai seorang konsumen, saya pribadi selalu melihat aktivitas dari sebuah perusahaan / toko online / penjual di Facebook atau Twitter sebelum memutuskan untuk membeli sesuatu. Biasanya, saya akan membeli dari seorang penjual atau toko online yang rajin melakukan update di Facebook atau Twitter.

Sebagai seorang affiliate, saya juga melakukan hal yang sama. Biasanya saya mencari vendor yang aktif di media sosial sebelum saya memutuskan untuk mempromosikan produk mereka atau tidak.

Selain untuk melakukan update dan berinteraksi dengan konsumen, media sosial juga bisa dimanfaatkan langsung untuk menjual berbagai produk alias membuka toko. Karena pengguna media sosial sering kali berbagi informasi viral, termasuk tentang produk dan toko yang mereka percaya, tentu ini akan sangat bermanfaat untuk meningkatkan penjualan online.

Nah, kalau Anda ingin membuka toko di Facebook, salah satu solusinya adalah dengan:

Lakubgt.com - Laris Manis Gak Pake Ribet

LakuBgt.Com - Membantu Meningkatkan Penjualan Online Anda

Jika Anda termasuk orang yang “gaptek tapi nggak gaptek-gaptek amat” seperti saya, maka Anda bisa memanfaatkan situs seperti LakuBGT.com, yang menyediakan layanan gratis untuk membuat toko online sendiri di Facebook Anda.

Demo Toko Online LakuBgt
Demo Toko Online di Facebook
yang dibuat dengan LakuBgt.Com

Di LakuBGT.com, Anda bisa melakukan Facebook Commerce dengan membuat toko online gratis di halaman Facebook Anda dengan maksimal 20 produk yang bisa dijual. Kalau Anda punya banyak sekali produk yang akan dijual online, maka Anda bisa membuat toko online murah melalui LakuBGT.com dengan melakukan upgrade ke level Silver (maksimal 50 produk), Gold (maksimal 200 produk), dan Platinum (maksimal 500 produk, bisa membuat 5 toko).

Kesemuanya (kecuali level Free tentunya) menggunakan biaya keanggotaan per tahun yang relatif terjangkau.

Silakan melihat video berikut untuk gambaran singkatnya:


Oh ya, jika Anda adalah seorang affiliate seperti saya, Anda juga bisa ikut mempromosikan LakuBGT.com kepada para penjual yang ingin berpromosi online. Anda bisa bergabung dengan program affiliasi toko online LakuBGT.com, sehingga setiap kali ada yang melakukan upgrade, Anda akan mendapatkan komisi.

Fitur lain yang dapat Anda dapatkan jika membuat toko online via LakuBgt.Com antara lain:
  • All device friendly - toko online Anda akan mudah diakses di semua perangkat, desktop ataupun mobile
  • Product management - calon pembeli akan lebih mudah mencari produk berdasarkan kategori
  • Custom Design - Logo, posisi display produk, dll bisa diatur sesuai keinginan Anda
  • Monitoring & Reporting - Anda dapat melacak perkembangan penjualan di toko online Anda
  • Realtime eMail notification - Anda akan mendapat eMail setiap terjadi transaksi
  • dll


Cara Kedua:
Memanfaatkan SEO (Search Engine Optimization / Optimasi Mesin Pencari)


SEO
Ilustrasi - SEO (Optimasi Mesin Pencari)

Ketika orang mencari sesuatu dengan mesin pencarian, sebagian besar hanya akan melihat halaman pertama saja. Karena itulah, SEO bisa amat membantu.

SEO diterapkan untuk menaikkan peringkat sebuah website di hasil pencarian seperti di Google, Bing, atau Yahoo, sehingga makin banyak orang akan melihatnya. Dengan demikian, penjualan online bisa ditingkatkan.

Karena itulah situs LakuBGT.com juga membuat toko Anda menjadi “SEO friendly” sehingga akan lebih mudah ditemukan.

SEO Friendly
Salah Satu Kemudahan Berjualan Online dengan LakuBgt.Com

Tapi perlu juga diingat bahwa masih ada berbagai faktor lain yang mempengaruhi apakan seseorang akan membeli produk atau tidak (termasuk faktor kata kunci yang ditargetkan dan konversi situs). Menjadi nomor satu di Google belum tentu penjualan akan meningkat tajam, tapi tak bisa dipungkiri SEO akan sangat membantu.

Sebagai seorang affiliate, saya sudah membuktikan sendiri. Ketika website yang saya buat berada di halaman pertama Google, biasanya penjualan mulai meningkat.

Contohnya, sebagai calon pembeli, saya mencari produk “Samsung Galaxy Tab 3” di Internet. Kemudian, saya menemukan situs misalnya www.jualtablet.com di peringkat pertama Google karena sudah dioptimasi oleh pemiliknya, dan tanpa basa-basi saya langsung mengklik alamatnya. Setelah dilihat dan dibaca situsnya, saya langsung merasa yakin untuk membeli dari situs itu.

Jika misalnya situs tersebut ada di halaman 10 Google, tentu kejadiannya akan lain.

Cara Ketiga:
Menambah Pilihan Pembayaran


Pilihan Pembayaran Online
Berbagai Pilihan Pembayaran untuk Toko Online Anda

Salah satu hal yang bisa menjadi cara meningkatkan penjualan online adalah dengan menambah pilihan pembayaran. Bagaimana tidak, calon pembeli tentu tidak semuanya memiliki alat pembayaran yang sama.

Misalnya calon pembeli ingin membeli sepasang sepatu di toko online Anda, tapi Anda hanya menerima pembayaran melalui ATM atau tunai dengan rekening di bank A saja, sementara calon pembeli itu hanya memiliki rekening di bank B. Karena alasan “tidak praktis”, maka ia memutuskan untuk tidak jadi membeli.

Lain halnya jika Anda menambah pilihan pembayaran seperti melalui internet banking, kartu kredit / debit, online payment seperti iPayMu, COD (Cash on Delivery), Rekber (Rekening Bersama seperti Escrow) dan lain lain. Dengan adanya kemudahan, maka penjualan bisa meningkat.

Jika Anda belum tahu bagaimana agar bisa menambah pilihan pembayaran, jangan khawatir!

LakuBgt.Com akan membantu Anda terhubung dengan 137 Bank di Indonesia melalui payment gateway asal Indonesia, iPayMu. Bahkan, untuk membuat calon pembeli semakin yakin, Anda juga dapat memberi pilihan membayar dengan sistem Escrow atau Rekening Bersama (juga dengan menggunakan iPayMu).

Menerima iPayMu
Contoh Metode Pembayaran di Toko Online Facebook
yang dibuat dengan LakuBgt.Com
Dengan iPayMu, pembeli di toko online Anda dapat membayar juga dengan akun iPayMu mereka, namun jika mereka belum memiliki akun iPayMu maka mereka bisa memilih untuk menggunakan rekening bank dan bahkan PayPal.

Bisa Lewat Paypal
Pilihan Pembayaran - iPayMu, Rekening Bank, dan PayPal


Cara Keempat:
“Timeline Is Money!”


Apa hubungannya dengan cara meningkatkan penjualan online?

Sebenarnya ini hampir sama dengan poin “memanfaatkan media sosial” yang telah dibahas di poin pertama di atas.

LarisBGT.com


Tingkatkan Penjualan dengan LarisBGT
LarisBgt.Com

Jadi, apa yang saya maksud dengan “timeline is money” di sini adalah menggunakan teknologi unik dari LarisBGT.com, yang memungkinkan Anda untuk bisa meng-update produk di timeline Facebook atau Twitter Anda, dan membuat calon pembeli bisa membeli langsung melalui timeline, tanpa perlu mengunjungi situs Anda lagi.

Berikut contohnya:

Demo Jualan di Facebook
Contoh Update Status yang bisa Langsung
digunakan untuk Menjual Produk di Facebook

Jika Anda ingin menggunakan Twitter untuk menjual secara online (tanpa menggunakan LarisBGT), tentu tidak akan semudah ketika Anda memiliki situs sendiri. Sebab, Twitter hanya mengizinkan update status sepanjang 140 karakter saja. Tapi dengan LarisBGT.com, keterbatasan tersebut bisa diatasi karena Anda tetap bisa meningkatkan penjualan online dengan Twitter Store, bahkan shipping dan pembayaran juga sudah terintegrasi dengan rapi.

Berikut contohnya:

140 karakter bukan hambatan lagi


Masih belum ada gambaran jelas?

Silakan lihat video singkat berikut:



Jika belum yakin akan layanan ini, Anda bisa mencoba mendaftar gratis di LarisBGT.com, dan Anda langsung bisa menggunakannya untuk mem-posting maksimal 5 update di timeline Facebook Anda. Jika ingin lebih serius, Anda bisa melakukan upgrade dengan biaya yang relatif terjangkau.

Cara meningkatkan penjualan online bisa dicapai dengan layanan dari LakuBGT.com ini, karena menurut mereka, suatu brand bisa mendapatkan pelanggan baru yang sebagian besar (89%) berasal dari pengguna media sosial seperti Facebook.

Itulah mengapa “timeline is money”.

Fitur lain yang ditawarkan oleh LarisBgt.Com di antaranya:

Social Media Conversion: Bermanfaat untuk membuat aktivitas Anda di media sosial menjadi menguntungkan.
  • Facebook Timeline Store - Tersedia untuk fee member, Anda bisa menjual produk melalui update status di Facebook, pelanggan bisa langsung membeli melalui timeline
  • Facebook Timeline Booking -Dengan terlebih dahulu melakukan upgrade paket ke minimal paket Fly. 
  • Facebook Timeline Event Register - Dengan terlebih dahulu melakukan upgrade paket ke minimal paket Run. 
  • Facebook Timeline Promo Dengan terlebih dahulu melakukan upgrade paket ke minimal paket Light. 
  • Twitter Tweets Store - Tersedia untk free member, Anda bisa langsung menjual ke followers melalui tweet 
Social Media Booster Tools: Bermanfaat untuk mempermudah menyebarkan promosi produk Anda di media sosial sehingga meningkatkan penjualan online menjadi lebih mudah dan efektif.

  • Facebook Smart Tag (Automatic Mass Tagging) - Memasukkan tag ke foto dan status dengan mudah dan cepat
  • Tools Pengambil ID Facebook - Sehingga Anda bisa menemukan siapa saja orang yang sesuai dengan target iklan Anda
FB Page Analytics: Bermanfaat untuk melacak efektivitas kampanye toko online Anda di Facebook.
  • General Page Analytic 
  • Fans Analytic 
  • Post Analytic 
  • Talking Analytic 
  • Reach Analytic
SEO Booster: Bermanfaat untuk mengoptimalkan peringkat toko online Anda di mesin pencari.
  • Ping & Get Backlinks
  • Meta Tag Generator
  • Competition Meter
  • Header Checker
  • Keyword Cleaner
  • Robots.txt Builder
  • Mobile Compatibility
  • Spider Preview
  • PageRank Checker
  • Website Speed Test
Cara Kelima:
Menambah Blog pada Toko Online


Apakah Anda sudah memiliki situs toko online sendiri (dengan hosting + domain sendiri) atau hanya memiliki toko online di Facebook seperti dari LakuBGT.com, menambahkan blog bisa menjadi cara meningkatkan penjualan online, mengingat tujuan utama orang mengakses Internet sebenarnya adalah untuk mencari informasi.

Misalnya Anda punya toko online yang menjual gadget dan aksesorisnya, maka Anda bisa menambahkan blog yang memberi berbagai informasi tentang ulasan gadget terbaru, atau berbagai tips dan trik yang berkaitan dengan berbagai produk yang Anda jual.

Dengan memberi informasi bermanfaat kepada pengunjung blog, mereka yang sebelumnya tidak berniat membeli-pun akhirnya bisa menjadi pembeli setelah membaca artikel Anda, bahkan mungkin menjadi pelanggan setia nantinya.

Contoh sederhananya ya di situs LakuBgt.Com, yang selain menyediakan layanan toko online, mereka juga menyediakan blog di http://lakubgt.com/blog yang berisi berbagai informasi tentang bisnis online:

Blog Guna Tingkatkan Penjualan Produk
Blog Sebagai Cara Meningkatkan Penjualan Online

Itu tadi 5 cara meningkatkan penjualan online dengan memanfaatkan situs LakuBgt.Com dan LarisBgt.Com versi saya sebagai seorang affiliate dan konsumen. Semoga bermanfaat :-)





Catatan:
Artikel ini diikutkan dalam kontes review & SEO "cara meningkatkan penjualan online" dari LakuBgt.Com

Mohon maaf, komentar ditutup untuk menghindari spam



Sudahkah Anda Membaca E-Book "Berpikir Benar, Berpikir Positif"?

Silakan Download di Sini


0 komentar: on "Cara Meningkatkan Penjualan Online – Dari Sudut Pandang Seorang Affiliate"