17 Juni 2014

Review Sewa Mobil Online Lewat Tiket.Com

Rental Mobil Lewat Tiket.Com

Kali ini saya ingin berbagi sebuah ulasan tentang menyewa mobil secara online melalui layanan Tiket.Com.

Saat menghadiri acara keluarga di luar kota (tepatnya di Jakarta) akhir pekan kemarin, saya menggunakan layanan sewa / rental mobil agar lebih mudah dan nyaman dalam perjalanan. Karena saya dan keluarga (bapak + ibu) tidak tahu jalanan di Jakarta, dan agar waktu lebih efisien, menyewa mobil adalah pilihan kami.

Jauh-jauh hari tentu saya sudah memikirkan transportasinya, dan pilihan saya jatuh ke Tiket.com. Saya sendiri suka memesan melalui Tiket.Com karena sangat sederhana dan cepat.

Memang, saya bukan pelanggan baru di Tiket.com, tetapi untuk sewa mobil saya belum pernah mencobanya sama sekali. Tapi tanggal 7 Juni 2014 saya putuskan untuk mencoba mencari mobil rental online melalui situs Tiket.com, dan ketika hasil pencarian muncul saya langsung memesan hari itu juga untuk hari Minggu tanggal 16 Juni 2014..

Jadi, cara untuk sewa mobil mudah sekali, tinggal ke tab "Sewa Mobil", pilih lokasi, tanggal jemput + waktu jemput, tanggal selesai + waktu selesai, dan jumlah mobil. Setelah itu, akan muncul jenis-jenis mobil yang tersedia beserta tarifnya.

Contoh hasil pencarian mobil

Setelah mobil yang diinginkan muncul, klik "Pesan Sekarang", dan tinggal mengisi formulir online tentang data penumpang.

Informasi yang harus diisi adalah kontak yang dapat dihubungi (nama, email, telepon, nomor KTP), detil penyewaan mobil, dan lokasi penjemputan. Setelah itu, tinggal klik "Bayar Sekarang". 

Beres deh :-)

Tapi untuk sewa mobil online di Tiket.Com, tarifnya menggunakan sewa harian, bukan per jam. Meski tujuan saya hanya dua tempat saja, bagi saya itu tidak masalah, yang penting perjalanan lancar, aman, dan nyaman. Pikiran juga tenang, karena tidak perlu khawatir memikirkan transportasi, sebab seminggu sebelumnya sudah memesan kendaraan online terlebih dahulu.

Lagi pula, Tiket.Com adalah perusahaan terpercaya, jadi tak perlu khawatir dan memikirkan yang macam-macam. Pokoknya sudah tenang :-)

Untuk kemarin, pilihan saya jatuh ke mobil Daihatsu Xenia Li dari Cipaganti dengan harga Rp 425.000,- per 12 jam, yang cukup untuk 3 orang penumpang. Saya hanya menyewa 5 jam saja, yaitu dari pukul 09.00 WIB sampai 14.00 WIB. Untuk harga itu sudah termasuk sopir, namun belum termasuk bensin dan tol. 

Enaknya di Tiket.com, begitu membayar akan ada konfirmasi secara instan. Jadi ketika sudah transfer lewat ATM atau membayar memakai kartu kredit, maka secara otomatis pesanan akan terkonfirmasi, tidak perlu melakukan apa-apa lagi.

Selain itu, receipt atau tanda terima juga akan langsung dikirim melalui e-mail dan secara otomatis dikirim melalui SMS.

Notifikasi dari Tiket.Com

Oh ya, saya juga sempat mengganti alamat penjemputan, dan semuanya lancar-lancar saja.

Jadi sebelumnya saya tuliskan dijemput di gedung tempat resepsi pernikahan (tempat pernikahan saudara saya), tapi kemudian saya minta ganti ke tempat penginapan. Saya putuskan untuk menghubungi nomor telepon customer service Tiket.Com, lalu saya sebutkan alamat penjemputan yang baru.

Besoknya, saya sudah terima e-mail lagi bahwa lokasi penjemputan sudah diganti.

Lalu bagaimana saat hari H? Apakah lancar?

Jadi, hari Sabtu sore, tanggal 14 Juni 2014, pihak dari Cipaganti menelepon saya untuk melakukan konfirmasi pesanan. Setelah itu, saya menerima telepon lagi dari driver-nya yang menanyakan lokasi penjemputan yang detil.

Waktu itu saya ditanya, kira-kira begini, "Itu setelah lampu merah di mananya ya?"

Lha...saya juga tidak tahu, wong saya orang luar kota, dan waktu ditelepon itu saya belum menginjakkan kaki di sana sama sekali. Saya jawab saja tidak tahu, tapi dari Cipaganti mengerti, dan mengatakan,

"Baik, besok saya cari alamatnya saja ya."

Tenang deh.

Akhirnya tanggal 15 hari Minggu pagi, saya dan orang tua sudah menunggu di tempat menginap. Kami sudah siap-siap untuk berangkat, tinggal menunggu mobil rental tersebut.

Tapi kami juga sempat khawatir, apakah sang driver akan bisa menemukan lokasinya tepat waktu. Sebab, lokasinya masuk ke gang-gang sempit.

Namun akhirnya, saya menerima sebuah SMS yang menanyakan lokasi saya di sebelah mananya masjid, lalu saya telepon nomor tersebut. Ternyata sang driver kebablasan, jadi saya minta kembali ke masjid, karena lokasi saya di dekat masjid tersebut.

Saya keluar berjalan menuju masjid, dan tak sampai lima menit, mobil Daihatsu Xenia Li warna silver datang menghampiri. Kondisi mobilnya sendiri sangat baik dan bersih, ber-AC dan nyaman.

Tepat jam 09.00 WIB kami meninggalkan lokasi yang berada di Rempoa dengan tujuan ke Kemayoran, lalu ke Cengkareng.

Tapi, di tengah jalan sang driver mengisi bensin. Karena harga tidak termasuk bensin, maka ditambah lagi Rp 100.000,- untuk beli bensin. Tak masalah :-)

Sebelumnya di formulir pemesanan juga ditawarkan pilihan untuk bensin tak terbatas (Unlimited Gasoline) dengan biaya Rp 250.000,- per 12 jam / hari, tapi saya tidak pilih karena hanya dua lokasi saja. Lagi pula, akhirnya yang harus saya bayar juga hanya Rp 100.000,- saja.

Perjalanan dengan mobil rental Cipaganti tersebut berjalan lancar. Memang sempat berputar-putar karena driver belum tahu jalan ke tempat yang dituju, tapi dengan begitu kami malah jadi sekalian "jalan-jalan". Toh waktu tidak mepet, dan biaya juga per 12 jam, bukan per jam.

Ketika waktu menunjuk kira-kira jam 13.00 WIB, kami sampai ke tempat tujuan akhir. Sang driver kemudian menunjukkan beberapa lembar dokumen tanda terima yang harus ditandatangani. Kemudian dia juga meminta tarif tol lagi untuk kembali, Rp 13.500,-.

Kwitansi Rental Mobil Cipaganti


Selesai sudah :-)

Jadi, setelah mengalami sendiri, dengan percaya diri saya bisa merekomendasikan rental mobil online melalui Tiket.Com. Oh ya, selain itu, Anda juga bisa mencari tiket pesawat, kereta api, konser / event, dan hotel di sana. Termasuk juga Singgasana Hotels & Resorts pilihan akomodasi terbaik di Indonesia. Proses pemesanannya sangat mudah dan cepat.












0 komentar: on "Review Sewa Mobil Online Lewat Tiket.Com"

Posting Komentar


Ingin menambahkan sesuatu dari posting di atas? Ingin berdiskusi?

Semuanya dipersilakan, namun mohon maaf karena komentar dengan bahasa yang kurang layak ataupun spam tidak akan saya munculkan.

Mohon pengertiannya :-)