04 April 2017

Earl Nightingale - Keajaiban Pikiran & Bagaimana Orang Sukses Berpikir

Klik untuk menonton video
Keajaiban Pikiran
Oleh Earl Nightingale
(Transkrip video)


Saya ingin beritahu Anda sebuah rencana yang bisa Anda terapkan, yang hanya perlu sedikit waktu tiap hari, 5 hari per minggu yang hasilnya jauh lebih besar daripada waktu yang digunakan.

Pertimbangkan sebentar tentang apa yang telah diberikan oleh pikiran pada Anda. Apapun yang Anda punya, pekerjaan, hubungan dengan keluarga, filosofi hidup. Semua datang pada Anda karena Anda menggunakan pikiran.

Sekarang, pertimbangkan perkiraan yang dibuat oleh para ahli. Anda mungkin baru menggunakan kurang dari 10% kapasitas mental Anda. Jauh lebih sedikit.

Dr. Herbert Otto, psikolog, pendidik, dan ketua Pusat Nasional Eksplorasi Potensi Manusia mengingatkan kita bahwa banyak ilmuwan terkenal seperti Abraham Maslow, Margaret Mead, Gardner Murphy, O. Spurgeon English, dan Carl Rogers setuju pada sebuah hipotesa bahwa manusia menggunakan bagian sangat kecil dari kemampuannya.

Margaret Mead menyebut angka 6%.

Herbert Otto menulis, "Perkiraan saya 5% atau kurang."

Penelitian neurologi di institut penelitian otak UCLA menunjukkan kemampuan sangat besar yang tersimpan di manusia dengan memberikan sebuah hipotesa yang luar biasa. Kemampuan kreatif pokok dari otak manusia mungkin untuk tujuan yang praktis, menurut mereka, tak terbatas.

Dalam analogi komputer, manusia adalah tempat penyimpanan data yang besar. Tapi kita belum belajar bagaimana memprogram diri sendiri bagaimana memakai data ini untuk memecahkan masalah. Yefremov, cendekiawan dan penulis terkenal dari Soviet berkata,

 "Manusia dalam kondisi rata-rata hidup hanya menggunakan sebagian kecil dari pikirannya."

Seandainya kita mampu memaksa otak kita untuk bekerja hanya dengan 50% kemampuannya, kita bisa, tanpa kesulitan apapun, belajar 40 bahasa. Menghafal ensiklopedia Soviet yang tebal dari awal sampai akhir, dan menyelesaikan kursus yang diperlukan dari belasan kampus.

Dan pernyataan ini tidaklah berlebihan. Ini adalah pandangan teoritis yang umumnya diterima tentang potensi manusia. Sekarang, bagaimana kita bisa menggunakan potensi sangat besar ini?

Ini masalah yang sangat besar dan rumit dengan banyak cabang. Tapi seperti yang dikatakan Herbert Otto,

"Jelas bahwa orang yang menggunakan hampir semua kemampuannya yang terus mengaktifkan potensi mereka punya rasa sejahtera yang nyata dan energi yang besar. Mereka menganggap bahwa mereka menjalani hidup bermakna dan kreatif."

Jika semua yang Anda miliki adalah hasil dari hanya menggunakan 10% pikiran, pertimbangkan sebentar apa artinya bagi Anda dan keluarga Anda jika Anda bisa meningkatkan prosentase ini. Dan pada dasarnya tak satupun dari kita yang tahu sedikitpun tentang kempampuan pikiran yang sesungguhnya.

Tapi percayalah jika saya berkata pikiran Anda bisa dibandingkan dengan tambang emas yang belum ditemukan. Dan tak ada bedanya apakah Anda 17 atau 70. Jadi, tujuan Anda ada di masa depan. Masalah Anda adalah jembatan dari celah antara di mana Anda sekarang dan tujuan yang ingin Anda capai. Ini masalah untuk dipecahkan.

Robert Seashore, salah satu ketua di fakultas psikologi Northwestern University menunjukkan,

"Orang sukses bukanlah orang yang tak punya masalah. Mereka hanyalah orang yang belajar bagaimana memecahkan masalah mereka."

Itu dia. Hidup sukses, mendapatkan apa yang kita inginkan dari hidup, adalah memecahkan masalah antara di mana kita sekarang dan tempat yang ingin kita tuju. Tak ada yang tak punya masalah. Ini adalah bagian dari hidup. Tapi biarkan saya tunjukkan berapa banyak waktu yang telah kita buang dengan khawatir tentang masalah yang salah.

Berikut adalah perkiraan yang bisa dipercaya tentang apa yang dikhawatirkan orang.

  • Hal yang tak pernah terjadi: 40%.
  • Hal di masa lalu yang tak bisa diubah oleh kekhawatiran apapun, 30%.
  • Kekhawatiran yang tak perlu tentang kesehatan kita, 12%.
  • Khawatir akan berbagai hal-hal kecil, 10%.
  • Kekhawatiran yang nyata dan sah, 8%.

Pendeknya, 92% kekhawatiran rata-rata orang membuang waktu, menyebabkan stres, bahkan derita mental. Juga sangat tidak perlu. Dan ada 2 macam kekhawatiran nyata dan sah. Masalah yang bisa kita pecahkan dan masalah yang di luar kemampuan kita untuk dipecahkan.

Tapi kebanyakan masalah kita biasanya ada di kelompok pertama. Yang bisa kita pecahkan, jika kita belajar caranya.

Saya anggap Anda telah menetapkan sebuah tujuan. Masalah Anda adalah bagaimana saya mencapainya?

Tujuan Anda bisa saja naik jabatan pemasukan lebih besar, rumah indah, tak begitu masalah apa tujuan Anda. Tapi Anda punya tujuan Anda, dan Anda tahu bahwa Anda akan menjadi, dan Anda akan mencapai apa yang Anda pikirkan.Yaitu, jika Anda terus melakukannya, Anda akan mencapai tujuan Anda.

Tapi bagaimana? Bagaimana jika di sini pikirkan Anda bermain. Apa itu pikiran? Tak ada yang tahu dengan pasti. Mungkin cara terbaik menjelaskannya adalah dengan mengutip penulis drama pemenang Pulitzer, Archibald MacLeish.

Dalam dramanya, "The Secret to Freedom", seorang karakter berkata,

"Satu-satunya hal tentang manusia yang manusiawi adalah pikirannya. Yang lain bisa kau temukan pada babi atau kuda."

Sayang sekali itu benar. Pikiran manusia adalah hal yang memisahkan kita dari makhluk lain di dunia. Apapun yang kita alami di masa depan, hampir pasti datang sebagai hasil dari kita menggunakan pikiran. Namun ini tempat terakhir di dunia yang dipakai rata-rata manusia mencari bantuan.

Untuk merefleksikan sebentar tentang pikiran manusia, pertimbangkan apa yang telah terjadi. Pengetahuan manusia telah lebih maju di 50 tahun terakhir dibanding 10.000 peradaban manusia. Dari semua ilmuwan yang pernah hidup, diperkirakan bahwa 90% dari mereka masih hidup sekarang.

Kita telah mencapai wilayah ide dan kemajuan manusia yang amat tinggi dan tak terbayangkan bahkan oleh peramal paling optimis 10 tahun lalu. Tapi tiap ide baru memicu ide tambahan sehingga kita sekarang ada di era kemajuan majemuk di semua bidang. Dan dalam tiap wilayah yang mencengangkan imajinasi.

Dr. Harlow Shapley dari Harvard telah berkata bahwa kita sedang memasuki era manusia yang benar-benar baru. Ia menyebutnya era "Psychozoic", era pikiran. Dan Anda punya pikiran. Bebas untuk Anda gunakan.

Sekarang mari kita lihat beberapa fakta. Manusia rata-rata punya waktu luang sangat banyak untuk digunakan. Bahkan, jika Anda total jumlah jam dalam setahun dan menguranginya dengan waktu tidur. Jika Anda tidur 8 jam tiap malam, Anda akan punya hampir 6.000 jam terjaga dan Anda gunakan kurang dari 2.000 jam darinya untuk bekerja.

Ini menyisakan 4.000 jam/tahun di mana Anda tak bekerja maupun tidur. Ini bisa disebut jam bebas yang pada dasarnya bisa kita pakai sesuai keinginan. Paling tidak pikiran kita bebas.

Sekarang, agar Anda bisa melihat hasil yang luar biasa dalam hidup Anda, saya sarankan agar Anda gunakan hanya 1 jam per hari, 5 hari per minggu, dan memfokuskan waktu ini untuk melatih pikiran Anda.

Pilih satu jam sehari di mana Anda bisa gunakan secara teratur. Dan di jam-jam ini setiap harinya, ambil satu kertas kosong. Di atas halaman, tulis tujuan utama Anda sekarang. Dengan jelas dan sederhana. Lalu, karena masa depan kita tergantung dari cara kita bekerja, tulis ide sebanyak mungkin untuk meningkatkan yang sekarang Anda lakukan. Coba pikirkan 20 kemungkinan cara yang bisa membuat aktivitas Anda lebih baik.

Anda tak akan selalu dapat 20, tapi bahkan satu ide saja bagus. Sekarang ingatlah 2 poin penting tentang ini. Pertama, ini tidak mudah, dan kedua, sebagian besar ide Anda tak akan bagus.

Maksud saya dengan tidak mudah, ini sama dengan memulai kebiasaan baru apapun. Awalnya pikiran Anda sedikit enggan dipaksa keluar dari kebiasaan lama. Tapi ketika Anda memikirkan pekerjaan dan cara yang bisa meningkatkannya, tulislah setiap ide yang muncul di pikiran Anda, tak peduli betapa tak masuk akal kelihatannya.

Saya beri tahu apa yang akan terjadi. Beberapa dari ide Anda akan bagus dan pantas dicoba. Tapi yang paling penting yang dihasilkan dari jam ekstra ini adalah, ini akan menanamkan tujuan Anda di pikiran bawah sadar dan mulai menggerakkan mesin yang penting. Dan 20 ide per hari jika Anda bisa dapat sebanyak itu, totalnya 100/minggu, bahkan meski Anda tak berpikir di akhir pekan. 1 jam/hari, 5 hari/minggu, totalnya 260 jam/tahun. Dan Anda masih menyisakan 3.740 jam waktu luang.

Ini artinya, Anda akan memikirkan tentang tujuan Anda dan cara meningkatkan performa Anda, meningkatkan pelayanan Anda, 6.5 penuh minggu bekerja ekstra setahun. 6.5 minggu dengan 40 jam difokuskan untuk berpikir dan berencana.

Bisakah Anda lihat betapa mudahnya untuk menonjol dalam yang disebut kompetisi?

Dan ini akan masih menyisakan Anda 15 jam / hari untuk Anda pakai sesuai yang Anda inginkan. Dengan memulai tiap hari dengan berpikir, Anda akan temukan bahwa pikiran Anda akan terus bekerja sepanjang hari. Anda akan temukan bahwa di waktu yang tak terduga, ide yang sangat bagus akan muncul di pikiran Anda. Dan jika demikian, tulislah sesegera mungkin. Satu saja ide bagus akan bisa sangat mengubah pekerjaan Anda, dan sebagai hasilnya mengubah hidup Anda.

Jika Anda ingin mengembangkan otot tubuh, Anda akan melakukan satu bentuk olah raga. Pikiran juga dikembangkan dengan cara yang sama. Kecuali, hasilnya akan jauh lebih besar daripada waktu dan energi yang digunakan.

Saya telah memakai sistem ini bertahun-tahun, dan telah memberi saya pengalaman paling memuaskan dan bermanfaat dalam hidup saya. Dan ini hanya perlu 5 jam per minggu. 5 jam dari 168 jam.

Apakah pantas?

Ini seperti memakai 5 jam per minggu menggali bebatuan dengan emas murni.  Karena itulah pikiran Anda, bahkan jauh lebih dari itu.

Tiap kali Anda menulis tujuan di bagian atas kertas janganlah mengkhawatirkannya. Pikirkanlah sebagai suatu masalah yang hanya menunggu untuk dipecahkan. Hadapi dengan keyakinan dan gunakan kekuatan besar pikiran Anda untuk memecahkannya. Dan percayalah pada saya, Anda akan bisa memecahkannya.

Sekarang mari kita ringkas.

Minggu ini, mulailah gunakan 1 jam/hari memikirkan ide sebanyak yang Anda bisa. Cobalah 20 sehari. Tentang cara meningkatkan apa yang Anda lakukan sekarang. Ingatlah bahwa tercapainya tujuan Anda sangat mungkin tergantung darinya.  Demikian juga masa depan Anda.

Dua. Jika semua yang Anda punya sekarang adalah hasil dari memakai, misalnya, 5%-10% kemampuan mental Anda, Anda akan bayangkan seperti apa hidup jika Anda bisa meningkatkan angka ini ke 20% atau lebih.

Tiga. Orang sukses bukanlah orang yang tak punya masalah. Mereka hanyalah orang yang belajar bagaimana memecahkan masalah.

Empat. Jangan buang waktu dan energi mengkhawatirkan hal yang tak perlu.

40% tak akan terjadi, 30% sudah terjadi dan tak bisa diubah, 12% kekhawatiran tak perlu tentang kesehatan kita, kekhawatiran akan hal-hal kecil lain dan hanya 8% yang nyata.

Cobalah pisahkan yang nyata dari yang tak perlu.  Dan pecahkanlah yang mampu Anda pecahkan.

Terakhir, satu-satunya hal di dunia yang bisa membawa Anda ke tujuan hidup adalah pikiran Anda. Penggunaan yang efektif.  Dan menindak lanjuti ide-ide bagus yang mengejutkan Anda.

Kita cenderung meremehkan kemampuan kita sendiri.  Kita harus sadar bahwa kita punya, di dalam diri kita cadangan kemampuan besar. Bahkan kemampuan yang jenius yang bisa diraih jika kita menggali cukup dalam.

Inilah keajaiban pikiran Anda.





0 komentar: on "Earl Nightingale - Keajaiban Pikiran & Bagaimana Orang Sukses Berpikir"

Posting Komentar


Ingin menambahkan sesuatu dari posting di atas? Ingin berdiskusi?

Semuanya dipersilakan, namun mohon maaf karena komentar dengan bahasa yang kurang layak ataupun spam tidak akan saya munculkan.

Mohon pengertiannya :-)